Sukses


9 Hadis tentang Bersyukur yang Bisa Diteladani

Bola.com, Jakarta - Bersyukur dapat dimaknai sebagai wujud terima kasih atas segala limpahan karunia yang dianugerahkan Allah Swt., sekaligus menunjukkan pribadi yang beriman.

Selalu bersyukur bisa membuat hidup kita penuh dengan keberkahan dan kebahagiaan. Entah bersyukur dari hal kecil maupun besar, yang baik ataupun yang dianggap buruk.

Di samping itu, selalu bersyukur juga dapat membuat kita lebih tenang karena dapat menghindarkan kita dari sifat rakus atau serakah.

Perintah untuk bersyukur atas nikmat Allah Swt., termaktub dalam Al-Qur'an.

"(Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan suatu maklumat yang dikukuhkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras." (QS. Ibrahim: 7)

Selain termaktub dalam Al-Qur'an, perintah untuk bersyukur pun terdapat di beberapa hadis Rasulullah saw.

Berikut sembilan hadis tentang bersyukur yang bisa diteladani umat muslim, dikutip dari laman Fiqihmuslim dan Sanctri, Senin (2/10/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Bersyukur

Hadis tentang Bersyukur 1

"Barang siapa diuji lalu bersabar, dikaruniai lalu bersyukur, dizalimi lalu memaafkan dan menzalimi lalu beristigfar, maka bagi mereka keselamatan dan hidayah." (HR. Al Baihaqi)

Hadis tentang Bersyukur 2

"Seorang mukmin terbaik itu tentu banyak bersyukur ketika dalam kegembiraan dan banyak bersabar ketika dalam kesedihan." (HR. Muslim)

Hadis tentang Bersyukur 3

"Iman terbagi dua separuh dalam sabar, dan separuh dalam syukur." (HR. Al Baikaqi)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Bersyukur

Hadis tentang Bersyukur 4

"Sesungguhnya bersyukur akan menambah kenikmatan Allah, dan perbanyaklah berdoa." (HR. Ath Thabrani)

Hadis tentang Bersyukur 5

“Jika engkau tidak mampu membalasnya maka doakan dia hingga engkau merasa bahwa engkau telah mensyukuri kebaikan tersebut, karena sesungguhnya Allah Swt., sangat cinta kepada orang-orang yang bersyukur." (HR. Abu Dawud)

Hadis tentang Bersyukur 6

“Barang siapa yang diberikan suatu pemberian dan merasa cukup atas pemberian tersebut, maka hendaklah dia membalasnya. Dan jika dia tak merasa cukup maka hendaklah dia memuji, sebab sesungguhnya perbuatan memuji itu merupakan tanda syukur dan barang siapa yang hanya diam saja maka sungguh dia telah kufur." (HR. Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Bersyukur

Hadis tentang Bersyukur 7

"Orang makan yang bersyukur adalah sederajat dengan orang bershaum yang sabar." (HR. Bukhari, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban)

Hadis tentang Bersyukur 8

“Barang siapa yang tidak bersyukur kepada manusia, berarti ia tidak bersyukur kepada Allah." (HR. Ahmad, Baihaqi)

Hadis tentang Bersyukur 9

“Wahai anak Adam, bahwa selama engkau mengingat Aku, berarti engkau mensyukuri Aku, dan apabila engkau melupakan Aku, berarti engkau telah mendurhakai Aku!” (HR. Thabrani)

 

Sumber: Fiqihmuslim, Sanctri

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer