Sukses


7 Manfaat Mempelajari Ilmu Ekonomi

Bola.com, Jakarta - Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketakseimbangan antara kebutuhan manusia dengan alat pemuas kebutuhan.

Jadi, kebutuhan manusia itu tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan.

Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani, "οἶκος" (oikos) yang berarti keluarga atau rumah tangga. Sedangan "νόµος" (nomos) berarti peraturan, aturan, hukum, dan secara garis besar ilmu ekonomi diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan).

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Maka itu, penting untuk mempelajari dan memahami ilmu ekonomi.

Ada beragam manfaat yang diperoleh seseorang dari mempelajari ilmu ekonomi. Apa saja manfaat mempelajari ilmu ekonomi?

Berikut ini beberapa manfaat mempelajari ilmu ekonomi yang perlu diketahui, dilansir dari files1.simpkb.id, Selasa (5/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pembagian Ilmu Ekonomi

Sebelum mengetahui manfaatnya, ketahui terlebih dahulu pembagian ilmu ekonomi dan cabang ilmunya. Berikut ini penjelasannya:

1. Ekonomi Deskriptif

Ekonomi deskriptif bekerja dengan cara mengumpulkan informasi-informasi faktual mengenai masalah ekonomi.

Ekonomi deskriptif menggambarkan keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat. Hasilnya berupa fakta-fakta atau data empiris.

Contohnya jumlah angkatan kerja, struktur serikat, asal usul serta sejarah lembaga ekonomi. Pada ekonomi deskriptif tidak ada penjelasan mengapa fakta-fakta tersebut terjadi dan tidak ada pernyataan evaluatif atau penilaian pada fakta-fakta itu.

2. Teori Ekonomi

Teori ekonomi berusaha menggeneralisasi data-data ekonomi dan memberikan penafsiran terhadap data tersebut.

Teori ekonomi merupakan kumpulan asas atau hukum ekonomi yang digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kebijakan ekonomi.

Teori ekonomi terbagi atas ekonomi makro dan mikro:

  • Ekonomi Makro

Ekonomi makro khusus mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Ekonomi makro meneliti fenomena ekonomi yang luas.

Contohnya tingkat pengangguran, pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan tingkat harga. Tujuannya untuk memahami berbagai peristiwa ekonomi dan merumuskan serta memperbaiki kebijakan ekonomi.

  • Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas.

3. Ekonomi Terapan

Ekonomi terapan merupakan cabang ilmu ekonomi yang menggunakan hasil kajian teori ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan ekonomi deskriptif.

Ekonomi terapan antara lain menggunakan teori ekonomi, pengukuran dan metode analisis statistik, serta ekonometrika untuk menjelaskan fenomena ekonomi dan untuk menginformasikan kebijakan ekonomi.

3 dari 4 halaman

Cabang Ilmu Ekonomi

1. Ilmu Ekonomi Moneter

Ilmu ekonomi moneter membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya. Juga berbagai aspek yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan hal tersebut, seperti inflasi, jumlah uang yang beredar, dan tingkat suku bunga.

2. Ilmu Ekonomi Publik

Ilmu ekonomi publik membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian, seperti APBN, APBD, utang pemerintah, pajak, dan retribusi.

3. Ilmu Ekonomi Industri

Ilmu ekonomi industri membahas interaksi perusahaan dalam suatu industri. Dapat berupa persaingan usaha, kinerja perusahaan, atau kartel. Pembahasan ini termasuk lingkup ekonomi mikro.

4. Ilmu Ekonomi Internasional

Ilmu ekonomi internasional membahas tentang kegiatan perekonomian antarbangsa atau antarnegara, seperti transaksi perdagangan antarnegara, aliran investasi antarnegara, dan neraca pembayaran.

5. Ilmu Ekonomi Regional

Ilmu ekonomi regional membahas interaksi ekonomi antarwilayah dan proses pengembangan suatu wilayah.

6. Ilmu Ekonomi Sumber Daya Alam (SDA)

Ilmu ekonomi sumber daya alam (SDA) membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal menurut ekonomi. Misal, eksternalitas positif dan negatif.

7. Ilmu Ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM)

Ilmu ekonomi sumber daya manusia (SDM) membahas faktor produksi tenaga kerja, seperti masalah pengangguran, upah minimum, dan tingkat pendidikan calon tenaga kerja.

8. Ilmu Ekonomi Syariah

Ilmu ekonomi syariah bertujuan untuk menerapkan ekonomi Islam. Pokok bahasannya antara lain prinsip bagi hasil, penghapusan riba pada perekonomian, dan zakat.

4 dari 4 halaman

Manfaat mempelajari Ilmu Ekonomi

Beberapa manfaat mempelajari ilmu ekonomi, antara lain:

1. Setiap manusia pasti berusaha mengatur kebutuhan ekonominya, maka itu ilmu ekonomi berperan penting di sektor kebutuhan manusia.

2. Ilmu ekonomi berperan penting bagi suatu daerah, baik daerah kecil maupun besar seperti negara, karena ilmu ini dapat meningkatkan taraf hidup Sumber Daya Manusia (SDM).

3. Ilmu ekonomi berperan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial / masyarakat.

4. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa sosial dan bersifat teliti (cermat) serta ekonomis.

5. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak.

6. Mempelajari ilmu ekonomi penting, dan hal pokok bagi setiap masyarakat khususnya dalam ruang lingkup keluarga, tujuannya agar dapat dengan cermat mengatur skala prioritas kebutuhan dari keperluan yang terpenting/mendesak terlebih dahulu.

7. Mempelajari ilmu ekonomi melatih seseorang agar dapat mandiri dalam berwirausaha dan mengelola kebutuhanya.

 

Sumber: files1.simpkb.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer