Sukses


8 Manfaat Chia Seed, Makanan Super Sehat Penangkal Berbagai Penyakit

Bola.com, Jakarta - Chia seed merupakan satu di antara makanan super yang sangat menyehatkan. Hal tersebut karena chia seed mengandung karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral.

Sekilas, chia seed tampak mirip dengan biji selasih. Namun, sebenarnya keduanya merupakan dua tanaman yang berbeda.

Tanaman bernama latin Salvia Hispanica ini satu famili dengan tanaman mint. Chia seed tumbuh dan ditemukan di Amerika Utara dan Amerika Tengah, di mana biji-bijian tersebut dimanfaatkan sebagai makanan suku Aztec kuno.

Di Indonesia, chia seed menjadi satu di antara makanan organik favorit. Rasa dari chia seed sendiri cenderung hambar.

Chia seed dipercaya memiliki beberapa manfaat kesehatan dan satu di antaranya membantu menurunkan berat badan. Chia seed kini makin populer karena kandungan omega-3-nya yang sangat baik.

Biji tersebut juga merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh pada 10 gram per onsnya. Chia seed kerap dikonsumsi secara mentah atau dicampurkan dengan sereal, beras, yoghurt atau sayuran.

Berikut manfaat chia seed bagi kesehatan tubuh, dirangkum dari Honest Docs, Selasa (11/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Chia Seed bagi Kesehatan

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan serat, protein, dan omega-3 yang tinggi pada chia seed mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa, chia seed mampu menurunkan faktor risiko tertentu, termasuk trigliserida, peradangan, resistensi insulin, dan lemak perut.

Kandungan tersebut juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan secara signifikan mampu mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi, yang merupakan faktor risiko kuat untuk penyakit jantung.

2. Menurunkan berat badan

Chia seed memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dipercaya mampu menurunkan berat badan. Umumnya makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu dalam membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan protein yang terdapat di dalam chia seed dapat mengurangi selera untuk makan. Rutin mengonsumsi chia seed selama 6 bulan bagi penderita obesitas mampu menurunkan berat badan sekitar dua kilogram.

Namun, mengonsumsi chia seed saja tidak cukup membuat program penurunan berat badan Anda sukses. Dalam hal ini, chia seed bisa membantu menurunkan berat badan jika dibarengi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat, yakni dengan mengontrol asupan kalori, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

3 dari 4 halaman

Manfaat Chia Seed bagi Kesehatan

3. Mengurangi kadar gula darah

Manfaat selanjutnya dari chia seed ialah dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah serta menstabilkan kadar gula darah setelah makan. Lapisan biji chia, yang dapat berubah seperti agar-agar ketika terkena air, juga bisa mencegah lonjakan kadar gula darah.

Kadar gula darah yang tinggi adalah gejala khas diabetes tipe 2 yang tidak bisa diobati. Makanan satu ini dianggap bermanfaat dalam pengobatan diabetes karena memiliki kemampuan untuk memperbaiki tingkat tekanan darah pada penderita diabetes.

Kadar gula darah tinggi secara konsisten juga dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

4. Membantu mencegah sembelit

Chia seed bisa digunakan sebagai pencahar alami dan obat sembelit. Hal ini karena chia seed mengandung banyak sekali serat, terutama serat tidak larut.

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan serat dalam chia seed juga dapat membantu memperbaiki pencernaan. Biji chia akan berubah menjadi seperti jeli ketika bersentuhan dengan air.

Ini akan membantu kelancaran buang air besar sehingga pada akhirnya dapat mengurangi sembelit.

5. Menangkal radikal bebas

Chia seed mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Antioksidan yang terkandung mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya.

Radikal bebas dapat memicu penuaan kulit, menyebabkan pertumbuhan sel kanker, bahkan meningkatkan risiko penyakit jantung.

4 dari 4 halaman

Manfaat Chia Seed bagi Kesehatan

6. Mengurasi stres oksidatif

Mungkin Anda telah mengetahui chia seed mengandung antioksidan yang tinggi. Hal ini merupakan suatu keunggulan chia seed.

Dengan mengonsumsi chia seed, tubuhmu dapat terlindungi dari radikal bebas yang kalau terakumulasi, dapat menaikkan stres oksidatif.

Oksidatif stres ini jika tidak ditanggulangi akan meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, dan banyak penyakit kronis lainnya.

7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Mengonsumsi chia seed secara rutin dianggap sebagai satu di antara cara efektif untuk memperbaiki asupan kalsium. Kandungan kalsium sangat berguna dalam memperbaiki kesehatan tulang.

Selain kalsium yang terkandung, chia seed juga kaya akan manga dan fosfor. Kedua kandungan tersebut sangat penting untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat.

8. Meningkatkan kesehatan kulit

Chia seed telah terbukti dapat meningkatkan sirkulasi serta mengurangi kekeringan dan peradangan pada kulit. Pasalnya, chia seed memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dapat membantu melindungi kulit dari radiasi UV.

Selain itu, antiinflamasi yang terkandung dalam chia seed juga bertindak sebagai agen dalam mencegah kulit keriput atau kulit kendur.

 

Sumber: Honest Docs

Video Populer

Foto Populer