Sukses


5 Manfaat Udang untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bantu Cegah Kanker

Bola.com, Jakarta - Udang merupakan salah satu jenis hewan laut yang bisa dikonsumsi dan masuk ke dalam menu aneka hidangan laut (seafood). Udang mudah ditemui di perairan Indonesia dengan harga yang bervariatif tergantung dari ukurannya.

Masyarakat Indonesia biasanya mengolah udang menjadi sup, aneka sambal udang, semur udang, tumis, dan lain sebagainya. Udang memiliki tekstur gurih dan dagingnya lembut, sehingga membuat makanan ini semakin disukai banyak orang.

Udang atau shrimp and prawn bisa hidup di dua perairan, yakni udang air tawar dan udang laut. Meski berbeda, kandungan dalam hewan yang satu ini tetap sama dan sangat diperlukan oleh kesehatan tubuh.

Menurut Healthline, udang merupakan sumber protein cukup tinggi. Udang juga memiliki nutrisi baik seperti vitamin B12 dan fosfor. Udang juga mengandung kalsium, yodium, sampai asam lemak omega-3.

Kandungan merkuri dalam udang juga tergolong rendah dibandingkan dengan makanan laut lainnya, sehingga aman untuk dikonsumsi. Lalu, apa saja manfaat udang?

Berikut Bola.com mengumpulkan ragam manfaat udang bagi kesehatan dan kecantikan yang sering terabaikan, seperti melansir dari berbagai sumber, Rabu (18/12/2019).

 

2 dari 7 halaman

1. Mencegah Kanker

Manfaat udang yang pertama adalah dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Ada kandungan selenium pada udang yang dapat mencegah berbagai jenis kanker, terutama kanker prostat.

Selain itu, senyawa zinc dalam udang berperan penting dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat. Asupan zinc atau seng yang dibutuhkan oleh tubuh sekitar 10-15 miligram setiap harinya. Dengan mengonsumsi udang, kebutuhan tubuh terhadap zat tersebut akan terpenuhi.

Sebuah studi menemukan kombinasi kandungan sulforaphane dan selenium dalam udang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap kanker sebanyak 13 kali lipat.

Selain udang, makanan yang kaya akan suforaphane antara lain adalah brokoli, dan sayuran hasil silangan lainnya. Bahkan kandungan ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

3 dari 7 halaman

2. Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor dalam udang merupakan dua zat yang bermanfaat dalam membentuk tulang dan gigi yang kuat. Udang sebaiknya dimakan bersama cangkangnya, karena kulit udang mengandung "glucosamine" yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang.

Penipisan atau kerusakan pada tulang rawan akan mengakibatkan nyeri yang hebat pada persendian, yang biasa disebut sebagai pengapuran. Kalisum juga dapat memengaruhi kinerja otot, hormon, fungsi saraf dan kemampuan pembekuan darah.

Sejumlah penelitian menemukan kalsium dalam udang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan sindrom pramenstruasi dan baik untuk menurunkan berat badan.

 

4 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tak kalah dengan ikan, udang juga merupakan makanan laut yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Kandungan tersebut baik untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Melansir dari halodoc, nutrisi dalam udang mampu menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara mengontrol kadar trigliserida. Bahkan, asam lemak dalam udang juga bermanfaat untuk mencegah radang sendi, depresi, Alzheimer, asma serta baik untuk ibu hamil.

 

5 dari 7 halaman

3. Mengurangi Risiko Depresi

Kandungan asam lemak esensial dan omega-3 dalam udang juga dapat mengurangi risiko stres hingga depresi. Sebuah studi membuktikan kandungan omega-3 dapat memberikan perlindungan kuat terhadap depresi dan dapat membantu meningkatkan mood. Selain itu, omega-3 dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Selain kandungan omega-3, udang juga mengandung vitamin B12, yang merupakan nutrisi penting sebagai penunjang produksi sel darah merah sehingga dapat membantu mencegah penyakit anemia.

Nutrisi ini juga dapat membantu pembuatan DNA, material genetis yang terdapat pada tiap sel. Dengan begitu, sistem metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak dalam sel tubuh juga berlangsung sempurna.

 

6 dari 7 halaman

4. Cegah Penuaan Dini

Selain untuk kesehatan, udang juga mengandung antioksidan, seperti selenium, yang dapat mencegah kerusakan sel penyebab penuaan dini akibat radikal bebas. Selain itu, udang memiliki senyawa antioksidan astaxanthin yang membantu mengatasi peradangan.

Udang juga memiliki kandungan niasin yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik.

 

7 dari 7 halaman

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Kecantikan bukan hanya kulit yang bersih dan terawat, tetapi juga perlu memerhatikan rambut. Rambut adalah mahkota semua orang yang harus dijaga kesehatan dan kekuatannya.

Anda bisa menjaga kesehatan dan kecantikan rambut dengan mengonsumsi udang. Asupan protein sangat penting dalam perawatan kesehatan rambut maupun kulit Anda.

Kandungan protein merupakan bagian yang terkandung dalam tiap jaringan sel hidup. Nutrisi ini terdapat dalam udang yang merupakan sumber protein sangat cukup tinggi.

Sumber: Healthline, Halodoc

Video Populer

Foto Populer