Sukses


5 Hadis tentang Kucing yang Menarik Disimak

Bola.com, Jakarta - Kucing adalah hewan yang banyak dipelihara karena lucu dan menggemaskan. Dikisahkan dalam beberapa riwayat, kucing merupakan hewan kesayangan Rasulullah saw.

Sebagai hewan yang sangat disayangi Rasulullah saw. Islam mendorong umatnya untuk menyayangi serta melarang berbuat kejam atau menyakiti kucing.

Allah Swt. bahkan menempatkan mereka yang menyayangi hewan (kucing) pada posisi yang mulia di sisi-Nya. Sementara bagi mereka yang berbuat kejam atau menyakiti akan memperoleh ganjaran.

Dalam Islam, kucing juga dikenal sebagai hewan yang bersih dan bebas dari najis. Selain itu, kucing memiliki keistimewaan yang luar biasa, karena menjadi saksi dalam berbagai perjalanan peradaban Islam.

Melalui hadisnya, Rasulullah saw. mengajarkan umat muslim untuk berbuat baik kepada hewan, termasuk kucing.

Berikut lima hadis tentang kucing yang menarik disimak umat muslim, dikutip dari laman uinsgd.ac.id dan uin-alauddin.ac.id, Rabu (15/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Kucing

Hadis tentang Kucing (1)

“Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita.” (HR. Bukhari)

Hadis tentang Kucing (2)

“Ketika Nabi Muhammad akan berwudu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum di bejana tempat beliau wudu. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudu.” (HR. Muslim)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Kucing

Hadis tentang Kucing (3)

“Kucing adalah binatang yang badan, keringat, bekas sisa makanan, serta air liurnya adalah suci. Air liurnya bahkan bersifat membersihkan. Hidupnya lebih bersih dari manusia.” (HR. Malik)

Hadis tentang Kucing (4)

“Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai.” (HR. Bukhari)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Kucing

Hadis tentang Kucing (5)

”Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala telah menetapkan perbuatan ihsan (baik) pada tiap-tiap sesuatu. Jika kalian membunuh, maka bunuhlah dengan cara yang baik, jika kalian menyembelih, maka sembelihlah dengan cara yang baik, hendaklah salah seorang di antara kalian menajamkan pisaunya dan menenangkan sembelihannya.” (HR. Muslim)

 

Sumber: uinsgd.ac.id, uin-alauddin.ac.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer