Sukses


Macam-Macam Manfaat Mengesankan Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Teh telah menjadi satu di antara minuman yang paling populer di dunia. Minuman ini memiliki rasa yang khas dan menyegarkan, serta dapat disajikan dengan berbagai cara.

Selain itu, teh juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh yang terbilang sangat mengesankan.

Teh memiliki beberapa varian, seperti teh hijau, teh olong, dan teh hitam. Untuk konsumsi sehari-hari mungkin teh hijau dan teh hitam, menjadi jenis teh yang paling sering diminum.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan meminum teh, di antaranya adanya efek antioksidan yang baik dan dapat melindungi tubuh dari kanker.

Berikut macam-macam manfaat mengesankan minum teh untuk kesehatan tubuh, seperti dikutip dariĀ Healthline, JumatĀ (17/11/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Manfaat meminum teh secara rutin berikutnya adalah dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa teh hitam dan teh hijau dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Teh yang dikonsumsi dapat dapat membantu menaikkan tingkat sensitvitas insulin yang berguna untuk mengatur gula darah yang ada di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kerja Otak

Meski kafein yang terkandung dalam teh lebih sedikit daripada kafein yang ada pada kopi, teh juga dapat membantu otak kita untuk tetap fokus saat melakukan kegiatan sehari-hari.

Minumlah secangkir teh di pagi hari sebelum kamu melakukan kegiatan di luar rumah. Hal tersebut dapat membantu kamu melewati hari lebih lancar dan tetap fokus terhadap segala hal yang dihadapi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh

3.Ā Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kronis

Dalam penelitian yang dilakukan kepada beberapa orang dewasa, mengonsumsi teh secara rutin dan teratur dapat megurangi risiko terkena berbagai macam penyakit kronis, seperti jantung dan stroke.

Bagi mereka yang meminum teh paling tidak 4-5 gelas dalam sehari, memiliki risiko terkena penyakitĀ kardiovaskular yang lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya meminum teh satu gelas dalam sehari.

4. Mengandung Kafein yang Lebih Sedikit dari Kopi

Secangkir kopi yang biasa kamu minum kurang lebih mengandung 135 mg kafein, sedangkan teh hanya mengandung 30 hingga 40 mg per cangkirnya.

Jika setelah minum kopi membuatmu menjadi lebih sering gelisah, mengalami gangguan pencernaan, sakit kepala, dan mengganggu waktu tidur, saatnya beralih ke teh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Meminum teh dapat membantu kamu menjaga kesehatan mulut.Ā Teh mengandung fluoride, zat yang dapat menghilangkan berbagai jenis bakteri yang ada dalam mulut. Hal tersebut dapat mengurangi gigi berlubang, bau mulut, dan bahkan kanker mulut.

Konsumsilah teh dengan jenisĀ yang kamu sukai, tetapi yang perlu diingat adalah untuk mendapatkan manfaatnya, jangan campurkan teh dengan bahan lain.

6.Ā Meredakan Stres

Manfaat yang bisa kita dapatkan dari meminum teh secara rutin adalah meredakan stres. Berbagai macam jenis teh, khususnya teh hijau, memiliki efek antridepresi.

Dengan meminum secangkir teh saat suasana hati sedang tidak enak, akan membantu kamu menjadi lebih baik karena teh dapat meningkatkan suasana hati mereka yang sering meminumnya.Ā 

Ā 

Sumber:Ā Healthline

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer