Sukses


Contoh Daftar Riwayat Hidup bagi Fresh Graduate

Bola.com, Jakarta - Curriculum Vitae atau biasa disingkat CV adalah daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Dalam CV terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat pekerjaan lainya.

Ketika Anda ingin melamar pekerjaan, perusahaan pasti akan meminta untuk menyertakan sejumlah berkas persyaratan. Satu di antara berkas yang wajib disertakan adalah daftar riwayat hidup.

Setiap perusahan biasanya memiliki aturan tersendiri terkait bentuk CV. Ada perusahaan yang meminta calon karyawan meminta CV dalam bentuk cetak atau print. Ada pula yang meminta CV dengan tulisan sendiri.

Ada banyak jenis contoh surat daftar riwayat hidup tangan, isi di dalam daftar riwayat hidup juga beragam. Ada yang menuliskan daftar riwayat hidup dengan sangat detail.

Ada juga yang menuliskan informasi probadi dengan singkat dan padat, sementara yang lain menuliskan tanpa pengalaman kerja karena berstatus fresh graduate.

Membuat daftar riwayat hidup terbilang cukup mudah. Namun, bagi para lulusan baru atau fresh graduate akan mengalami sedikit kesulitan terkait pembuatan daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Namun, Anda tak perlu khawatir, dalam artikel ini ada contoh cara pembuatan daftar riwayat hidup baik cetak maupun tulis. Berikut contohnya dikutip dari laman Mpssoft, Selasa (28/7/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Versi Tulisan

  1. Siapkan kertas yang bersih saat akan membuat daftar riwayat hidup, pastikan kertas yang digunakan tidak robek atau terlipat.
  2. Tulislah daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan sendiri, usahakan tidak membuat coretan yang tidak perlu karena akan membuat daftar riwayat hidup terlihat tidak rapi. Gunakanlah tinta biru atau hitam pada saat menulisnya.
  3. Isi daftar riwayat hidup secara terurut, mulai nama, tanggal lahir, tempat tinggal, dan alamat lalu riwayat pendidikan yang berurutan, mulai SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.
  4. Jujurlah dalam mengisi informasi yang ada di dalam daftar riwayat hidup. Pastikan informasi yang dibuat merupakan asli dan berdasarkan keadaan anda sekarang.
  5. Anda juga dapat mengisi pendidikan informal ke dalam daftar riwayat hidup.
  6. Tulis juga pengalaman yang pernah dilakukan, namun jika Anda fresh graduate, tidak perlu untuk menulisnya.
  7. Jika perusahaan meminta untuk disertakan pas foto, Anda dapat menempelkannya di bagian kanan atas surat daftar riwayat hidup.
  8. Di akhir daftar riwayat hidup, Anda dapat menyertakan tanda tangan di bagian kanan bawah surat daftar riwayat hidup.
3 dari 3 halaman

Contoh Daftar Riwayat Hidup bagi Fresh Graduate

Daftar Riwayat Hidup

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  1. Nama: Catur Nugroho
  2. Jenis Kelamin: Laki-Laki
  3. Tempat Tanggal Lahir: Pekan Baru, 15 Mei 1994
  4. Status: Belum Kawin
  5. Alamat: Jl. Merdeka No 14 Kel. Pancoran, Kec. Medan Barat, Jakarta Barat 5000
  6. Kewarganegaraan: Indonesia
  7. Agama: Islam
  8. Nomor Handphone: 0811 **** ****
  9. Email: catur@gmail.com

 

Pendidikan:

  1. SD Alwashliyah 19 Jakarta 2000 – 2006
  2. SMP Negeri 1 Jakarta 2006 – 2010
  3. SMA Pelita Harapan 2010 – 2013
  4. Universitas Indonesia (Ekonomi) 2013 – 2018

Pengalaman Organisiasi:

  1. Anggota badan esekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2014-2015.

 

Minat dan keahlian:

  1. Mampu berbicara bahasa Inggris dengan baik
  2. Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing
  3. Suka menulis
  4. Mampu bekerja sama dalam tim

 

Hormat saya

 

Catur Nugroho

 

 

Sumber: Mpssoft

Video Populer

Foto Populer