Sukses


8 Cara Menghilangkan Rasa Gelisah dan Cemas Berlebihan

Bola.com, Jakarta - Rasa gelisah dan cemas yang berlebihan adalah tantangan yang banyak dari kita hadapi dalam kehidupan ini.

Kadang-kadang, tekanan dari pekerjaan, masalah pribadi, atau perasaan tidak pasti tentang masa depan dapat menghasilkan perasaan cemas yang kuat, yang dapat mengganggu kesejahteraan kita.

Bahkan, perasaan cemas dan gelisah berlebihan juga akan membuat seseorang selalu ketakutan, sulit konsentrasi, hingga merasa mual dan muntah.  

Namun, yang perlu dipahami adalah bahwa ada banyak cara yang dapat kita pelajari untuk mengelola dan mengurangi rasa gelisah dan cemas ini.

Penting untuk diingat bahwa rasa gelisah dan cemas adalah bagian alami dari perasaan manusia. Namun, ketika perasaan ini menjadi terlalu kuat dan mengganggu kehidupan sehari-hari, itu dapat menjadi masalah kesehatan mental yang serius.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi atau menghilangkan rasa cemas yang berlebihan dan menjadi lebih tenang.

Berikut delapan cara menghilangkan rasa gelisah dan cemas berlebihan, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (18/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Gelisah dan Cemas Berlebihan

1. Tidak Semua Hal Harus Dikhawatirkan

Satu di antara cara cara untuk mengatasi kecemasan berlebihan adalah dengan belajar menerima bahwa tidak setiap pikiran harus menjadi alasan untuk dikhawatirkan. 

Kamu bisa menyadari pikiran yang muncul dan mulai memilah apakah pemikiran tersebut perlu untuk dikhawatirkan atau tidak. Dengan begitu, rasa cemas dan gelisah bisa dicegah. 

2. Mengatur dan Menyadari Napas

Menyadari dan mengatur napas di sini berfungsi untuk mengendalikan napas kita yang tidak teratur akibat emosi yang muncul. 

Dengan menyadari dan mengendalikan ritme napas, itu akan membuat jantung menjadi lebih relaks dan terkendali. Yang  paling penting, kita tidak bernapas pendek lagi dan mulai bisa mengendalikan tubuh. 

3. Segera Cari Tempat yang Lebih Tenang

Coba sesegera mungkin cari tempat atau situasi yang lebih tenang. Ini bertujuan agar kita mendapatkan distraksi dari situasi, orang, atau lingkungan yang membuat kita merasa cemas dan gelisah.

Dengan membuat distraksi, baik secara tempat, tubuh, atau gerakan-gerakan tertentu, ini bisa mengendalikan emosi cemas dan gelisah yang muncul. 

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Gelisah dan Cemas Berlebihan

4. Positive Self Talk

Saat muncul rasa cemas dan gelisah berlebih, kamu bisa memberikan afirmasi atau self talk positif kepada diri sendiri. Misalnya dengan berkata "Aku harus tenang" atau "Ini akan baik-baik saja". 

Menurut para psikolog, afirmasi positif dapat membuat kita jadi lebih percaya diri dalam menghadapi emosi gelisah yang muncul. 

5. Perhatikan Asupan Makanan

Asupan makanan juga dapat memengaruhi munculnya rasa cemas dan gelisah. Dikutip dari Journal Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI), seseorang yang mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan gula tambahan mengalami tingkat kecemasan yang lebih tinggi.

Itulah mengapa ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang sehat untuk mengurangi gejala kecemasan. 

6. Hindari Minuman Tertentu

Tak hanya makanan, minuman jenis tertentu juga perlu kamu hindari supaya tidak mudah gelisah dan cemas. Dianjurkan untuk mengurangi asupan kafein yang dapat meningkatkan rasa cemas.

Ingatlah bahwa kafein terdapat di dalam teh dan kopi sehingga kamu perlu berhati-hati saat akan mengonsumsinya. 

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Gelisah dan Cemas Berlebihan

7. Lakukan Latihan Fisik

Cara mengendalikan rasa cemas dan gelisah juga bisa dengan melakukan latihan fisik. Mengingat bahwa rasa gelisah dan cemas berlebihan bisa membuat detak jantung berdetak lebih cepat, keluar keringat berlebihan, napas pendek, mual dan muntah, sakit perut, sakit kepala, gemetar, dan membuat mudah terkejut, coba temukan sejumlah cara untuk menggerakkan tubuh agar merasa nyaman. 

Tak harus olahraga yang berat, cukup dengan berjalan kaki selama 10 menit, suasana hati bisa bertambah baik. Usahakan untuk olahraga setiap hari untuk membantumu merasa lebih baik dan sehat. 

8. Bercerita ke Orang Terdekat

Menceritakan hal yang sedang dialami kepada orang terdekat dan yang membuatmu nyaman juga bisa menjadi satu di anatra cara menghilangkan rasa gelisah dan cemas. 

Ketika kita bercerita atau mengutarakan apa yang kita rasakan dan pikirkan, ini bisa mengurangi rasa cemas dan gelisah itu sendiri. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 5/6/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer