Sukses


9 Hadis tentang Berbohong yang Bisa Jadi Pengingat

Bola.com, Jakarta - Hampir semua orang mungkin pernah berbohong, setidaknya sekali dalam hidup. Dalam Islam, berbohong termasuk akhlak tercela dan perbuatan yang dibenci oleh Allah Swt.

Dalam Al-Qur'an, banyak ayat yang membahas tentang berbohong. Satu di antaranya surah An Nahl ayat 105 yang berbunyi:

"Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah pembohong."

Selain itu, Rasulullah saw. pun menegaskan dan memperingatkan keras untuk umatnya untuk tidak berbohong.

Ada beberapa hadis Rasulullah saw. tentang berbohong yang bisa menjadi pengingat bagi umat muslim.

Berikut sembilan hadis tentang berbohong, dikutip dari laman Pabrikjammasjid dan Sanctri, Kamis (21/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Berbohong

Hadis tentang Berbohong 1

"Sesungguhnya kejujuran akan mengantarkan kepada al-Birr dan al-Birr akan mengantarkan ke surga. Dan sesungguhya, seseorang benar-benar bersikap jujur hingga dia menjadi orang yang shiddiq. Kebohongan akan mengantarkan kepada semua kefajiran (al-Fujur). Dan kefajiran akan mengantarkan ke neraka. Sungguh, seseorang benar-benar berbohong hingga ditetapkan di sisi Allah sebagai seorang pendusta." (HR. Al Bukhari)

Hadis tentang Berbohong 2

إنَّ كَذِبًا عَلَيَّ ليسَ كَكَذِبٍ علَى أَحَدٍ، مَن كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا، فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ

"Sesungguhnya berbohong atas nama diriku tidak sebagaimana berbohong atas nama seseorang. Siapa saja yang yang berbohong atas namaku secara sengaja, maka hendaklah dia menempati tempat duduknya di neraka." (HR. Al Bukhari)

Hadis tentang Berbohong 3

"Berbohong itu tidak halal dilakukan kecuali dalam tiga keadaan: seorang suami berbicara kepada istrinya agar istrinya itu rida, dan berbohong dalam perang dan berbohong dalam rangka memperbaiki hubungan di antaramanusia." (HR. At Tirmidzi)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Berbohong

Hadis tentang Berbohong 4

مَن لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ والعَمَلَ به، فليسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ في أنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وشَرَابَهُ

"Siapa saja yang tidak meninggalkan perkataan bohong dan berbuat kebohongan maka Allah tidak memiliki keperluan dalam hal dia meninggalkan makanannya dan minumannya." (HR. Al Bukhari)

Hadis tentang Berbohong 5

"Barang siapa berdusta atas namaku maka akan dibangunkan baginya rumah di (neraka) Jahannam." (HR. Thabrani)

Hadis tentang Berbohong 6

اية المنافق ثلاث : اذا حدث كذب واذا وعد أخلف واذا ؤتمن خان

"Pertanda orang yang munafik ada tiga: Apabila berbicara bohong, apabila berjanji mengingkari janjinya dan apabila dipercaya berbuat khianat." (HR. Bukhari, Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Berbohong

Hadis tentang Berbohong 7

ويلٌ للذي يحدِّثُ بالحديثِ ليُضحكَ به القومَ فيكذبُ ويلٌ له ويلٌ له

"Celakalah orang yang berbicara dengan suatu pembicaraan dengan tujuan membuat orang tertawa dengan pembicaraan tersebut, lalu dia berbohong. Celakah dia dan celakalah dia." (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, An-Nasa’i, Ahmad)

Hadis tentang Berbohong 8

"Jauhilah kebohongan, sebab kebohongan menggiring kepada keburukan, dan keburukan akan menggiring kepada neraka. Dan sungguh, jika seseorang berbohong dan terbiasa dalam kebohongan hingga di sisi Allah ia akan ditulis sebagai seorang pembohong." (HR. Abu Dawud)

Hadis tentang Berbohong 9

"Suatu hari ibuku memanggilku, sedangkan Rasulullah saw. saat itu sedang duduk-duduk di rumah kami. Ibuku bilang, 'Sini nak! Aku beri kamu. Rasulullah saw. berkata kepada ibuku, Kamu akan memberinya apa? Ibuku menjawab, Aku akan memberinya Tamr (kurma yang dikeringkan). Lalu Rasulullah saw. bersabda, Apabila kamu tidak memberinya sesuatu maka akan ditulis kamu telah berdusta'." (HR. Abu Dawud)

 

Sumber: Pabrikjammasjid, Sanctri

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer