Sukses


Pengertian Teks Cerita Fantasi, Ciri-Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Teks cerita fantasi adalah karangan yang berisi kisah penuh imajinasi dan khayalan hingga melebihi realita. Jadi, dalam teks tersebut menceritakan kisah yang penuh fantasi.

Dalam cerita fantasi, segala sesuatu yang bersifat tidak mungkin di dunia nyata merupakan hal yang biasa. Bahkan, tak jarang pengarang sengaja melebih-lebihkan hingga terkesan tidak masuk akal.

Dengan kata lain, pengarang mengandalkan apa yang ada dalam angan-angannya untuk kemudian dituangkan menjadi sebuah cerita. Tujuan dari teks cerita fantasi adalah untuk menghibur dan meningkatkan imajinasi para pembaca.

Adapun untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca serta memahami pengertian teks cerita fantasi dari para ahli, ciri-ciri, struktur hingga contohnya.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian teks cerita fantasi, ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan hingga contohnya, seperti dilansir dari laman Serupa dan Seputarilmu, Senin (15/3/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian Teks Cerita Fantasi Menurut Ahli

  • Nurgiyantoro

Teks cerita fantasi adalah karangan yang memiliki tema, tokoh, latar, dan plot dengan kebenaran yang diragukan baik dalam sebagian maupun keseluruhan cerita.

  • Huck, dkk.

Teks cerita fantasi merupakan cerita yang kaya akan makna. Pengarang tidak hanya menonjolkan kisah yang hebat melainkan juga pesan yang berguna bagi kehidupan.

  • Zoest

Zoest membagi pengertian teks cerita fantasi menjadi tiga poin penting. Pertama, teks cerita fantasi memuat semesta yang tidak nyata karena berasal dari imajinasi penulis.

Kedua, cerita tersebut menyuguhkan kejadian yang tidak rasional. Poin terakhir, teks cerita fantasi memiliki semesta yang dibuat mirip dengan dunia nyata dengan dibumbui unsur yang asing dan aneh.

  • Lloyd Alexander

Teks cerita fantasi dimaknai sebagai sebuah cerita yang dibangun berdasarkan unsur kemustahilan. Dikatakan mustahil karena tidak sesuai dengan realita kehidupan yang ada.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri dan Unsur Intrinsik Cerita Fantasi

Ciri-Ciri Cerita Fantasi

1. Memiliki ide cerita yang tidak dibatasi oleh realita atau kenyataan dunia (bersifat fiksi).

2. Tema dalam cerita fantasi adalah magic (sihir), supernatural atau futuristik.

3. Ide cerita terbuka terhadap daya khayal penulis dan tidak dibatasi realitas atau kehidupan nyata.

4. Di dalam cerita fantasi biasanya banyak terdapat keanehan seperti sihir, makhluk ajaib, maupun sesuatu yang misterius.

5. Penggunaan latar dapat menembus ruang dan waktu.

6. Terdapat tokoh yang memiliki keunikan tersendiri, seperti memiliki kekuatan super untuk menyelamatkan dunia.

 

Unsur-Unsur Intrinsik Cerita Fantasi

1. Tema yaitu ide yang paling mendasar yang menjadi acuan untuk mengembangkan suatu cerita.

2. Alur yakni jalan atau alur cerita yang berupa peristiwa-peristiwa yang tersusun dan saling berkaitan satu sama lain.

3. Tokoh dan penokohan ialah karakter dari pemeran atau pelaku di dalam suatu cerita.

4. Latar merupakan tempat, waktu, serta suasana yang menjadi latar belakang suatu cerita.

5. Sudut pandang ialah posisi pengarang dalam membawakan suatu cerita.

6. Amanat adalah satu di antara pesan yang ingin disampaikan oleh pegarang sebuah cerita di dalam cerita dan penokohan.

4 dari 6 halaman

Struktur Teks Cerita Fantasi

Struktur teks cerita fantasi masih sama teks narasi umumnya. Berikut beberapa struktur tersebut:

  • Orientasi

Orientasi merupakan bagian yang mengenalkan latar, tokoh, dan kisah, baik dari segi waktu, tempat maupun peristiwa. Orientasi juga biasa digunakan untuk menata berbagai adegan dan menjelaskan hubungan antartokoh.

  • Komplikasi

Bagian di mana konflik mulai muncul. Konflik adalah pertentangan atau kesukaran-kesukaran bagi tokoh utama. Komplikasi menjelaskan bagaimana sebab-akibat konflik yang terjadi antartokoh. Bagian ini akan bergradasi memuncak hingga mencapai klimaks.

  • Resolusi atau penyelesaian masalah.

Bagian ini adalah penyelesaian dari berbagai konflik yang terjadi. Resolusi juga dapat menjadi pernyataan akhir terhadap kondisi yang dialami oleh tokoh utamanya.

Catatan: Di antara ketiga struktur utama di atas, pengarang dapat menyisipkan beberapa struktur lain, seperti abstraksi atau gambaran umum, klimaks atau puncak ketegangan, dan terakhir koda atau penutup cerita yang berisi amanat.

5 dari 6 halaman

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fantasi

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fantasi

1. Teks cerita fantasi menggunakan sudut padangan penokohan, seperti: saya, aku, mereka, kami, dan nama orang.

2. Teks cerita fantasi menggunakan kata sifat dan hasil pengamatan panca indra untuk mendeskripsikan atau menggambarkan tokoh, latar, dan konflik yang ada.

3. Teks cerita fantasi menggunakan kata metafora (kiasan) dan personafikasi (perumpamaan).

4. Teks cerita fantasi menggunakan kata penghubung (konjungsi) penanda untuk urutan waktu seperti pada teks narasi.

5. Teks cerita fantasi menggunakan ungkapan atau kalimat langsung untuk menambah cita rasa dalam isi cerita.

6 dari 6 halaman

Contoh Teks Cerita Fantasi

                                                             Nino dan Alien yang Menggemaskan

  • Orientasi

Malam itu, entah mengapa tak seperti biasanya, Nino belum bisa tertidur. Ia sudah cukup lama mencoba memejamkan matanya, namun tak kunjung terlelap juga. Ia kemudian memutuskan untuk membuka jendela kamarnya, berharap angin segar dapat membuatnya mengantuk.

Namun, tak lama setelah ia membuka jendelanya, sekelibat cahaya terang tampak mendekat dari kejauhan. Nino lantas kembali menghampiri jendela kamarnya. Cahaya itu makin dekat dan mulai membuat Nino silau dan menutup mata dengan sebelah tangannya.

  • Komplikasi

Tiba-tiba seorang alien yang berukuran mungil datang. Perutnya buncit, tubuhnya berwarna biru dan bibirnya berwarna merah muda. Matanya hijau terang. Alien berkepala besar itu tiba-tiba mengeluarkan cahaya merah dari tangannya yang menghangatkan tubuh Nino.

"Halo, k-k-kamu siapa?" tanya Nino agak ketakutan. Alien itu kemudian menjawabnya dengan bahasa yang tidak dipahami oleh Nino bahkan manusia lainnya! "Blah weos dgak, laih ipos en quere?".

"Maaf, aku enggak paham apa yang kamu katakan", balas Nino.

Seketika alien itu pun tampak memahami apa yang terjadi, lalu memutar-mutar kupingnya yang berbentuk seperti antenna seakan menyesuaikan sesuatu, seperti kita menyesuaikan frekuensi radio. Kemudian ia berkata dengan bahasa manusia ,"aku tidak bisa tidur, di planetku mataharinya ada tiga, jadi terlalu terang, boleh aku ikut tidur di sini?"

  • Resolusi

Meski agak ragu, Nino memperbolehkannya. Tak butuh waktu lama, alien itu pun lekas berbaring di lantai karpet kamar Nino. "Maaf, kamu boleh menggunakan kasurku kok, tidak usah di lantai", ujar Nino. Namun, Nino terlambat karena Alien itu sudah terlelap tidur, ia mendengkur seperti kucing.

Kemudian, selang beberapa detik saja, alien itu terbangun lagi. "Terima kasih, tidurku lelap sekali tadi", alien itu berkata sambil menahan menguap.

"Lho, kamu kan baru tidur beberapa detik saja?" jawab Nino. "Oh, iya, makhluk dari planetku hanya membutuhkan tidur 15 sampai 30 detik saja dalam 1000 tahun".

Alien itu pun keluar dan terbang kembali ke angkasa melalui jendela kamar tidur. Coba tebak, siapa sekarang yang tidak akan bisa tidur karena telah menyaksikan peristiwa luar biasa tersebut?

 

 

Sumber: Serupa, Seputarilmu

Video Populer

Foto Populer