Sukses


10 Hadis tentang Sakit yang Bisa Jadi Teladani

Bola.com, Jakarta - Sakit adalah satu di antara bentuk respons tubuh manusia dalam melawan virus atau zat-zat yang berbahaya.

Dalam ajaran Islam, sakit adalah satu di antara ujian dari Allah Swt., yang diberikan kepada hamba-Nya. Allah Swt., pun berfirman dalam Al-Qur'an surah Al Baqarah ayat 155-156.

"Dan sungguh Kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. Mereka yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata: "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un" (Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya kami kembali). Mereka itu mendapat keberkatan dari Tuhannya dan rahmat. Dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk."

Sakit juga dapat menjadi penggugur dosa bagi umat muslim. Pada dasarnya, sakit adalah bentuk kasih sayang Allah Swt. Di samping itu, orang yang mampu bersabar saat menghadapi sakit akan mendapat keberkahan dan rahmat dari Allah Swt.

Hal ini sejalan dengan hadis Rasulullah saw. yang menyatakan bahwa orang yang sakit akan mendapat pahala yang sama dengan orang yang sehat jika ia tetap memperbanyak ibadah dan doa kepada Allah Swt.

Berikut 10 hadis tentang sakit yang bisa diteladani umat muslim, dikutip dari laman Fiqihmuslim dan Saintif, Rabu (20/9/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Sakit

Hadis tentang Sakit 1

"Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi seseorang hamba, maka Allah menyegerakan siksaan baginya di dunia". (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Sakit 2

"Sesungguhnya besarnya pahala itu tergantung besarnya ujian. Dan sesungguhnya jika Allah menyukai suatu kaum, maka Dia akan menguji mereka. Barang siapa yang rida maka baginya keridaan, dan barang siapa yang murka maka baginya kemurkaan." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Sakit 3

“…Dan sesungguhnya salah seorang dari mereka benar-benar merasa gembira karena mendapat cobaan, sebagaimana salah seorang mereka merasa senang karena memperoleh kelapangan." (HR. Ibnu Majah, Al Hakim)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Sakit

Hadis tentang Sakit 4

"Orang-orang yang sehat saat melihat pahala yang diberikan kepada ahlul bala' (banyak dapat musibah) nanti di hari kiamat berkeinginan kalau saja kulit-kulit mereka dipotong dengan gunting saat di dunia." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Sakit 5

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR. Bukhari)

Hadis tentang Sakit 6

“Sesungguhnya Allah menciptakan penyakit dan obatnya, maka berobatlah dan janganlah berobat dengan yang haram.” (HR. Ad Daulabi)

Hadis tentang Sakit 7

“Sakit demam itu menjauhkan setiap orang mukmin dari api neraka”. (HR. Al Bazzar)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Sakit

Hadis tentang Sakit 8

“Penyakit panas itu menjaga tiap mukmin dari neraka, dan panas semalam cukup dapat menebus dosa setahun,” (HR. Al Qadha’i)

Hadis tentang Sakit 9

“Wahai anak Adam, jika engkau sabar dan mencari keridaan pada saat musibah yang pertama, maka Aku tidak meridai pahalamu melainkan surga.” (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Sakit 10

“Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengan dosa-dosanya”. (HR. Muslim)

 

Sumber: Fiqihmuslim, Saintif

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer