Sukses


Mencegah Diabetes, ini 6 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Wortel merupakan satu di antara jenis sayuran yang menyehatkan tubuh. Secara umum, wortel dikenal sebagai sayuran yang dapat menyehatkan mata.

Biasanya wortel dijadikan jus atau sebagai campuran sup, atau makanan pendamping saat menyantap daging steak.

Wortel menjadi satu di antara sayuran yang sangat menyehatkan karena wortel kaya kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin K, vitamin C, dan vitamin B.

Sayuran yang satu ini juga kaya akan beta karoten, senyawa yang dapat membantu untuk menangkal berbagai jenis macam penyakit.

Selain itu, wortel bisa dijadikan obat penawar infeksi yang cukup ampuh.

Konsumsilah wortel dalam kondisi mentah atau membuatnya dalam bentuk jus, secara rutin.

Usahakan memilih wortel organik yang segar dan tidak layu, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Berikut Bola.com telah merangkum dari beberapa sumber, enam manfaat wortel untuk kesehatan, Kamis (16/4/2020).

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Penglihatan

1. Meningkatkan Penglihatan

Saat Anda mendengar wortel, yang terlintas di benak pasti sebuah sayuran yang sangat sehat untuk mata. Wortel memang terbukti menjadi bahan makanan yang dapat menyehatkan keadaan mata.

Hal tersebut karena wortel kaya akan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A saat masuk ke hati. Vitamin A diubah di dalam retina menjadi rhodopsin, sebuah pigmen ungu yang diperlukan mata untuk penglihatan malam.

Beta karoten juga telah terbukti dapat mengurangi risiko kehilangan atau gangguan penglihatan. Mereka yang rutin mengonsumsi wortel atau meminum jus wortel, memiliki risiko lebih rendah mengalami kerusakan mata.

2. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Mengonsumsi wortel secara rutin terbukti dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker usus besar.

Hal itu dapat terjadi karena senyawa falcarinol dan falcarindiol yang terdapat dalam wortel sangat dipercaya dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Falcarinol adalah senyawa pestisida alami yang diproduksi oleh wortel itu untuk melindungi akarnya dari penyakit jamur.

Para pria yang mengonsumsi wortel setidaknya tiga kali dalam satu minggu, memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah, dan dapat mengurangi sekitar 18 persen risiko terkena tumor.

3 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa studi menunjukan beta karoten, alpha karoten, dan lutein dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Mengonsumsi wortel dengan berbagai cara dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

Selain itu, serat yang terdapat pada wortel juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, karena serat larut dalam wortel mengikat dengan asam dalam empedu. Usahkan mencari wortel yang segar dan membuat jus tanpa campuran apa pun.

4. Anti-Penuaan Dini

Mengonsumsi wortel dengan rutin dan sesuai porsi yang cukup dapat menghambat penuaan dini. Kandungan beta karoten dalam wortel yang cukup tinggi dapat dijadikan antioksidan.

Antioksidan dapat menangkal kerusakan sel-sel yang ada dalam tubuh, yang dapat dilakukan oleh tubuh itu sendiri melalui sistem metabolisme. Hal tersebut membantu menghambat penuaan dini.

4 dari 4 halaman

Membantu Mencegah Diabetes

5. Mencegah Diabetes

Mengonsumsi wortel dapat membantu usaha pencegahaan terhadap diabetes. Jus wortel dapat menstabilkan gula darah dan sangat kaya akan silikon dan kalium.

Beta karoten yang ada dalam wortel juga merupakan antioksidan yang sangat baik bagi darah. Beta karoten telah terbukti dapat menurunkan kadar insulin sebesar 32 persen.

6. Melawan Infeksi

Wortel juga dapat membantu dalam melawan berbagai macam penyakit dengan berbagai kandungan vitaminnya, seperti vitamin A, B-6, C, dan E. Semua vitamin tersebut memiliki fungsinya sendiri dalam sistem imun tubuh.

Sayuran yang berasal dari akar ini juga dapat melawan dan mencegah infeksi. Anda dapat menumbuk wortel mentah yang telah dibersihkan dan mengoleskan pada luka yang Anda miliki.

Sumber: Real Food for Life dan Health Fitness Revolution

Video Populer

Foto Populer