Sukses


Cara Membuat Maket yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Maket adalah replika skala kecil dari bangunan, kendaraan, atau objek lain yang digunakan dalam berbagai industri, seperti arsitektur, film, dan mainan.

Dalam arsitektur, maket digunakan untuk menampilkan desain bangunan sebelum dibangun. Ini memungkinkan arsitek untuk mengevaluasi desain dan membuat perubahan sebelum memulai proyek.

Maket juga digunakan dalam presentasi kepada klien untuk menunjukkan bagaimana bangunan akan terlihat setelah selesai.

Secara umum, maket atau miniatur memungkinkan untuk membuat adegan yang tidak dapat dibuat dengan cara yang lebih praktis atau aman, dan menciptakan objek yang dapat digerakkan dan dikendalikan.

Ada tiga jenis yang umum dijumpai, yakni:

  • Maket arsitektur/gedung (skala 1:200, 1:100, 1:50)
  • Maket interior (skala 1:20, 1:10, 1:5, 1:1)
  • Maket terperinci (skala 1:20, 1:10, 1:5, 1:1)

Maket mudah ditemui saat kamu berkunjung ke pameran properti atau kantor marketing perumahan ataupun apartemen.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang maket, dilansir dari laman Rumah dan Stellamariscollege, Rabu (22/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Maket

Merancang Desain Maket

Langkah yang pertama dalam membuat maket adalah merancang konsep dan desain maket. Desain bisa dibuat di aplikasi komputer maupun sketsa di kertas. Makin kompleks struktur bangunan maka dibutuhkan kecakapan yang lebih tinggi.

Menyediakan Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui desain maket, siapkan alat dan bahan yang akan dibutuhkan.

Menyusun Denah Bangunan

Langkah berikutnya menyusun denah bangunan, bisa dibuat pada papan foam PVC maupun papan karton.

Siapkan penggaris untuk mendapatkan pengukuran yang akurat. Pastikan ukuran ruangan maupun keseluruhan bangunan terlebih dulu dihitung menggunakan skala.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan saat diubah ke bentuk tiga dimensi. Perhatikan juga jarak antarbangunan, tinggi bangunan serta tata letak ruangan.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Maket

Mengubahnya Denah Menjadi Elemen Tiga Dimensi

Yang dimaksud elemen tiga dimensi di sini meliputi dinding, jendela, pintu, dan komponen bangunan lainnya.

Elemen tersebut dapat dibuat menggunakan berbagai media, termasuk di antaranya papan foam, kertas beermat, kayu balsa, dan lain-lain.

Buat dengan ukuran sesuai denah yang dibuat sebelumnya. Untuk memudahkan pelubangan, gunakan pensil untuk menandai area yang ingin dilubangi. Baru potong dengan cutter. Agar terlihat lebih menarik perhatian, warnai media tersebut dengan cat warna-warni.

Susun dan Rakit Maket

Setelah membuat seluruh elemen tiga dimensi, cek kembali pastikan tidak ada yang kurang. Kalau sudah, tandanya maket siap untuk dirakit.

Untuk menggabungkan elemen tersebut dapat menggunakan lem cair, double tape, maupun jenis perekat lainnya.

Tempelkan pada alas yang terbuat dari papan PVC atau papan karton. Tidak usah terburu-buru dalam menempelkannya agar bangunan tampak rapi. Rakit sampai maket jadi suatu rancangan utuh.

Lindungi Maket dengan Kotak Kaca

Maket biasanya diberi kotak kaca untuk mencegah kerusakan akibat disentuh orang. Apalagi maket biasanya dipajang untuk diperlihatkan pada audiens luas. Selain itu, maket yang dilindungi dengan kaca akan terhindar dari debu.

 

Sumber: Rumah, Stellamariscollege

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer