Sukses


9 Hadis tentang Kasih Sayang yang Patut Diteladani

Bola.com, Jakarta - Islam mengajarkan umat muslim untuk selalu menebarkan kasih sayang kepada segala ciptaan Allah Swt.

Pasalnya, Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin, yang artinya agama yang menyebarkan kasih sayang ke semua. Hal itu sebagaimana dijelaskan melalui ayat dalam Al-Qur'an.

ثُمَّ كَانَ مِنَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلصَّبْرِ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلْمَرْحَمَةِ

"Dan dia (tidak pula) termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang." (QS. Al Balad: 17)

Selain firman Allah Swt., Rasulullah saw. pun menganjurkan kaumnya untuk saling menebarkan kasih sayang kepada sesama seperti yang dijelaskan dalam beberapa hadis.

Dengan menjalankan hadis kasih sayang ini juga ikut menjalankan sunah Rasulullah saw.

Berikut sembilan hadis tentang kasih sayang yang patut diteladani umat muslim, dikutip dari laman uin-antasari.ac.id dan smaunggulanalmizan.sch.id, Selasa (12/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Kasih Sayang

Hadis tentang kasih Sayang 1

"Ya Rasulullah, doakanlah kecelakaan untuk orang-orang musyrik. Lantas beliau menjawab: 'Sungguh diriku tidak diutus untuk melaknat, tapi aku diutus untuk membawa kasih sayang'." (HR. Muslim)

Hadis tentang kasih Sayang 2

مَنْ لَا يَرْحَمْ لَا يُرْحَمْ

"Barang siapa yang tidak menyayangi, niscaya ia tidak akan disayangi." (HR. Al Bukhari No. 328)

Hadis tentang kasih Sayang 3

ارْحَمُوا مَنْ فِي الْأَرْضِ يَرْحَمُكُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ

"Sayangilah siapa yang ada di muka bumi, niscaya kamu akan disayangi oleh siapa saja yang ada di langit." (HR. At Tirmidzi No. 1924)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Kasih Sayang

Hadis tentang kasih Sayang 4

"Sungguh kasih sayang Allah kepada hamba-Nya jauh lebih besar daripada kasih sayang perempuan ini kepada anaknya.” (HR. Muslim)

Hadis tentang kasih Sayang 5

عن أنين ، قال : قال رسول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : يَا أَنسُ وَقَر الكبير وَارْحَمِ الصَّغِيرَ تُرَافِقْنِي فِي الْجَنَّةِ

"Rasulullah saw., bersabda, 'Wahai Anas, hormati yang lebih tua dan sayangi yang lebih muda, maka kau akan menemaniku di surga'." (HR. Baihaqi)

Hadis tentang kasih Sayang 6

"Orang-orang yang saling berkasih sayang akan disayang oleh Zat yang Maha Penyayang. Maka sayangilah penduduk bumi maka Allah yang berada di atas langit akan menyanyangi kalian." (HR. Abu Dawud)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Kasih Sayang

Hadis tentang kasih Sayang 7

"Sesungguhnya Allah telah mewajibkan untuk berbuat baik dalam segala perihal, maka jika kalian membunuh maka perbaguslah caranya (jangan sampai menyiksa), dan apabila kalian menyembelih maka perbaguslah caranya. Hendaklah kalian tajamkan dahulu pisaunya dan nyamankanlah sembelihan tersebut." (HR. Muslim)

Hadis tentang kasih Sayang 8

لا تَنْزَعُ الرَّحْمَةُ إِلَّا مِن شَقِيَ

"Tidaklah kasih sayang itu dicabut kecuali dari orang yang sengsara." (HR. Abu Dawud No. 4942)

Hadis tentang kasih Sayang 9

مَثَلُ المُؤْمِنِينَ فِي تَوادِّهِمْ، وتَراحُمِهِمْ، وتَعاطُفِهِمْ مَثَلُ الجَسَدِ إذا اشْتَكى مِنهُ عُضْوٌ تَداعى لَهُ سائِرُ الجَسَدِ بِالسَّهَرِ والحُمّى

"Perumpamaan sesama kaum mukminin dalam menjaga hubungan, kasih sayang dan kebersamaan seperti satu tubuh, jika satu anggota merasakan sakit, maka akan membuat seluruh tubuhnya terjaga dan merasakan demam." (HR. Muslim No. 2586)

 

Sumber: uin-antasari.ac.id, smaunggulanalmizan.sch.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer