Sukses


Berjaya di Wushu, Harris Horatius Sumbang Medali Emas Ketiga untuk Indonesia di Asian Games 2022

Bola.com, Hangzhou - Kontingen Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali emas di Asian Games 2022 Hangzhou, China. Kali ini medali tersebut disumbangkan Harris Horatius dari cabang olahraga Wushu.

Menjalani pertandingan di XSG Sports Centre Taolu, Selasa (26/9/2023) siang WIB, Harris lebih dulu turun di nomor Nanquan dan berhasil meraih skor 9,756 poin.

Dia mampu mengungguli wakil Korea Selatan, Lee Yong-mun, yang mendulang 9,736 poin. Adapun posisi ketiga dihuni Chi Lung Lau dari Hongkong yang mendapatkan skor 9,730.

Pada pertandingan di nomor Nangun, Harris yang merupakan peringkat ketiga dunia di nomor Men's Nangun pada 2019, kembali mendapatkan poin tertinggi 9,750.

Torehan tersebut membuatnya sekaligus memastikan meraih medali emas ketiga buat Indonesia di Asian Games 2022. Sementara itu, wakil Makau, Junhua Huang, menempati urutan kedua.

Huang berhasil meraih 9,740 poin, serta wakil Korea Selatan, Lee Yong-mun mendapatkan 9,736 poin dan berhak atas medali perunggu Asian Games 2022.

 

 

2 dari 3 halaman

Medali Emas Perdana

Secara total, Harris Horatius mengumpulkan 19,506 poin disusul Lee Yong-mun di urutan kedua dengan raihan 19,472 poin, dan Huang yang mengoleksi total angka 19,463.

Bagi Harris, ini adalah medali emas perdana di Asian Games. Pada Asian Games 2018 Indonesia, dia menempati peringkat ke-9 untuk nomor men's nanquan dan nangun All-around.

"Alhamdulillah bersyukur atas dukungan semuanya, akhirnya medali emas bisa diambil dari wushu. Harris memang yang kita targetkan untuk dapat emas," ucap Ngatino, Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia.

3 dari 3 halaman

Koleksi 3 Medali Emas

Sampai saat ini, Kontingen Indonesia sudah meraih tiga medali emas, satu medali perak, dan empat medali perunggu. Indonesia masih berepeluang menambah pundi-pundi medali dari beberapa cabang olahraga yang belum berlangsung.

"Masih ada dua atlet kita lagi dari nomor taolu yang akan main. Dari nomor sanda juga masih ada. Kita semua minta atlet untuk memberikan yang terbaik tentunya," ujar Ngatino.

Tim Indonesia dipimpin CdM Basuki Hadimuljono berkekuatan 413 atlet yang turun di 202 nomor pertandingan, 41 disiplin, 30 cabor.

Video Populer

Foto Populer