Sukses


Termasuk Yoghurt, 6 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Pengidap Asam Lambung

Bola.com, Jakarta - Para pengidap asam lambung atau yang biasa dikenal dengan maag, tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan karena beberapa jenis makanan dapat meningkatkan asam lambung dalam tubuh.

Jika tidak segera ditangani dan dibiarkan begitu saja, asam lambung dapat merusak berbagai jaringan yang ada dalam perut.

Asam lambung di dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh gaya hidup kita setiap harinya. Makin sehat gaya hidup yang kita praktikkan, makin sedikit pula risiko terkena persoalan asam lambung.

Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari pengidap asam lambung, seperti makanan terlalu banyak lemak, makanan pedas, cokelat, dan juga kopi.

Jika asupan makanan tidak diperhatikan dan dijaga, keadaan asam lambung akan menjadi tambah parah, dan menyebabkan pengidapnya mengalami kram dan sakit pada bagian perut.

Untuk meredakan asam lambung, biasanya seseorang akan mengonsumsi obat yang dapat mengurangi gejalanya. Selain itu, Anda harus menghindari stres agar asam lambung tidak menjadi lebih parah.

Ada berbagai makanan yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam lambung dan dapat membantu meredakannya, sehingga dapat dikonsumsi setiap hari.

Berikut Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/5/2020), enam jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita asam lambung.

2 dari 4 halaman

Yogurt

1. Yoghurt

Saat yoghurt dikonsumsi dalam porsi yang tepat dan tidak terlalu berlebihan, yoghurt dapat mengurangi asam lambung yang terkadang menyakitkan.

Yoghurt memiliki efek menenangkan bagi perut sehingga dapat mengurangi asam lambung. Selain itu, probiotik di dalam yoghurt bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut secara keseluruhan.

2. Sayuran Hijau

Seperti yang diketahui, sayuran hijau kaya kandungan nutrisi dan dapat bermanfaat bagi tubuh. Satu di antara zat yang terkandung di dalam sayuran hijau adalah serat.

Serat dalam sayuran hijau dapat membantu menurunkan kadar asam lambung. Bagi para penderita asam lambung, disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau setiap harinya agar kadar asam lambung dapat terjaga.

3 dari 4 halaman

Apel

3. Apel

Buah apel cukup populer di seluruh dunia. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu menyehatkan tubuh.

Apel mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan potasium yang cukup efektif mengurangi gejala asam lambung.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah apel, usahakan untuk mengonsumsi buah apel beserta kulitnya. Anda juga bisa membuat jus dari buah apel dengan tidak mencampurkan bahan tambahan apa pun.

4. Oatmeal

Oatmeal sering dikonsumsi sebagai hidangan saat sarapan atau makan pagi. Kandungan serat yang cukup tinggi pada oatmeal dapat membantu menyehatkan perut dan membuat perut kenyang lebih lama.

Serat yang terkandung dalam oatmeal dapat mengurangi kadar lemak dan gula yang ada dalam tubuh, yang biasanya menjadi penyebab munculnya asam lambung.

Untuk menikmati oatmeal, Anda dapat mencampurkan yogurt dan berbagai macam jenis buah agar rasanya menjadi lebih enak dan tidak terasa hambar.

4 dari 4 halaman

Jahe

5. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang sering dijadikan sebagai obat alami untuk meredakan berbagai penyakit, satu di antaranya meredakan asam lambung.

Jahe memiliki kandungan antiinflamasi yang efektif menjaga sistem pencernaan, kesehatan perut, dan mengurangi gejala yang terkadang timbul karena asam lambung.

Anda dapat mengonsumsi jahe dangan cara menyeduhnya sebagai minuman hangat atau mecampurkannya pada masakan yang sedang Anda masak.

6. Daging Tanpa Lemak

Daging yang memiliki lemak terlalu tinggi terkadang dapat meningkatkan asam lambung, sehingga untuk pengidap asam lambung disarankan untuk mengonsumsi daging yang tidak memiliki lemak.

Daging yang tidak memiliki lemak dapat dengan mudah dicerna oleh lambung. Anda dapat memilih daging tanpa lemak, seperti dada ayam atau ikan air tawar.

Untuk mengonsumsinya, usahakan untuk tidak menggorengnya karena proses penggorengan akan menambah kandungan lemak pada daging tersebut.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer