Sukses


10 Cara Ampuh Mengatasi Migrain yang Bisa Dicoba

Bola.com, Jakarta - Migrain adalah nyeri yang terjadi pada kepala dan biasanya dirasakan secara berulang-ulang dan dapat berlangsung selama 4-24 jam. Maka itu, kamu perlu tahu cara mengatasi migrain.

Migrain biasanya menyerang pada satu bagian sisi kepala, sifatnya berdenyut dengan intensitas ringan hingga berat dan disertai mual serta muntah.

Seseorang yang terkena migrain akan sangat sensitif dengan suara dan cahaya. Hal itu karena kedua hal tersebut dapat memengaruhi nyeri yang dirasakan.

Migrain tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat penyakit ini muncul, seseorang akan merasa lemas bahkan tidak dapat membuka mata karena pandangan yang kabur.

Migrain muncul karena adanya gangguan pada saraf, yang bisa dipicu oleh berbagai hal termasuk pola hidup yang tidak sehat.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi atau mengobati migrain, satu di antaranya dengan mengonsumsi obat.

Berikut 10 cara paling ampuh untuk mengatasi migrain yang bisa dicoba, disadur dari Klikdokter, Minggu (10/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Migrain

1. Minum Parasetamol

Obat-obatan yang meredakan nyeri migrain akan bekerja efektif bila diminum saat muncul fase pertama migrain, ketika gejala sakit kepala mulai dirasakan. 

Kamu bisa minum obat pereda nyeri yang diresepkan dokter atau dijual bebas, seperti parasetamol. Hanya, jenis obat untuk migrain ini tidak boleh diminum terlalu sering karena bisa menyebabkan sakit kepala berlebihan. 

2. Obat Pencegah Migrain

Selain minum obat pereda nyeri, dokter mungkin akan merekomendasikan obat untuk mencegah sakit kepala. Biasanya jenis obat ini diberikan ketika pasien mengalami sakit kepala yang sering, berkepanjangan, atau parah. 

Perawatan migrain tersebut dilakukan untuk mengurangi frekuensi, keparahan, dan durasinya. Umumnya obat yang mencegah migrain dapat meliputi obat penurun tekanan darah, antidepresan, antikejang, hingga antibodi monoklonal CGRP.

3. Kendalikan Stres

Cara mengobati migrain yang paling ampuh adalah menghindari penyebabnya. Sering kali migrain dipicu oleh stres. Maka itu, kendalikan stres untuk membantu mengatasi migrain.

Cobalah kelola waktu dengan bijak dan istirahat cukup.Tak lupa, usahakan selalu berpikir positif dan melakukan hal yang kamu senangi. Cara-cara tersebut efektif melawan stres sekaligus bantu mengatasi migrain.  

3 dari 4 halaman

Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Migrain

4. Minum Air Putih yang Cukup  

Jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup. Hal ini dapat membantu meredakan gejala sakit kepala berdenyut. 

Pasalnya, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala. Minum air putih yang cukup bisa mengatasi dehidrasi sehingga gejala sakit kepala berkurang. 

5. Tidur Cukup

Untuk mengatasi migrain, kamu harus tidur cukup dan berkualitas. Jangan tidur terlalu sebentar ataupun terlalu lama. Sebaiknya kamu punya jadwal tidur dan bangun yang konsisten setiap hari untuk mengatasi migrain. 

Bila sulit tidur atau insomnia, jangan terlalu keras untuk berusaha tidur. Hal tersebut hanya akan membuatmu makin sulit tidur. Atasi dengan hal-hal yang membuat relaks, misal baca buku sampai mengantuk. 

6. Pijat

Pijatan juga bisa menjadi cara menyembuhkan migrain. Pijat efektif mengurangi stres dan meredakan ketegangan otot yang sering memicu sakit kepala sebelah.

4 dari 4 halaman

Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Migrain

7. Meditasi dan Yoga

Stres termasuk satu di antara penyebab migrain. Untuk mengatasi migrain, kamu bisa bermeditasi dan yoga. 

Meditasi dan yoga bertujuan untuk membuat tubuh lebih relaks. Hal ini menjadi satu di antara cara yang disarankan untuk mencegah sekaligus mengatasi migrain. 

8. Pola Makan Sehat

Cara menghilangkan migrain juga bisa dilakukan dengan perubahan pola makan lebih sehat dan sesuai kondisi pribadi. Sebab, beberapa orang bisa sakit kepala karena makanan tertentu, seperti cokelat dan keju. Jauhi pula minuman beralkohol. 

Selain itu, biasakan makan tepat waktu dan jangan melewatkan waktu makan. Agar terhindar dari migrain di kemudian hari, catat apa saja makanan yang pernah menyebabkan kamu migrain.

9. Olahraga Aerobik

Olahraga aerobik teratur dan sesuai kemampuan dapat mengurangi ketegangan dan mencegah migrain. Kamu bisa jalan kaki, berenang, atau bersepeda. 

Jangan olahraga tiba-tiba dan intens karena bisa menyebabkan sakit kepala. Lakukan pemanasan terlebih dahulu.

10. Buat Lingkungan yang Tenang

Ketika muncul tanda-tanda awal migrain, segera istirahat dan hentikan aktivitas. Jika memungkinkan, pergi ke ruangan yang tenang dan matikan lampu, serta hindari keramaian. Cahaya dan suara dapat memperparah nyeri migrain. 

Kamu bisa juga mandi atau berendam air hangat untuk membantu tubuh lebih relaks dan mengurangi gejala migrain. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 29/4/2023)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer