Sukses


17 Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur, Bisa Meningkatkan Imunitas

Bola.com, Jakarta - Kesehatan merupakan bagian penting dalam kehidupan setiap orang. Ada beberapa hal yang bisa memengaruhi kesehatan, antara lain aktivitas fisik, pola makan, istirahat, dan penyakit.

Itulah mengapa, penting untuk bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan agar tidak terserang virus atau penyakit. Satu di antara yang bisa dilakukan untuk bisa sehat ialah melakukan aktivitas fisik.

Jadi, aktivitas fisik adalah pergerakan anggota tubuh yang bisa menyebabkan keluarnya tenaga. Hal itu sangat penting untuk memelihara kesehatan fisik, mental, dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat serta bugar sepanjang hari.

Jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan sehari-hari, antara lain belajar, berjalan kaki, berkebun, kerja di taman, mencuci pakaian, mencuci mobil, mengepel lantai, naik turun tangga, dan lainnya.

Sedangkan jenis olahraga yang bisa dilakukan, yaitu push-up, lari ringan atau jogging, bermain bola, berenang, senam, yoga, fitness, angkat beban, dan aktivitas olahraga lainnya.

Dengan melakukan aktivitas fisik sekitar 30 menit dalam sehari bisa meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru serta alat tubuh lainnya. Jika kegiatan ini dilakukan setiap hari secara teratur, terukur, dan berkelanjutan, maka dalam waktu tiga bulan ke depan akan terasa hasilnya.

Ada beberapa manfaat jangka panjang yang ditimbulkan dari melakukan aktivtas fisik secara teratur. Apa saja manfaat yang diperoleh?

Berikut ini rangkuman mengenai manfaat jangka panjang melakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti dilansir dari laman sma1banda.sch.id, Selasa (20/10/2020).

2 dari 10 halaman

Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

1. Mengontrol berat badan

Melakukan aktivitas secara teratur dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau membantu dalam penurunan berat badan. Hal itu dikarenakan aktivitas fisik dapat membakar kalori.

Makin tinggi intensitas aktivitas fisik, makin banyak kalori yang dibakar. Jika tidak punya waktu untuk berolahraga secara teratur, lakukan aktivitas kecil dalam hidup kita sehari-hari

2. Meningkatkan semangat, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi stres

Berjalan kaki selama 30 menit dapat membantu mengurangi stres dan emosional. Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat perasaaan lebih bahagia dan lebih santai, dan lebih baik dalam penampilan serta dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Berolahraga di tempat senam atau berjalan cepat selama 30 menit dapat membantu memperbaiki suasana hati kita. Aktivitas fisik merangsang produksi berbagai bahan kimia dalam otak yang berhubungan dengan perasaan bahagia dan relaksasi.

3 dari 10 halaman

Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

3. Meningkatkan energi

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh. Latihan dan aktivitas fisik memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan dan membantu sistem kardiovaskular untuk bekerja lebih efisien.

Ketika jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien, akan memiliki lebih banyak energi untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Aktivitas fisik secara teratur bisa membantu seseorang untuk tidur lebih mudah atau lebih cepat. Hanya, usahakan untuk tidak berolahraga pada waktu yang terlalu larut malam.

4 dari 10 halaman

Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

5. Memperlancar sistem reproduksi

Aktivitas fisik yang teratur membuat tubuh lebih bugar dan lebih siap melakukan aktivitas fisik serta mengurangi stres. Di antara penyebab utama disfungsi sistem reproduksi adalah keletihan, stres, dan gangguan kesehatan yang mungkin dapat dicegah dengan berolahraga secara teratur.

Pria yang berolahraga secara teratur tidak memiliki masalah dengan disfungsi sistim reproduksi ketimbang pria yang tidak berolahraga. Selain efek positif secara fisik, berolahraga secara teratur memiliki efek baik secara psikis atau mental terhadap kesehatan yaitu berupa kesadaran menerapkan pola hidup sehat.

6. Menyenangkan

Aktivitas fisik dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Aktivitas ini memberi kesempatan untuk bersantai, menikmati alam atau hanya melakukan kegiatan yang membuat bahagia.

Aktivitas fisik juga dapat membantu terhubung dengan keluarga atau teman dalam kehidupan sosial yang menyenangkan.

5 dari 10 halaman

Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

7. Mengurangi risiko terkena penyakit kronis

Aktivitas fisik secara teratur mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan tingkat trigliserida yang berbahaya bagi tubuh.

Selanjutnya, aktivitas fisik secara teratur mampu meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah. Hal itulah yang dapat mengurangi kekhawatiran kita akan stroke, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, depresi, berbagai jenis kanker, dan arthritis.

8. Meningkatkan kebugaran

Aktivitas fisik secara teratur memperkuat otot dan meningkatkan pasokan oksigen dan nutrisi ke jaringan sehingga sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien.

Ketika jantung dan paru-paru bekerja 100 persen dari potensi mereka, kelelahan yang akan terasa umumnya akan berkurang secara signifikan.

6 dari 10 halaman

Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

9 Meningkatkan ketahanan fisik

Orang yang biasa melakukan aktivitas fisik secara teratur mempunyai daya tahan fisik yang lebih lama untuk bekerja.

10. Mencegah gangguan metabolisme

Gangguan metabolisme seringkali disebabkan ketidakseimbangan biokimia tubuh seperti glukosa, kolesterol, trigliserida, asam urat, sodium, dsb. Padahal, dalam kadar normal, zat-zat tersebut diperlukan untuk membantu metabolisme tubuh.

Olahraga secara teratur dapat membantu memperbaiki keseimbangan biokimia tubuh.

7 dari 10 halaman

Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

11. Membuat awet muda

Aktivitas fisik secara teratur/berolahraga membantu melancarkan aliran darah yang membawa oksigen dan membuang racun (detoksifikasi) pada seluruh tubuh sehingga membuat kulit segar dan halus.

12. Meningkatkan imunitas

Aktivitas fisik secara teratur/olahraga teratur dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap virus atau penyakit, seperti batuk, influenza, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

8 dari 10 halaman

Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

13. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Penelitian yang dilakukan selama beberapa tahun pada laki-laki dan wanita menunjukkan manfaat olahraga dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular telah dilaporkan menurun sekitar 20-35 persen pada pria dan wanita yang melakukan aktivitas fisik.

14 Menurunkan risiko diabetes

Studi menunjukkan risiko terkena diabetes tipe 2 berkurang dengan peningkatan aktivitas fisik. Risiko diabetes tipe 2 sangat tinggi pada mereka yang kelebihan berat badan akibat perubahan gaya hidup.

Dokter menyarankan aktivitas fisik yang dilakukan dengan cukup intens hingga berkeringat dapat mengurangi risiko pengembangan diabetes tipe 2.

Penurunan berat badan yang dilakukan dengan jalan perubahan pola makan sehat yang digabungkan dengan aktivitas fisik yang intens dapat menurunkan risiko diabetes pada pasien kelebihan berat badan.

9 dari 10 halaman

Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

15. Memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis 

Osteoporosis adalah gangguan tulang degeneratif yang sering dialami oleh pria atau wanita paruh baya. Namun, Osteoporosis lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pada dengan pria.

Penelitian tentang hubungan osteoporosis dan aktivitas fisik khusus latihan ketahanan, menunjukkan peningkatan kepadatan mineral tulang. Hal itulah yang dapat mengurangi risiko osteoporosis, terutama pada pria atau wanita paruh baya dan usia lanjut.

Aktivitas fisik juga bisa mengurangi risiko patah tulang yang sering memengaruhi usia. Orang yang aktif secara fisik memiliki risiko lebih rendah patah tulang, dibandingkan dengan orang secara fisik tidak aktif.

16. Meningkatkan kesehatan psikologis

Kesehatan psikologis atau mental seseorang tak kalah penting dibanding dengan kesehatan fisik. Olahraga teratur juga disebutkan sangat efektif untuk mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Aktivitas fisik dan mental tidak ada hubungannya dengan standar sosial atau ekonomi, tua atau muda dan atau jenis kelamin. Pola ini diamati terutama pada wanita dan pria 40 tahun keatas yang aktif secara fisik.

10 dari 10 halaman

Memperkuat Tulang

17. Meningkatkan kesehatan otak

Terlepas dari kesehatan mental di atas, kesehatan otak juga berperan penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Sebuah studi menunjukkan kesehatan otak bisa ditingkatkan dengan aktivitas fisik, dan hasil dari aktivitas fisik dapat diwujudkan pada tahap kehidupan yang memengaruhi kesehatan otak.

 

Sumber: Web SMAN 1 Maluku Tengah

Video Populer

Foto Populer