Sukses


9 Manfaat Menyehatkan Daun Mangga untuk Tubuh

Bola.com, Jakarta - Mangga merupakan buah yang lezat dan menyegarkan, telah menjadi favorit di seluruh dunia. Biasanya, perhatian kita terfokus pada buahnya yang manis dan berair, tetapi sering kali kita lupa bahwa daun mangga juga memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita.

Daun mangga, yang sering kali diabaikan, mengandung beragam senyawa yang memiliki potensi untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Daun mangga yang direbus dapat dijadikan obat herbal yang tidak memberikan efek samping apa pun pada tubuh orang yang meminumnya karena tidak mengandung zat kimia berbahaya.

Walau tidak semenarik jus mangga yang dibuat dari buahnya, daun mangga tetap kaya akan manfaat.

Ada beberapa manfaat daun mangga yang mungkin perlu kamu ketahui, beberapa di antaranya adalah dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mengobati diabetes.

Berikut sembilan manfaat menyehatkan daun mangga untuk tubuh, seperti dikutip dariĀ FoodNDTV, KamisĀ (28/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Daun Mangga untuk Tubuh

1. Membantu Melawan Kegelisahan

Daun mangga dapat mengurangi kegelisahan karena kecemasan terhadap sesuatu. Rendam daun mangga dalam bak mandimu, dan gunakan air rendaman daun mangga untuk mandi, selain segar hal tersebut juga dapat memberi efek menenangkan.

2. Mengobati Batu Ginjal

Bagi kamu yang memiliki batu ginjal dan ingin mengobatinya, cobalah daun mangga. Daun ini dapat membantumu mengurangi batu ginjal.

Daun mangga dikeringkan dan ditumbuk, lalu diseduh dengan air hangat. Ini dapat membantu untuk memecahkan batu ginjal.

3. Menyehatkan Perut

Carilah beberapa helai daun mangga yang masih muda, laluĀ rendam di dalam segelas air hangat dan tutup gelas tersebut. Diamkan satu malam dan meminumnya saat pagi.

Ramuan tersebut dapat berfungsi sebagai tonik lambung yang baik, mengeluarkan racun dari tubuh, dan menjaga perutmu agar tetap bersih.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Daun Mangga untuk Tubuh

4. Membantu Mengobati Diabetes

Daun mangga dapat membantu kamu untuk mengobati diabetes. Daun mangga yang masih muda mengandung senyawaĀ tanin yang disebut anthocyanidins, yang dapat membantu dalam mengobati gejala awal diabetes.

Untuk menggunakan daun mangga sebagai obat diabetes, kamu dapat mengeringkan daun mangga dan menumbuknya menjadi bubuk, buatlah minuman dari bubuk tersebut atau merendamnya semalam dan menyaringnya pada pagi hari untuk diminum airnya.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Daun mangga dapat membantu seseorang untuk menurunkan tekanan darah karena memiliki sifat hipotensi. Itu membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati masalah varises.

6. Menghentikan Cegukan

Jika kamu mengalami cegukan yang tidak kunjung henti, daun mangga dapat membantumu mengatasi masalah tersebut.

Carilah beberapa helai daun mangga, lalu bakar hingga mengeluarkan asap, hiruplah asap bakaran daun mangga tersebut untuk menghentikan cegukan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Daun Mangga untuk Tubuh

7. Meredakan Masalah Pernapasan

Daun mangga dipercaya efektif mengatasi masalah yang timbul di saluran pernapasan, seperti asma, pilek, dan bronkitis.

Minumlah rebusan daun mangga yang dicampur dengan madu. Ramuan tersebut dapat meredakan masalah pernapasan dan batuk.

8. Meredakan Sakit Telinga

Memiliki masalah pada telinga yang menyebabkan kurangnya pendengaran memang menjengkelkan. Saat hal tersebut terjadi kepadamu, gunakanlah daun mangga untuk meredakannya.

Satu sendok teh ekstrak daun mangga dapat menjadi obat tetes telinga yang cukup ampuh untuk meredakan sakit yang kamu alami.

9. Menyembuhkan luka bakar

Memiliki luka bakar pada kulit yang diakibatkan oleh api atau bahan kimia lainnya dapat sangat mengganggu dan menyakitkan.

Obat paling sederhana untuk menyembuhkan luka bakar yang menyakitkan adalah dengan mengoleskan abu daun mangga ke area yang terluka. Itu menenangkan kulit dan menumbuhkan kembali sel kolagen pada kulit.

Ā 

Sumber: FoodNDTV

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklikĀ tautan ini.

Video Populer

Foto Populer