Sukses


24 Contoh Kata Kiasan dalam Kalimat yang Bisa Dipahami

Bola.com, Jakarta - Kata kiasan merupakan satu di antara gaya bahasa yang banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Kata kiasan adalah penggunaan kata atau ungkapan yang bukan dalam arti sebenarnya untuk menyampaikan makna yang berbeda atau memberikan efek retoris pada pembaca/pendengar.

Kata kiasan biasanya menggambarkan sesuatu, dari suatu benda, sifat orang, hingga bentuk fisik.

Penggunaan kata kiasan dapat membuat bahasa menjadi lebih kaya, hidup, dan menarik. Selain itu, kita dapat mengekspresikan sesuatu dengan cara yang lebih kreatif dan memikat bagi pendengar/pembaca.

Namun, perlu diingat juga penggunaan kata kiasan yang berlebihan dapat membuat bahasa menjadi tidak jelas dan membingungkan.

Berikut 24 contoh kata kiasan dalam kalimat yang bisa dipahami secara baik, dikutip dari laman Titikdua dan Masterpendidikan, Selasa (31/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Kata Kiasan dalam Kalimat

1. Doni bercita-cita menjadi seorang bintang lapangan jika sudah besar nanti. (Bintang lapangan artinya pemain yang terbaik)

2. Hatinya merasa senang ketika dokter mengatakan jika dirinya sedang duduk perut. (Duduk perut artinya sedang hamil)

3. Paman membawa banyak buah tangan dari Kota Semarang. (Buah tangan artinya oleh-oleh)

4. Fatimah memang anak yang panjang akal sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dengan cepat. (Panjang akal artinya cerdik)

5. Saat tanggal tua seperti ini, pasar terlihat sangat sepi dikunjungi pembeli. (Tanggal tua artinya kondisi keuangan sedang tipis)

6. Pak Rahman memang orang yang bermuka dua di depan atasannya. (Bermuka dua artinya tidak tetap pendiriannya)

3 dari 5 halaman

Contoh Kata Kiasan dalam Kalimat

7. Sebagai kepala keluarga, Pak Ahmad rela banting tulang untuk menghidupi anak-anaknya. (Banting tulang artinya kerja keras)

8. Ibu tidak tahan mendengar kakak menjadi buah bibir di kampung. (Buah bibir artinya bahan pembicaraan)

9. Sarman main mata dengan seorang gadis cantik di kampung sebelah. (Main mata artinya melirik)

10. Sifat kecil hati harus kita hilangkan jika ingin menjadi seorang pemimpin.(Kecil hati artinya penakut)

11. Karena masa lalunya yang suram, membuat Anjar tebal muka saat ini. (Tebal muka artinya tidak punya rasa malu)

12. Melihat ayahnya yang ringan tangan terhadap ibunya, membuat hati Melati menjadi sedih. (Ringan tangan artinya suka memukul)

4 dari 5 halaman

Contoh Kata Kiasan dalam Kalimat

13. Perkara tentang pencurian di Desa Sukamaju Kamis lalu, sekarang dibawa ke meja hijau. (Meja hijau artinya pengadilan)

14. Masalah yang rumit memang sering membuat orang angkat tangan untuk menyelesaikannya. (Angkat tangan artinya menyerah)

15. Pak Rudi menjadi tangan kanan anak Bupati Tulungagung sejak tahun kemarin. (Tangan kanan artinya orang kepercayaan)

16. Kelakuan anaknya yang susah diatur membuat Pak Nardi naik pitam. (Naik pitam artinya marah)

17. Karena diketahui melakukan perbuatan yang mencemarkan nama baik keluarga akhirnya Surti diminta untuk angkat kaki dari rumah Pak Darto. (Angkat kaki artinya pergi)

18. Banyak karyawan yang mengalami PHK dikarenakan perusahaannya gulung tikar. (Gulung tikar artinya bangkrut)

5 dari 5 halaman

Contoh Kata Kiasan dalam Kalimat

19. Rani dikenal sebagai anak yang besar mulut karena apa yang dikatakan selalu tidak sesuai dengan kenyataan aslinya. (Besar mulut artinya pembohong)

20. Andi bermuka asam setelah Ibu Guru memarahinya dikarenakan lupa mengerjakan pekerjaan rumah. (Bermuka asam artinya cemberut)

21. Sebagai keturunan darah biru, Pak Suryo harus menjaga sikapnya dengan masyarakat sekitar. (Darah biru artinya keturunan bangsawan)

22. Setelah diketahui mencuri uang milik Rino, Bu Guru mengajak Amir untuk berbicara empat mata. (Empat mata artinya bicara berdua)

23. Polisi itu dikenal mata duitan sehingga mendapat peringatan keras dari atasannya. (Mata duitan artinya matrealistik)

24. Terkadang, sifat marah dapat membuat kita menjadi gelap mata sehingga akan menimbulkan kerugian baik bagi diri sendiri maupun orang lain. (Gelap mata artinya kalap, hilang kesabaran)

 

Sumber: Titikdua, Masterpendidikan

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer