Sukses


Cara Membuat Karya Seni Rupa dengan Teknik Stilasi

Bola.com, Jakarta - Stilasi adalah satu di antara teknik menggambar ragam hias. Teknik ini bisa jadi masih terdengar asing bagi masyarakat luas.

Stilasi adalah menyederhanakan bentuk dengan tidak meninggalkan karakter bentuk aslinya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, stilasi adalah pengolahan dari bentuk bentuk alam sehingga mungkin saja dari hasil pengolahan tersebut lahir suatu bentuk yang baru (digayakan), tetapi masih tetap mencerminkan bentuk aslinya.

Dikutip dari laman Sumber Belajar Kemdikbud, teknik stilasi adalah teknik mengubah bentuk asli dari sumber atau dengan melihat objek dari berbagai arah dengan penggayaan dan dapat dibuat menjadi bermacam-macam bentuk baru yang bersifat dekoratif, tetapi ciri khas bentuk aslinya masih terlihat.

Berikut cara membuat karya seni rupa dengan teknik stilasi, disadur dari Liputan6, Selasa (21/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Karya Seni Rupa dengan Teknik Stilasi

1. Menentukan objek yang akan menjadi stilasi

Cara membuat teknik stilasi dalam karya seni rupa yang pertama adalah menentukan suatu objek yang akan dibuat motif, misalkan kita memilih sebuah bunga untuk menjadi objek stilasi.

2. Penggambaran Bangun Luar

Setelah memilih bunga sebagai objek stilasi, selanjutnya cara membuat teknik stilasi adalah gambarlah bunga tersebut dengan menggambar bagian outlinenya saja, tidak perlu detail.

Hal ini karena ppada nantinya objek kosong bagian perbagian tersebut akan kita stilasi dengan mengisikan suatu motif di dalamnya, motif bisa berbentuk geometris maupun nongeometris sesuai keinginan dan imajinasimu.

3. Sempurnakan stilasi dibagian-bagian objek

Selanjutnya, cara membuat teknik stilasi adalah dengan menyempurnakan stilasi di bagian-bagian objek.

Di dalam suatu objek stilasi terkadang dibagi perbeberapa bagian, hal ini dilakukan agar mudah untuk membuat motif berbeda di dalam satu bidang objek agar tidak menimbulkan kesan monoton pada motifnya.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Karya Seni Rupa dengan Teknik Stilasi

4. Pemberian isen

Isen-isen adalah ragam hias pengisi latar. Isen-isen menjadi sebuah gaya kreasi dalam stilasi untuk mengisi setiap bidang kosong. Isen difungsikan supaya objek stilasi kalian lebih indah dan menarik.

Isen-isen ini berupa variasi titik, garis, blok, dan warna dengan disesuaikan penggunaanya sesuai selera keinginanmu sehingga tercipta suatu karya stilasi yang enak dilihat.

5. Finishing

Berikutnya, cara menggambar stilasi adalah finishing, dalam tahap ini kamu bisa memulai dengan melihat stilasi yang kamu buat.

Perhatikan bagian per bagian, jika ada beberapa hal yang kurang, bisa kamu tambah atau perbaiki, semisal ada bidang yang masih kosong, bisa kamu tambah dengan isen berupa titik-titik, garis, ataupun blok.

Jika kamu melihat ada warna yang kurang tegas, bisa kamu tebalkan. Hal yang tidak kalah penting adalah kebersihan gambarmu karena terkadang masih banyak sisa-sisa sketsa pensil yang tidak perlu, tetapi belum terhapus sehingga terkesan menjadi sebuah coretan-coretan yang perlu kamu hapus.

Hal ini dilakukan agar mencapai kesempurnaan hasil karya seni dari teknik stilasi sesuai targetmu dan kreativitas masing-masing.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi, Editor: Anugerah Ayu Sendari. Published: 26/9/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer