Sukses


Dapat Menurunkan Kolesterol, Ini 7 Manfaat Mengonsumsi Brokoli Bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Brokoli adalah satu di antara sayur yang cukup populer di dunia. Sayuran hijau ini sehat dan lezat untuk dijadikan berbagai macam masakan.

Brokoli dikenal sebagai sayuran sehat bukan tanpa alasan. Brokoli mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati beberapa penyakit.

Anda dapat memasak brokoli dengan berbagai cara. Merebus dan dijadikan camilan, sebagai campuran sup, atau sebagai campuran membuat smoothie hijau yang sangat menyehatkan.

Dengan kandungan berbagai nutrisi yang banyak, sayuran ini sangat dianjurkan di daftar menu diet Anda. Selain baik untuk tubuh, brokoli juga dapat mengatur gula darah.

Untuk mendapatkan manfaat dari brokoli, carilah brokoli dalam keadaan segar dan tidak layu untuk diproses menjadi makanan, sehingga Anda tidak kehilangan nutrisi vitamin A, B, C, D, E, dan K.

Anda bisa mendapatkan brokoli di setiap tempat yang menjual sayuran, yakni pasar tradisional dan juga supermarket. Usahakan untuk mencari brokoli organik untuk menghindari bahan kimia.

Brokoli juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti serat, magnesium, kalium, dan fosfor yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ada beberpa manfaat dari brokoli yang mungkin perlu Anda ketahui sehingga dapat mengonsumsinya secara rutin. Satu di antaranya dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Berikut Bola.com merangkum dari Times of India, 7 manfaat mengonsumsi brokoli bagi tubuh.

2 dari 4 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Seperti kebanyakan sayuran lainnya, brokoli mengandung serat yang cukup banyak yang dapat melarutkan kolesterol untuk keluar dari tubuh. Serat yang terkandung dalam brokoli membantu mengikat kolesterol dengan asam empedu di dalam pencernaan.

Ini membantu koleterol yang akan keluar dari tubuh kita dengan lebih mudah. Dari hasil beberpa penelitian, brokoli dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh hingga 6%.

2. Mencegah Kanker

Brokoli yang dicampurkan dalam berbagai jenis sayuran seperti kembang kol dan kubis, dapat membantu Anda mecegah berbagai macam jenis kanker dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Brokoli dipercaya sangat ampuh untuk mencegah kanker payudara dan juga kanker rahim bagi wanita yang sedang hamil.

3. Mengurangi Alergi dan Peradangan

Brokoli dapat membantu untuk megurangi peradangan yang terjadi pada tubuh. Ini karena brokoli mengandung asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai antiinflamasi yang cukup kuat.

Dengan hal itu, sayuran ini dapat membantu seseorang yang menderita artritis, karena brokoli mengandung sulforaphane, senyawa yang menghambat enzim yang dapat menyebabkan kerusakan sendi dan menyebabkan peradangan.

3 dari 4 halaman

Mengandung Antioksidan

4. Mengandung Antioksidan

Brokoli mengandung antioksidan yang kuat dan dapat membantu tubuh dalam menangkal berbagai macam penyakit. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Brokoli kaya akan kandungan kalsium dan juga vitamin K yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi brokoli secara rutin, kita dapat menghindarkan masalah yang sering timbul pada tulang seperti osteoporosis.

Selain kalsium dan vitamin K, brokoli juga mengandung nutrisi seperti mangesium, fosfor, dan seng, yang sangat baik untuk kesehatan tulang anak-anak dan kesehatan ibu hamil.

 

4 dari 4 halaman

Makanan Baik Untuk Diet

6. Makanan Baik Untuk Diet

Brokoli adalah sumber makanan yang baik dan kaya serat yang dapat membantu pencernaan, mencegah sulit buang air besar, mengontrol gula darah, dan dapat mengurangi nafsu makan berlebihan.

Dengan serat yang terkandung, sayuran ini dapat dijadikan makanan untuk membantu menurunkan berat badan, karena serat yang ada pada brokoli membantu kita untuk kenyang lebih lama.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli mengandung beta karoten, vitamin A, fosfor, vitamin B kompleks, dan vitamin C, nutrisi-nutrisi tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Mengonsumsi brokoli secara rutin dapat membantu melindungi mata dari berbagai gangguan seperti katarak dan berbagai masalah lain yang sering diakibatkan oleh radiasi yang mengenai mata.

Sumber: Times of India

Video Populer

Foto Populer