Sukses


6 Cara Terbaik yang Bisa Bantu Berhenti Merokok

Bola.com, Jakarta - Merokok merupakan satu di antara kebiasaan yang tidak baik. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat membuat orang kecanduan. Hal tersebut yang membuat banyak orang susah berhenti merokok.

Akan tetapi, berhenti merokok dan memulai hidup sehat perlu segera dilakukan oleh para perokok. Tujuannya agar tidak kecanduan lebih dalam dan meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya.

Saat seseorang telah kecanduan merokok, akan cukup sulit untuk disembuhkan. Harus ada niat yang kuat dan berbagai hal pendukung yang dapat mendorong untuk berhenti merokok.

Jika kamu menjadi satu di antara orang yang ingin berhenti merokok, kamu tidak sendirian. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berhasil berhenti merokok. Apa saja?

Nah, berikut enam cara terbaik yang bisa bantu kamu berhenti merokok, dikutip dari Dailyentertaiment, Kamis (16/11/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Terbaik yang Bisa Bantu Berhenti Merokok

1. Menjauhi Stres

Stres merupakan satu di antara banyak faktor seseorang untuk merokok lantaran bagi sebagian orang, kegiatan merokok yang mereka lakukan dapat mengurangi rasa stres.

Dengan hal itu, kamu perlu menghindari terjadinya stres dan melakukan hal yang disenangi. Selain itu, sebaiknya memiliki waktu tidur yang cukup karena kekurangan waktu tidur juga dapat meningkatkan risiko mengalami stres.

2. Membersihkan Rumah

Saat masih aktif merokok, mungkin kamu sering merokok di dalam rumah, dan terkadang asap rokok yang dikeluarkan meninggalkan bau pada beberapa benda di rumah.

Membersihkan rumah dari bau rokok yang masih menempel, dapat membantumu untuk berhenti merokok atau terpicu untuk merokok kembali. Cuci sprai, sarung bantal, karpet, hingga tirai yang kamu rasa memiliki bau rokok.

3 dari 4 halaman

Cara Terbaik yang Bisa Bantu Berhenti Merokok

3. Memiliki Pola Makan Sehat

Mengganti pola makan yang tidak baik menjadi lebih sehat, seperti mengonsumsi banyak makanan mengandung nutrisi dapat membantu kamu berhenti merokok.

Zat nikotin yang ada pada rokok dapat menyebabkan seorang perokok kehilangan nafsu makan. Saat mengonsumsi makanan bernutrisi, tubuh akan terbiasa mendapatkan banyak nutrisi dan dapat membantu dalam menghentikan kecanduan terhadap nikotin.

4. Memberitahu Orang Terdekat

Orang-orang terdekatmu, seperti keluarga, teman bermain, ataupun rekan kerja, dapat sangat berpengaruh dalam usaha untuk berhenti merokok.

Beritahu mereka bahwa kamu sedang berusaha untuk berhenti merokok. Agar mereka dapat menegur ketika akan memulai merokok kembali, dukungan yang didapat dari orang terdekat juga membantu seseorang untuk berhenti merokok.

4 dari 4 halaman

Cara Terbaik yang Bisa Bantu Kamu untuk Berhenti Merokok

5. Berolahraga

Selain menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, berolahraga secara rutin dapat membantu usaha kita dalam berhenti merokok.

Saat sedang berusaha untuk berhenti merokok, dan timbul hasrat untuk mengambil rokok, lakukanlah sedikit berjalan menaiki tangga atau mengelilingi rumah, hingga hasratmu tersebut hilang dengan sendirinya.

Selain itu, kamu juga dapat berlari mengelilingi taman, atau mengunjungi pusat olahraga seperti gym, yang biasanya diisi orang-orang yang memiliki hidup sehat. Dengan begitu, kamu jadi terpacu untuk melakukan gaya hidup sehat. 

6. Cari Kesibukan Lain setelah Makan

Kebiasaan yang paling sering dilakukan perokok adalah, menghisap rokok mereka setelahg makan. Bahkan, biasanya mereka tidak sadar telah menghabiskan banyak batang rokok.

Untuk menghindari hal tersebut, mungkin kamu dapat mencari alternatif kegiatan lainnya setelah makan, satu di antaranya adalah mengganti rokok dengan mengunyah permen.

 

Sumber: Dailyentertaiment

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer