Sukses


10 Manfaat Wortel untuk Kesehatan, Tak Cuma buat Mata

Bola.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan sayuran yang satu ini? Wortel memiliki reputasi baik karena kandungan nutrisinya yang melimpah.

Wortel termasuk jenis umbi akar yang terbentuk pada bagian akar tanaman. Itulah sebabnya umbi ini tidak berkembang dan tumbuh di atas permukaan tanah, melainkan di dalam tanah.

Sayuran bernama latin Daucus carota ini adalah sayuran dengan asupan sehat bergizi sempurna. Makanan yang juga disukai kelinci ini memiliki banyak warna, mulai ungu kehitaman, putih, kuning, oranye, dan merah.

Namun, di Indonesia, wortel yang biasanya dijual di pasaran berwarna kuning cerah dan oranye. Wortel umumnya berguna untuk memelihara kesehatan mata karena kaya vitamin A.

Wortel juga mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K. Wortel merupakan sumber serat alami, rendah kalori, dan memiliki banyak jenis antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Sayuran ini kerap dijadikan campuran sup, salad, atau lalapan, wortel juga bisa diracik menjadi minuman menyehatkan, seperti jus.

Dengan kandungan tersebut, manfaat wortel cukup penting untuk tubuh manusia.

Berikut manfaat wortel untuk kesehatan yang memiliki tampilan menarik dan rasa manis, dirangkum dari Klikdokter, Rabu (2/9/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Woterl merupakan satu di antara sumber antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang ada dalam wortel berfungsi sebagai radikal bebas.

Selain itu, vitamin C yang ada di wortel dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadi peradangan serta kerusakan sel.

Rutin mengonsumsi segelas jus wortel akan menjaga tubuh Anda dari serangan penyakit flu.

2. Menurunkan risiko kanker

Mengonsumsi wortel secara rutin bisa digunakan sebagai obat alami melawan penyakit berbahaya, seperti kanker. Kanker merupakan satu di antara penyakit berbahaya dengan angka kematian yang cukup tinggi selain diabetes, jantung, dan stroke.

Penyakit ini menyebabkan sel sehat menjadi tumbuh dan berkembang secara tidak normal. Wortel telah terbukti mampu melindungi Anda dari kanker karena memiliki kandungan antioksidan.

Mengonsumsi wortel secara rutin bisa membuat Anda lebih kecil kemungkinannya terkena kanker.

3. Membantu pengobatan diabetes

Memiliki rasa yang manis tak membuat wortel menjadi berbahaya bagi penderita diabetes. Wortel aman dikonsumsi penderita diabetes.

Kandungan kalori dalam wortel terbilang rendah, 10 persen wortel adalah karbohidrat, 30 persen lainnya merupakan serat, dan hampir setengahnya adalah gula. Memakan wortel rebus tidak akan membuat lonjakan gula darah karena hanya mengandung indeks glikemik sebanyak 39.

Studi menunjukkan kandungan serat yang ada dalam wortel dapat membantu mencegah perkembangan diabetes tipe 2 dan membantu pengidap diabetes tipe 2 mengelola kadar gula darahnya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

4. Meningkatkan kesehatan mata

Dilansir dari Health, wortel mampu mencukupi kebutuhan vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia.

Kondisi ini membuat pengidapnya tidak dapat melihat dengan jelas alias rabun di malam hari. Tak hanya itu, wortel juga memiliki kandungan antioksidan jenis lutein dan zeaxanthin.

Kedua kandungan ini mampu menunjang kesehatan mata dan bisa melindungi retina serta lensa mata Anda. Mengonsumsi wortel secara rutin dua porsi per minggu memiliki risiko rendah mengalami glaukoma dibandingkan yang jarang makan wortel.

5. Menjaga berat badan

Sudah dijelaskan di awal, wortel merupakan sayur yang rendah kalori dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini merupakan faktor penting untuk menjaga berat badan.

Asupan ini membuat wortel baik bagi orang yang sedang menjalani diet rendah kalori. Wortel juga dapat mengikat lemak di perut karena serat larut yang terkandung di dalamnya.

6. Menjaga kesehatan jantung

Sudah diketahui wortel merupakan sumber vitamin A. Namun, wortel juga memiliki beragam kandungan seperti hidrat arang, kalsium, fosfor, dan beta karoten.

Kandungan ini berguna untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Mengonsumsi wortel mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan memperlambat efek penuaan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

7. Menjaga kesehatan otak

Asupan tinggi sayuran umbi akar, termasuk wortel, dapat memperbaiki daya ingat dan daya kognitif (kemampuan berpikir) seseorang. Wortel memiliki kandungan beta karoten yang baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Rutin mengonsumsi wortel bahkan dikatakan mampu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko terjadinya kepikunan atau demensia.

8. Mengencangkan kulit

Manfaat selanjutnya dari wortel dapat membantu memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit. Hal ini karena wortel memiliki kandungan vitamin C yang meningkatkan kolagen dalam tubuh.

5 dari 5 halaman

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

9. Menjaga kesehatan mulut

Selain untuk mata, wortel juga berguna untuk kesehatan mulut. Mengonsumsi wortel sehabis makan dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.

Gigi berlubang merupakan keluhan yang paling umum dirasakan banyak orang, mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Kondisi ini terjadi karena gigi dipenuhi plak sehingga jadi mudah rapuh. Wortel juga mengandung beta karoten yang diperlukan untuk membangun gigi yang kuat.

10. Kesehatan pencernaan

Wortel merupakan sumber serat yang tinggi. Kandungan serat pada wortel dapat membantu mengatur gerakan usus dan membantu pencernaan.

Manfaat wortel baik dalam mengatasi sembelit dan refluks asam.

 

Sumber: Klikdokter

 

Baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer