Sukses


Macam-Macam Minuman yang Ampuh Mengurangi Stres dan Kecemasan

Bola.com, Jakarta - Berbagai aktivitas yang padat sering kali memenuhi kita dengan tekanan dan kecemasan. Tuntutan pekerjaan, kehidupan sosial, dan harapan diri sendiri dapat membuat pikiran kita gelisah dan timbul stres.

Di dalam keadaan seperti ini, sering kali kita mencari jalan untuk meredakan stres dan kecemasan yang membebani kita. Satu di antara cara yang sering diabaikan adalah melalui minuman.

Minuman yang tepat dapat memberikan ketenangan dan relaksasi yang sangat dibutuhkan, sekaligus memberikan sensasi menenangkan yang dapat mengurangi stres.

Dalam dunia yang penuh tekanan, minuman bukan hanya tentang hidrasi, tetapi juga tentang kesejahteraan mental dan fisik.

Berikut macam-macam minuman yang ampuh mengurangi stres dan kecemasan, seperti dikutip dari Healthline, Jumat (13/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Minuman yang Ampuh Mengurangi Stres dan Kecemasan

Matcha

Meminum matcha selain lezat juga dapat memberikan efek baik bagi tubuh. Matcha mengandung flavonoid dan L-theanine, beberapa senyawa yang dikenal karena efeknya yang menenangkan.

L-theanine meningkatkan pita frekuensi alfa pada otak dan menenangkan pikiran tanpa menyebabkan kantuk.

Dikombinasikan dengan kafein, L-theanine mungkin memiliki efek positif pada peningkatan suasana hati dan kognisi mengingat matcha juga mengandung antioksidan, vitamin, dan nutrisi.

Hal tersebut menjadikan matcha minuman yang lezat dan kuat untuk mengatasi kelelahan dan meningkatkan kesehatanmu secara keseluruhan.

Jamur Reishi

Kandungan dalam jamur reishi dapat menghilangkan kecemasan dan stres secara alami. Jamur ini mengandung senyawa triterpene, yang dikenal karena sifatnya yang menenangkan. Jamur ini berkhasiat untuk antikanker, anti-inflamasi, antikecemasan, dan antidepresan.

Jamur ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur pada malam hari sehingga dapat membuatmu lebih banyak beristirahat dan fokus sepanjang hari.

Tambahkan satu sendok makan bubuh reishi dalam secangkir air hangat untuk mendapatkan efek menenangkan dari jamur yang punya nama lain jamur lingzhi ini.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Minuman yang Ampuh Mengurangi Stres dan Kecemasan

Jahe

Meminum seduhan jahe bermanfaat untuk mempertajam otak dan menghilangkan stres. Tanaman herbal menyehatkan ini mengandung 14 senyawa bioaktif dan sifat antioksidan tinggi.

Senyawa ini memiliki khasiat untuk mempertajam fungsi kognitif pada wanita paruh baya dan bahkan mungkin melindungi otak kerusakan akibat stres oksidatif.

Sebuah penelitian menunjukkan jahe dapat memengaruhi kadar serotonin yang dapat mengobati dan mengurangi kecemasan, sehebat obat benzodiazepine.

Minum secara rutin seduhan jahe segar dalam keadaan panas atau dingin, untuk mendapatkan khasiat dari jahe. 

Akar Maca

Mengonsumsi akar maca dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Akar maca sering dicari akhir-akhir ini untuk diambil beberapa manfaatnnya.

Sebuah penelitian mengatakan, mengonsumsi akar maca dapat memberikan tambahan stamina bagi pria.

Tanaman penyeimbang hormon ini juga merupakan pendukung kuat untuk menghilangkan stres. Senyawa tanaman aca (disebut flavonoid) dapat meningkatkan suasana hati yang positif dan mengurangi tekanan darah dan depresi. 

Campurkan bubuk maca dalam secangkir kopi atau jus buah di pagi hari, untuk mendapatkan khasiat dari tanaman ini.

Cuka Apel

Mengonsumsi cuka apel secara rutin dapat memberikan tambahan energi. 

Cuka dapat berdampak langsung pada kadar gula darah dan membantu mempertahankan energi yang merata dan mencegah kelelahan. Cuka apel juga mengandung mineral penting seperti kalium, yang dapat mengatur dan memberikan energi bagi tubuh.

Cukup tambahkan satu sendok makan cuka apel pada secangkir air hangat atau secangkir teh yang telah kamu buat, setelah 95 menit kamu akan merasakan manfaatnya.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer