Sukses


6 Alasan Mengapa Menangis Baik untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Menangis merupakan hasil ungkapan perasaan yang bersifat emosional, seperti merasakan sedih, bahagia, dan terharu. Di balik air mata yang keluar, memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Terkadang menangis dipandang sebagai sebuah ungkapan emosi yang negatif oleh sebagian orang. Stigma lemah dan cengeng kerap muncul. Hal inilah yang terkadang membuat sebagian besar kalangan memilih menahan diri untuk tak menangis, khususnya kalangan pria.

Padahal, faktanya, menangis juga dapat melepaskan stres yang dimiliki seseorang karena mengalami masalah yang berkaitan langsung dengan emosi. Jika dibiarkan, akan memberikan efek negatif.

Siapa saja bisa dan boleh menangis dan mengeluarkan air mata karena baik untuk kesehatan mental dan fisik.

Namun, menangis yang terlalu lama dan terlalu sering tidak baik untuk kesehatan fisik, khususnya terhadap kesehatan mata. Gejala yang timbul adalah mata akan menjadi merah dan membengkak.

Ada beberapa manfaat baik ketika kita menangis. Dengan begitu, ada baiknya Anda tak lagi menahan tangis.

Berikut Bola.com merangkum dari Daily Entertainment, enam alasan mengapa menangis atau mengeluarkan air mata baik untuk kesehatan, Jumat (1/5/2020).

2 dari 4 halaman

Mengurangi Stres

1. Mengurangi Stres

Saat Anda menangis, hal tersebut akan mengurangi hormon stres yang disebut koristol dari dalam tubuh. Meski kortisol memiliki beberapa manfaat, orang yang rentan terhadap stres memiliki kadar yang lebih tinggi dan cukup berbahaya bagi pikiran dan tubuh.

Menangis dapat menguragi kadar koristol, yang pada akhirnya dapat mengurangi rasa stres. Jika Anda merasakan sedikit stres, carilah ruang sendiri, dan cobalah untuk meluapkan emosi Anda dengan menangis.

2. Memiliki Efek Antibakteri

Satu di antara manfaat dari menangis untuk kesehatan yang mungkin tidak banyak orang tahu adalah efek antibakteri. Menangis cukup efektif dalam menghilangkan bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Air mata mengandung enzim isozim, dan beberapa ilmuwan percaya bahwa enzim ini dapat membunuh bakteri kurang dari 15 menit. Lisozim dapat menghancurkan dinding sel bakteri, yang pada akhirnya akan mengakibatkan penghancuran bakteri.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Penglihatan

3. Meningkatkan Penglihatan

Manfaat menangis lainnya adalah dapat meningkatkan penglihatan. Air mata memiliki kemampuan untuk melumasi kelopak mata dan bola mata, sehingga mata tetap terjaga kelembapannya dan jauh dari mata kering.

Mata yang kering dapat memengaruhi penglihatan, dan terkadang menyebabkan penglihatan menjadi buram. Namun, air mata dapat mengurangi risiko hilangnya penglihatan, dengan cara melembabkan mata.

4. Membantu Bernapas Pada Bayi

Bayi yang baru lahir biasanya akan terus menangis dan tangisan bayi mungkin menjadi hal yang menjengkelkan bagi sebagian orang. Namun, menangis adalah hal baik untuk kesehatan bayi.

Bayi yang tidak menangis sesaat setelah lahir adalah petanda yang tidak baik bagi kesehatan bayi. Hal itu menandakan bahwa bayi tidak dapat bernapas dengan baik. Dengan hal itu, biasanya dokter akan berusaha membuat bayi menangis agar mereka dapat bernapas dengan lancar.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Suasana Hati

5. Meningkatkan Suasana Hati

Suasana hati sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya kita mencoba untuk meningkatkan suasana hati dengan mendengarkan musik atau bercanda dengan teman.

Namun, sebenarnya ada hal dapat meningkatkan suasana hati Anda secara alami, yaitu menangis. Menangis dapat meningkatkan suasana hati karena merupakan antidepresan alami yang dapat mengurangi rasa stres.

Menangis sebenarnya dianggap sebagai teknik yang dapat dilakukan untuk menenangkan diri. Dengan begitu, orang dengan gangguan yang berhubungan dengan suasana hati atau masalah kecemasan, disarankan untuk tidak menahan tangis.

6. Kaya Kandungan Elektrolit

Air mata yang keluar saat menangis berasal dari kelenjar yang disebut kelenjar lacrimal di mata. Tidak banyak orang tahu bahwa air mata yang dihasilkan dari menangis memiliki elektrolit dan protein yang berguna bagi tubuh.

Ada beberapa elektrolit yang terkandung dalam air mata Anda, beberapa di antaranya adalah kalium, natrium, magnesium, seng dan, kalsium. Elektrolit tersebut sangat baik membantu menjaga kesehatan.

Sumber: Daily Entertainment

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer