Sukses


7 Manfaat Tepung Maizena yang Tak Terduga

Bola.com, Jakarta - Ada beraneka ragam jenis tepung, satu di antaranya tepung maizena. Tepung maizena terbuat dari bagian lapisan luar dari biji jagung dan melewati berbagai proses untuk bisa berbentuk seperti tepung.

Jenis tepung ini sering kali dikenal sebagai bahan untuk mengentalkan saus atau kuah pada makanan.

Kata maizena berasal dari sebuah merek tepung jagung yang berasal dari Meksiko.

Tepung maizena pertama kali "diciptakan" pada 1840 di Jersey City, Amerika Serikat, oleh Thomas Kingford.

Kandungan nutrisi tepung jagung per 100 gramnya terdiri dari 0,1 gram lemak, 9 mg natrium, 3 mg kalium, 91 gram karbohidrat, 0,9 gram serat pangan, 0,3 gram protein, 2 mg kalium, 0,5 mg zat besi, dan 3 mg magnesium. Selain itu, satu cangkir tepung maizena mengandung 488 kalori.

Tepung maizena atau cornstarch berbagai memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari yang jarang diketahui.

Di bidang kesehatan, tepung maizena sering dipakai sebagai sumber glukosa bagi penderita penyakit penyimpanan glikogen atau glycogen storage disease (GSD). Tepung ini tidak mengandung gluten yang apat menimbulkan gangguan pencernaan pada penderita penyakit celiac.

Lalu, apa aja manfaat tepung maizena ini? Berikut beberapa manfaat tepung maizena yang perlu kamu ketahui, seperti dirangkum dari Sehat Q dan Byrdie, Rabu (15/7/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Maizena

1. Masker untuk wajah berminyak

Tepung maizena memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Tepung ini bisa dijadikan bahan campuran dalam pembuatan masker wajah.

Dalam pembuatan masker tepung maizena, kamu bisa menambahkan bahan–bahan lainnya, seperti madu, perasan air lemon, minyak zaitun atau lainnya.

Tepung maizena juga bisa digunakan untuk scrub dalam lulur. Tepung maizena aman digunakan karena tidak mengandung mercury sehingga bisa mengurangi minyak berlebih yang ada pada wajah.

2. Mencegah anemia

Tepung maizena memiliki kandungan vitamin B dan asam folat yang berguna untuk mencegah anemia.

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Maizena

3. Bebas gluten

Bagi penderita celiac atau sensitif terhadap gluten, tepung maizena bisa menjadi opsi alternatif. Gluten merupakan jenis protein yang banyak ditemukan pada biji-bijian, seperti gandum hitam, atau dalam tepung terigu.

Penderita penyakit ini dapat merasakan gejala ringan hingga berat saat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Gejala paling umum yang sering dirasakan penderita penyakit celiac adalah diare, kembung, mual, sakit perut, dan sembelit.

Jika terus-menerus mengonsumsi makanan bergluten dalam jangka waktu lama, penderita penyakit celiac berisiko mengalami komplikasi serius, mulai malnutrisi hingga kanker usus halus. Kamu bisa memilih tepung maizena sebagai pengganti karbohidrat tinggi gluten lainnya.

4. Membantu penanganan hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah batas normal. Mengonsumsi tepung maizena mentah dapat memasok tubuh dengan aliran glukosa yang lambat dan stabil sehingga bisa mencegah hipglikemia.

Tepung jagung ini juga telah digunakan untuk mengatasi gula darah rendah pada penderita diabetes dan penyakit penyimpanan glikogen.

4 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Maizena

5. Memperkuat tulang

Jagung merupakan bahan dasar dalam pembuatan tepung maizena. Tepung maizena memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu tulang kita tetap kuat.

Tepung maizena mampu memenuhi kebutuhan zat besi harianmu.

6. Mengatasi minyak berlebih pada rambut

Selain digunakan sebagai masker wajah, tepung maizena juga bisa digunakan untuk atasi minyak berlebih pada rambut, khususnya wanita. Sebagian besar wanita memiliki rambut berminyak.

Sebenarnya, rambut berminyak merupakan tanda rambutmu sehat. Minyak yang ada di rambut berfungsi untuk melindungi rambut.

Bagi kamu wanita yang memiliki masalah minyak berlebih pada rambutmu, menggunakan tepung maizena bisa menjadi solusi. Caranya dengan menabur sedikit tepung maizena pada rambutmu.

5 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Maizena

7. Sumber energi instan

Manfaat lain dari tepung maizena bisa memberikan energi instan saat dikonsumsi. Tepung ini memiliki kandungan karbohidrat yang bisa diolah cepat oleh tubuh untuk dijadikan glukosa.

Di setiap satu sendok makan tepung maizena terdapat 8 gram karbohidrat. Tepung maizena cocok bagi mereka yang membutuhkan energi dalam jumlah besar.

Selain itu, mengonsumsi tepung maizena dapat mengatur fungsi organ tubuh lain, seperti menjaga pernapasan, detak jantung, serta kerja otak tetap optimal.

 

Sumber: Sehat Q, Byrdie

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer