Sukses


Macam-Macam Buah yang Mengandung Vitamin D, Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Vitamin D adalah satu di antara nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan yang optimal. Biasanya, kita mengasosiasikan vitamin D dengan paparan sinar matahari, yang merupakan cara alami tubuh kita memproduksi vitamin ini.

Namun, selain sinar matahari, ada sumber vitamin D lain yang juga penting untuk dipahami, yaitu buah-buahan. 

Vitamin D memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh, serta memiliki dampak yang lebih luas pada kesehatan secara keseluruhan.

Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti osteoporosis, penurunan daya tahan tubuh, dan bahkan depresi.

Itulah mengapa, penting untuk memastikan bahwa kita mendapatkan asupan vitamin D yang cukup setiap hari.

Berikut macam-macam buah yang mengandung vitamin D, yang bisa menjaga kesehatan tubuh, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (12/10/2023).

2 dari 3 halaman

Buah yang Mengandung Vitamin D

1. Almon

Almon memang adalah dikenal sebagai kacang-kacangan. Namun, pada dasarnya, almon berasal dari pohon, yang kamu kenal sebagai kacangnya sebenarnya adalah buahnya. 

Almon termasuk jenis buah yang mengandung vitamin D. Namun perlu diketahui, untuk mendapatkan vitamin D, almon bukan dikonsumsi sebagai buah, melainkan diminum sebagai susu almond. 

Sebagian besar susu almond sudah difortifikasi atau ditambahkan kandungan vitamin D. Dalam satu gelas susu almon, kamu bisa mendapatkan 107 IU vitamin D. 

2. Jeruk

Jeruk telah terkenal sebagai sumber vitamin C yang tinggi. Selain itu, jeruk bisa menjadi sumber vitamin dan mineral lainnya, satu di antaranya vitamin D.

Hanya, kamu belum bisa mendapatkan vitamin D apabila jeruk dikonsumsi sebagai buah. Kemungkinan besar kamu akan mendapatkan asupan vitamin D jika mengonsumsi buah jeruk dalam bentuk minuman kemasan. 

Pasalnya, sebagian besar minuman kemasan jus jeruk telah difortifikasi vitamin D. Dalam segelas jus jeruk, kamu bisa mendapatkan 100 IU vitamin D.

3 dari 3 halaman

Buah yang Mengandung Vitamin D

3. Apel

Apel sebenarnya bukan termasuk buah yang mengandung vitamin D. Namun, apel mengandung magnesium yang cukup tinggi. 

Studi dari Uwitonze dan Razzaque mengungkapkan bahwa asupan magnesium berperan membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh. Selain itu, magnesium bermanfaat untuk mencegah penipisan tulang.

4. Pisang

Sama seperti apel, pisang juga bukan merupakan buah yang mengandung vitamin D. Namun, pisang memiliki nutrisi penting lainnya untuk mendukung kerja vitamin D dalam tubuh, yaitu magnesium.

Pada sebuah studi dari jurnal Metabolites, dijelaskan bahwa kekurangan magnesium dapat mengganggu aktivasi vitamin D di dalam tubuh.

Kekurangan vitamin D dan magnesium akan meningkatkan risiko kerapuhan tulang, terutama pada wanita. Jadi, keseimbangan nutrisi magnesium dan vitamin D oleh tubuh sangat diperlukan.

5. Alpukat

Alpukat juga bukan merupakan buah yang mengandung vitamin D. Namun, buah ini memiliki kandungan magnesium tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh.

Alpukat juga membantu penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K ke dalam tubuh. 

Kendati buah-buah di atas tidak secara langsung mengandung vitamin D, kamu tetap bisa mengambil manfaat nutrisi lainnya dalam buah tersebut. Selain itu ingat untuk tetap mencukupi nutrisi vitamin D dari makanan lainnya atau suplemen.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 21/8/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer