Sukses


10 Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan: Mengatasi Diare hingga Menjaga Kesehatan Kulit

Bola.com, Jakarta - Ketumbar masuk golongan rempah-rempah yang sejak dulu sudah sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Buat yang suka masak, pasti sudah sangat akrab dengan bumbu satu ini.

Ketumbar biasa dimanfaatkan untuk menambah cita rasa masakan, baik itu dalam masakan berkuah maupun sebagai bumbu dapur. Selain untuk memasak, ketumbar memiliki beragam manfaat kesehatan.

Pohon ketumbar memiliki akar, batang, daun, serta buahnya beraroma menenangkan.

Tidak jarang ketumbar juga digunakan untuk parfum, aromaterapi, kosmetik, obat-obatan, sabun mandi, sabun cuci, aroma makanan, dan aroma minuman. Agar bisa lebih merasakan manfaat ketumbar, Anda bisa mengonsumsi air rendamannya.

Nikmati manfaat air ketumbar dengan cara merendam ketumbar ke dalam air dan diamkan hingga semalam.

Namun, mengonsumsi air rendaman ketumbar akan lebih baik jika mengonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu agar lebih aman lantaran ada rekomendasi untuk tidak diberikan kepada anak-anak dan orang dengan hipersensitivitas.

Seperti halnya buah dan sayur, ketumbar memiliki sifat antioksidan, antibakteri, antijamur, antioksidan, dan antiradang.

Kandungan nutrisi linalool, potassium, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, magnesium, dan kalsium dalam ketumbar diketahui penting untuk kesehatan.

Berikut manfaat ketumbar bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan, dirangkum dari Good Doctor dan Alodokter, Rabu (2/9/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

1. Mengatasi diare

Manfaat pertama dari ketumbar adalah menyembuhkan diare akibat mikroba dan jamur. Ketumbar memiliki kandungan minyak atsiri, seperti borneol dan linalool.

Kandungan ini dapat membantu pencernaan meningkatkan fungsi hati dan mengatasi diare.

2. Mencegah diabetes

Ketumbar dipercaya mampu menjaga kadar gula darah. Ketumbar dapat merangsang produksi insulin di dalam tubuh sehingga mencegah penumpukan gula dalam darah.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui sejauh mana manfaat ketumbar dapat memengaruhi kadar gula darah.

3 dari 6 halaman

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

3. Meredakan nyeri sendi

Diketahui ketumbar memiliki beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan yang ada dalam ketumbar seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan kalsium berkhasiat untuk masalah persendian yang Anda alami, termasuk osteoporosis.

Ketumbar juga mampu meringankan nyeri sendi karena adanya kandungan analgesik serta asam linoleat. Manfaat ini sekadar untuk meringankan gejala, bukan untuk mengatasi penyabab utama penyakit.

4. Membantu detoks

Ketumbar bisa digunakan sebagai minuman herbal yang berguna unutk detoksifikasi racun dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampurkan ketumbar ke dalam jus atau minuman lain.

Ketumbar dapat melawan timbunan logam dalam tubuh. Ketumbar mampu mengikat sejumlah zat kimia bersamaan dan ketumbar juga berpotensi sebagai pemurni air alami.

4 dari 6 halaman

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

5. Meningkatkan kesehatan mata

Ketumbar kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti fosfor. Kandungan ini dipercaya mampu mencegah gangguan penglihatan, degenerasi maula, dan mengurangi ketegangan dan tekanan pada mata.

6. Menjaga kesehatan kulit

Ketumbar juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk untuk ruam ringan seperti dermatitis. Penelitian mengungkapkan ketumbar dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan percepatan penuaan kulit, serta kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampurkan ketumbar ke dalam jus atau minuman lain untuk menjaga kondisi kulit dari masalah kesehatan, seperti jerawat, pigmentasi, atau masalah kulit kering.

5 dari 6 halaman

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

7. Memperkuat imunitas tubuh

Manfaat selanjutnya dari ketumbar bisa meningkatkan imunitas tubuh. Mengonsumsi ketumbar membantu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

8. Meningkatkan nafsu makan

Ketumbar sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional Iran yang berguna sebagai stimulan nafsu makan. Hal ini baik bagi Anda yang bermasalah akibat berat badan terlalu kurus atau kurangnya nafsu makan.

Ramuan herbal ketumbar dipercaya bisa membantu untuk mengatasinya. Studi mencatat, ramuan itu dapat meningkatkan nafsu makan secara signifikan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

9. Baik untuk kesehatan jantung

Banyak penelitian mengungkapkan ketumbar merupakan satu di antara tanaman herbal yang baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsinya diyakini dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, kandungan diuretik yang ada dalam ketumbar dapat membantu tubuh Anda membersihkan kelebihan natrium dan air. Hal inilah yang dapat menurunkan tekanan darah.

Kandungan nutrisi pada ketumbar sangat efektif mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

10. Melindungi kesehatan otak

Ketumbar dapat mencegah berbagai penyakit otak. Ketumbar memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat melindungi terhadap penyakit, seperti Parkinson, Alzheimer, dan multiple sclerosis, dikaitkan dengan peradangan.

Ketumbar mampu melindungi terhadap kerusakan sel saraf setelah kejang. Tidak hanya itu saja, ketumbar juga dapat meningkatkan daya ingat.

 

Sumber: Good Doctor, Alodokter

 

Baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer