Sukses


28 Kata-kata Bijak Jurnalis dan Kebebasan Pers

Bola.com, Jakarta - Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap tanggal 9 Februari. Tanggal tersebut bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Pers merupakan satu di antara pilar dalam sistem demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pers berperan sebagai pemberi informasi kepada masyarakat sekaligus penyuara kritis kepada penguasa dari masyarakat.

Pers bersifat independen dan memiliki kewenangan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Selain itu, pers memiliki kemerdekaan untuk memperoleh, mengolah, dan menyampaikan pikiran melalui lisan maupun tulisan.

Media penyalur pers berganti sesuai kemajuan zaman dan teknologi. Dulu, pers mengedepankan surat kabar dan koran. Namun, dengan berkembangnya platform digital, membuat beberapa media berpindah haluan ke digital dan menyesuaikan keinginan pasar.

Berikut kata-kata bijak jurnalis dan kebebasan pers untuk merayakan Hari Pers Nasional, dikutip dari Kosngosan dan Jagokata, Senin (8/2/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Jurnalis dan Kebebasan Pers

1. "Pers adalah instrumen paling baik dalam pencerahan dan meningkatkan kualitas manusia sebagai makhluk rasional, moral, dan sosial." - Thomas Jefferson

2. "Reporter adalah mereka yang berjuang untuk membawakan berita hingga sampai ke masyarakat, tidak peduli kapan dan di mana pun mereka berada."

3. "Menjadi seorang reporter memerlukan ketekunan yang luar biasa sehingga bisa menghasilkan berita yang berkualitas dan lengkap."

4. "Kebebasan pers, jika itu berarti apa saja, berarti kebebasan untuk mengkritik dan menentang." - George Orwell

5. "Menjadi seorang reporter adalah tentang kemampuan untuk mendiagnosis dan mendeskripsikan hal-hal yang terjadi di sekitar kita, itulah inti pekerjaannya."

6. "Bahaya terbesar bagi negara ini terletak pada kepemilikan dan pengaruhnya yang besar dalam film, pers, radio, dan pemerintah kita." - Charles Lindbergh

7. "Apabila kalian ingin menjadi pemimpin besar, bekerjalah seperti reporter dengan sigap, tangkas, dan diplomatis dalam berbicara dan mengumpulkan informasi di sekitar."

3 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Jurnalis dan Kebebasan Pers

8. "Jangan pernah merasa turun pamor atau naik gengsi dengan menjadi seorang reporter, untuk menghasilkan berita terbaru atau sekadar peneliti komik atau acara televisi."

9. "Menjadi seorang jurnalis bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan passion yang hebat dalam hal kesungguhan menggali informasi."

10. "Pers bebas adalah ibu dari semua kebebasan kita dan kemajuan kita di bawah kebebasan." - Adlai E. Stevenson II

11. "Ketika seorang jurnalis sudah turun lapangan maka di situlah dia berjuang dengan segenap upaya untuk mendapatkan informasi yang berharga di tengah masyarakat."

12. "Perjuangan seorang jurnalis akan terasa sangat berat ketika menghadapi perlawanan dari masyarakat itu sendiri sehingga sangat penting untuk mengambil hati informan sehingga proses pengambilan data berlangsung dengan menyenangkan."

13. "Satu di antara masalah dengan sepak bola adalah bahwa satu-satunya orang yang tahu cara bermain harus duduk di dalam kotak pers." - Robert Lembke

14. "Jangan menyerah untuk menjadi seorang jurnalis yang jujur dan amanah. Hilangkan berita settingan dan framing yang bisa menghancurkan nilai-nilai fundamental jurnalistik."

4 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Jurnalis dan Kebebasan Pers

15. "Seorang jurnalis yang pernah menyebarkan berita hoax tidak layak disebut sebagai jurnalis profesional karena sudah memberikan berita bohong yang bisa menyesatkan publik."

16. "Dari buku-buku di zaman kita, ragamnya begitu banyak, dan mereka mengikuti begitu cepat dari pers sehingga orang harus menjadi pembaca yang cepat untuk memperkenalkan dirinya bahkan dengan judul-judulnya, dan bijaksana untuk membedakan apa yang layak dibaca." - Amos Bronson Alcott

17. "Walau seorang jurnalis bukanlah profesi yang bisa membuatmu kaya dalam waktu instan, profesi inilah yang berkontribusi besar dalam kemajuan demokrasi suatu negara."

18. "Mengkritiklah dengan membangun menggunakan solusi bukan semata karena sensi. Lakukan hal terbaik sebagai jurnalis untuk membangun negeri ini menjadi negeri yang demokratis."

19. "Seorang jurnalis harus berlaku independen dan terbebas dari belenggu cengkraman kekuasaan baik itu yang berasal dari pemerintah ataupun swasta."

20. "Lebih baik menjadi seorang jurnalis daripada seorang pembunuh yang malang." - Jean-Paul Sartre

21. "Banyak yang tidak mengetahui peran besar jurnalis dalam pembangunan suatu bangsa. Tanpa adanya jurnalis maka masyarakat tidak akan mendapatkan informasi yang kredibel dan up to date."

5 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak Jurnalis dan Kebebasan Pers

22. "Sebagai seorang jurnalis maka kamu telah bertanggung jawab dalam menghasilkan informasi yang valid dan apa adanya sesuai dengan yang diberikan oleh informan atau sumber informasi."

23. "Jurnalis mengatakan sesuatu yang mereka tahu tidak benar, dengan harapan bahwa jika mereka terus mengatakannya cukup lama itu akan menjadi kenyataan." - Arnold Bennett

24. "Banyak orang yang menganggap bahwa seorang jurnalis adalah pekerjaan yang mudah dan menyenangkan, tetapi mereka lupa dengan perjuangan kami yang turun sampai ke pelosok demi mendapatkan seonggok informasi."

25. "Alasan kecil mengapa para novelis makin menjauhkan diri dari para jurnalis adalah bahwa para novelis berusaha untuk menulis kebenaran dan para jurnalis berusaha menulis fiksi." - Graham Greene

26. "Kepengarangan yang memiliki faal (perbuatan) sosial pada gilirannya harus pula bersambung dengan pers yang progesif." - Pramoedya Ananta Toer

27. "Sebenarnya, saya lulus dari universitas sebagai jurnalis." - Hugh Jackman

28. "Jurnalis tidak hidup dengan kata-kata saja, meski terkadang mereka harus memakannya." - Adlai E. Stevenson II

 

Sumber: Kosngosan, Jagokata

Yuk, baca artikel kata-kata bijak lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer