Sukses


6 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan, Obat Alami Cegah Kanker

Bola.com, Jakarta - Tomat termasuk kategori buah-buahan, walau sering disangka sayuran. Tomat mudah ditemukan dan buah ini yang tidak mengenal musim sehingga bisa dinikamti kapanpun.

Tomat memiliki rasa yang khas, membuat masakan memiliki cita rasa yang lebih kaya dan istimewa.

Tomat dapat menunjang dan menjadikan gaya hidup menjadi lebih sehat secara alami.

Mengonsumsi tomat merupakan langkah yang bijak agar tubuh Anda tetap stabil, segar, dan bugar. Tomat memiliki kandungan air yang melimpah.

Tomat juga memiliki kadar kalori yang rendah, yaitu hanya 18 kalori per 100 gram. Tomat memiliki sebuah zat bernama likopen, satu di antara sifat antioksidan yang diduga berguna dalam memerangi kanker.

Manfaat kesehatan dari tomat termasuk meningkatkan penglihatan, kesehatan perut yang baik serta mengurangi tekanan darah.

Seperti dilansir dari Halodoc, tomat juga memiliki kandungan vitamin C, kalium, folat, dan vitamin K yang membantu menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit berbahaya.

Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan tubuh Anda, seperti dilansir Bola.com dari berbagai sumber, Rabu (8/4/2020).

2 dari 7 halaman

1. Mencegah Kanker

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, tomat juga memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas yang masuk ke tubuh mampu memicu beberapa jenis kanker.

Dengan mengonsumsi buah tomat secara rutin mampu menangkal perkembangan sel kanker karena tomat memiliki kandungan likopen. Likopen ini yang memberikan warna merah pada buah tomat.

3 dari 7 halaman

2. Menjaga Tekanan Darah

Tomat mampu menjaga tekanan darah tetap sehat, yang berarti melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit kardio, seperti kolesterol, jantung, hingga stroke. Mengonsumsi tomat secara teratur mampu mengobati hipertensi.

4 dari 7 halaman

3. Menjaga Kesehatan Mata

Tomat kaya akan likopen dan fitonutrien seperti beta-karoten dan vitamin C. Selain itu, tomat kaya akan vitamin A yang dapat menghambat bakteri dan virus yang masuk melalui permukaan mata, selaput lendir, dan juga kulit mata, sehingga dapat mencegah adanya infeksi pada mata.

Tomat juga memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat dibutuhkan mata.

Kandungan lutein yang ada dalam tomat terbukti mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

5 dari 7 halaman

4. Mengurangi Risiko Stroke

Kandungan likopen yang ada dalam tomat membantu mengurangi risiko terjangkit stroke. Rutin mengonsumsi tomat dapat mengurangi peradangan, mencegah pembekuan darah, dan memperkuat kekebalan tubuh karena fungsi dari sifat antioksidan yang terkandung di dalamnya.

6 dari 7 halaman

5. Menjaga Berat Badan

Buah tomat memiliki kandungan rendah kalori, karbohidrat, dan lemak sehingga mampu menjaga berat badan Anda. Tomat dapat mencukupi kebutuhan nutrisi pada saat diet.

7 dari 7 halaman

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

Vitamin C yang ada dalam tomat dibutuhkan untuk sintesis kolagen. Selain itu, sifat antioksidan dan likopen diperkirakan memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Rutin mengonsumsi tomat yang kaya akan serat membantu dalam mengelola kadar insulin dan memperkecil risiko gangguan kesehatan pada kulit, seperti keriput, kulit kendur, noda, dan efek kesehatan lain yang merugikan kulit.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer