Sukses


Mantap! Deretan Rekor Mentereng yang Dipecahkan Atlet Indonesia pada Asian Games 2022

Bola.com, Jakarta - Perhelatan Asian Games 2022 Hangzhou, China telah berakhir, Minggu (8/10/2023). Indonesia berada di urutan ke-13 dalam klasemen perolehan medali.

Kontingen Merah Putih membawa pulang tujuh emas, 11 perak, dan 18 perunggu dari Hangzhou. Kemungkinan besar Indonesia bakal menduduki urutan 13 di klasemen akhir Asian Games 2022.

Pemerintah Indonesia melalui Kemenpora menargetkan kontingen Indonesia merebut 12 medali emas dan finis di posisi 12 besar. Namun, ada beberapa pencapaian luar biasa yang ditorehkan atlet-atlet Indonesia.

Yakni adanya atlet yang berhasil memecahkan rekor Asian Games, Asia, hingga dunia. Pemecahan Rekor pada Asian Games 2022 Hangzhou, China oleh atlet Indonesia sebagai berikut.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Rekor Dunia

Nama Rahmat Erwin Abdullah (Weightlifting-Men’s 73 kg) untuk jenis angkatan Clean & Jerk dengan angkatan 201 kg memecahkan rekor atas namanya sendiri dengan angkatan 200 kg pada World Weightlifting Championship 2022 Bogota, Kolombia.

Pencapaian itu membuat Rahmat Erwin Abdullah juga memecahkan rekor dunia untuk angkat berat kelas 73 Kg.

3 dari 5 halaman

Rekor Asia

Masih atas nama Rahmat Erwin Abdullah (Weightlifting-Men’s 73 kg) untuk jenis angkatan Clean & Jerk dengan angkatan 201 kg memecahkan rekor atas namanya sendiri dengan angkatan 200 kg pada World Weightlifting Championship 2022 Bogota, Kolombia

Prestasi itu tidak hanya memecah rekor dunia, namun Rahmat Erwin Abdullah juga memecahkan rekor untuk kelasnya di level Asia.

4 dari 5 halaman

Rekor Asian Games

Selain Rahmat Erwin, beberapa atlet Indonesia turut memecahkan rekor lain untuk kelas sepanjang Asian Games. Ada nama Desak Made Rita Kusuma Dewi dari cabor panjat tebing nomor women’s speed.

Ia dua kali memecahkan rekor pertama pada saat babak kualifikasi dengan catatan waktu 6.600 detik memecahkan rekor lama atas nama Aries Susanti Rahayu (INA) catatan waktu 7.612 detik pada Asian Games 2018 Jakarta Palembang. Kemudian pada babak semifinal kembali memecahkan rekor atas namanya sendiri menjadi 6.522 detik.

Kemudian Leonardo Veddriq (Sport Climbing-Men’s Speed) dua kali memecahkan rekor pertama pada saat babak kualifikasi dengan catatan waktu 4.978 detik memecahkan rekor lama atas nama Reza Alipour Shenazandi Fard (IRI) catatan waktu 5.633 detik pada Asian Games 2018 Jakarta Palembang.

Lalu ia kembali memecahkan rekor atas namanya sendiri pada babak final bronze dengan catatan waktu 4.955 detik.

5 dari 5 halaman

Kegemilangan Rahmat Erwin Abdullah

Kembali ke atlet angkat berat, Rahmat Erwin Abdullah untuk jenis angkatan Cleang & Jerk dengan angkatan 196 kg memecahkan rekor atas nama Weeraphon Wichuma (THA) dengan angkatan 195 kg pada Asian Games 2022 Hangzhou China.

Kemudian kembali memecahkan rekor atas namanya sendiri dengan angkatan 201 kg. Catatan angkatannya itu membuatnya memecahkan rekor yang pernah ada dalam sejarah Asian Games.

Lagi-lagi Rahmat Erwin Abdullah dua kali memecah rekor dengan total angkatan 354 kg memecahkan rekor atas nama Weeraphon Wichuma (THA) total angkatan 351 kg pada Asian Games 2022 Hangzhou China, kemudian kembali memecahkan rekor atas namanya sendiri dengan total angkatan 359 kg.

Video Populer

Foto Populer