Sukses


9 Cara Sehat Memaafkan Diri Sendiri, Tenangkan Hati dan Perasaan

Bola.com, Jakarta - Dalam menjalani kehidupan ini sering diwarnai intrik yang pelik. Ada berbagai hal yang membuat kita menyesal dan menuntut kita untuk memaafkan diri sendiri agar tidak larut dalam rasa penyesalan tersebut.

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, yang disengaja maupun tidak. Kesalahan itu mungkin berdampak buruk kepada diri sendiri maupun orang lain.

Rasa bersalah yang muncul karena kesalahan tersebut biasanya berujung pada penyesalan. Banyak orang yang menyesal dan merasakan kesedihan mendalam karenanya.

Namun, ingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Tidak baik larut dalam penyesalan atas sesuatu yang telah terjadi. Cobalah untuk beranjak pergi dari cerita lalu tersebut. Yang terjadi biarlah terjadi karena hal tersebut tidak akan pernah bisa kita ulang kembali.

Memaafkan diri sendiri atas apa yang kamu lakukan di masa lalu, menjadi satu di antara jalan terbaik untuk meraih berbagai hal baik di masa yang akan datang.

Hanya, tidak banyak orang yang mampu berdamai dengan diri sendiri, memaafkan diri sendiri, dan merelakan masa lalu yang telah terjadi.

Jika kamu sedang merasakan hal serupa, sebaiknya mulailah mencari cara untuk bisa lepas dari situasi tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Berikut sembilan cara sehat memaafkan diri sendiri yang bisa tenangkan hati dan perasaan, disadur dari Klikdokter, Jumat (29/9/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Sehat Memaafkan Diri Sendiri

1. Mengakui dan menyadari kesalahan

Wajar seseorang tidak mau disalahkan atas suatu kemalangan, tetapi dengan mengakui dan menyadari bahwa kamu juga memiliki porsi kesalahan adalah langkah awal memaafkan diri sendiri.

Mengakui kesalahan dimulai dengan mengingat atau menyadari perkataan atau perilaku negatif apa saja yang telah dilakukan kepada orang lain atau diri sendiri.

Tidak perlu terburu-buru, tentu kamu butuh waktu untuk mengingat dan menyadari perbuatanmu yang lalu.

2. Melatih empati

Sebuah kesalahan atau saat diperlakukan tidak baik akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, melatih rasa empati membuatmu menjadi lebih mawas diri dan mengevaluasi perilaku selama ini.

Empati juga membantu kamu untuk menyayangi diri sendiri dengan tidak terlalu keras dan mengutuk diri sendiri dalam waktu yang lama.

3. Komitmen dengan diri sendiri

Setelah menyadari dan memahami rasa tidak nyaman ketika melakukan kesalahan, kamu bisa membuat komitmen kepada diri sendiri untuk tidak mengulangi perkataan atau perilaku negatif tersebut.

Komitmen untuk menjadi lebih baik adalah cara memaafkan diri sendiri yang terbaik dan tidak merugikan orang lain di kemudian hari.

3 dari 4 halaman

Cara Sehat Memaafkan Diri Sendiri

4. Belajar dari kesalahan

Kesalahan terjadi karena ketaktahuan atau ketakmampuanmu dalam menyikapi sesuatu. Belajar dari kesalahan membantu kamu memahami kekurangan dan mengetahui hal apa yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki.

Dengan memaknai kesalahan sebagai proses pendewasaan membantumu lebih mudah menoleransi kekurangan di masa lalu dan memaafkan diri sendiri.

5. Afirmasi positif

Tiba-tiba teringat kesalahan di masa lalu tentu membuat kamu tidak nyaman. Namun, kamu bisa melakukan afirmasi positif dapat menenangkan pikiran. Kamu dapat mengucapkan kalimat afirmasi positif, seperti:

  • "Saya sudah melakukan yang terbaik pada saat itu."
  • "Saya masih memiliki kesempatan untuk lebih baik."
  • "Saya terus belajar memperbaiki diri dari kesalahan itu."
  • "Saya belajar hal baru dari pengalaman masa lalu."

6. Fokus pada yang bisa dikendalikan

Meratapi kesalahan atau kemalangan masa lalu tidak mengubah kejadian yang sudah terjadi. Jadi, kamu sebaiknya kembali fokus pada apa yang bisa kamu lakukan.

Cara ini membuatmu lebih mudah memaafkan diri sendiri karena kamu fokus dengan kelebihan dan potensimu.

Fokus pada hal yang bisa dikendalikan akan mengurangi stres dan membantu kamu lebih tenang dalam memaafkan diri sendiri.

4 dari 4 halaman

Cara Sehat Memaafkan Diri Sendiri

7. Berbagi cerita dengan orang terdekat

Emosi negatif atau rasa tidak tenang yang kamu rasakan setelah melakukan kesalahan dapat dikurangi dengan bercerita kepada orang terdekat.

Dukungan psikologis dari orang yang diharapkan dapat membuatmu merasa lebih tenang dan melihat situasi lebih luas.

Orang terdekat dapat memberikan sudut pandang baru dari kesalahanmu yang lalu dan nasihat untuk memperbaiki diri.

8. Ikhlas

Awalnya tidak mudah dilakukan, tetapi dengan mengikhlaskan kesalahan yang pernah terjadi, akan membantumu lebih mudah memaafkan diri sendiri.

Ikhlas berarti menyadari bahwa segala sesuatu terjadi karena suatu alasan dan memberikan hikmah bagi kamu.

Ikhlas mempermudah kamu belajar dari kesalahan dan memiliki harapan bahwa masa depan bisa diperbaiki dan menjadi lebih baik.

9. Konseling

Jika kesalahan yang lalu membuatmu sangat tertekan dan dibayangi rasa bersalah sehingga memengaruhi kesehatan mental, melakukan konseling dengan psikolog atau psikiater menjadi langkah tepat untuk menolong diri sendiri.

Melalui proses konseling kamu dapat menceritakan perasaan, pikiran, dan kondisi yang dialami tanpa khawatir untuk dihakimi. Psikolog atau psikiater akan mendampingi kamu berproses dalam memaafkan diri sendiri.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Publsihed: 3/4/2023)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer