Sukses


10 Manfaat Gula Batu bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Gula batu merupakan jenis olahan tebu yang kerap digunakan untuk pengobatan dan minuman tradisional. Gula ini merupakan varian paling enak dibandingkan gula lainnya.

Gula batu dibuat dari larutan tebu dan nira pohon aren. Gula batu kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino.

Bentuk gula batu yang kecil ini juga bisa digunakan sebagai pengganti permen yang cukup menyehatkan.

Itulah mengapa, gula batu kerap digunakan dalam minuman tradisional seperti wedang uwung. Dalam beberapa penyajian teh poci, gula batu dipilih sebagai pemanis.

Selain sebagai pemanis, gula batu memiliki segudang manfaat yang masih jarang diketahui khalayak.

Berikut ini penjelasan beberapa manfaat gula batu bagi kesehatan, dikutip dari boldsky, Selasa (16/2/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Gula Batu bagi Kesehatan

1. Napas Segar

Bau mulut dapat terjadi karena bakteri yang berada di dalam gusi selama berjam-jam jika Anda tidak menyikat atau berkumur setelah makan. Gula batu atau mishri menjaga napas segar Anda setelah makan. Ini memastikan kesegaran di mulut dan napas.

2. Meredakan Batuk

Batuk bisa terjadi saat tenggorokan Anda terserang kuman atau saat Anda demam. Mishri mengandung khasiat obat yang dapat meredakan batuk secara instan. Ambil mishri dan hisap perlahan ke dalam mulut, ini akan meredakan batuk Anda yang terus-menerus.

3 dari 6 halaman

Manfaat Gula Batu bagi Kesehatan

3. Baik Untuk Radang Tenggorokan

Cuaca dingin dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk sakit tenggorokan juga. Gula batu adalah obat cepat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Campur mishri dengan bubuk lada hitam dan ghee dan konsumsilah di malam hari.

4. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Orang yang menderita kadar hemoglobin rendah mungkin juga menderita masalah, seperti anemia, kulit pucat, pusing, kelelahan, dan kelemahan. Gula batu dapat membantu dengan meningkatkan kadar hemoglobin, tetapi juga meregenerasi sirkulasi darah dalam tubuh.

4 dari 6 halaman

Manfaat Gula Batu bagi Kesehatan

5. Membantu Pencernaan

Gula batu tidak hanya digunakan sebagai penyegar mulut, tetapi juga membantu pencernaan bila dikonsumsi bersama biji adas. Untuk mencegah gangguan pencernaan, konsumsilah beberapa potong mishri setelah makan.

6. Penambah Energi

Gula batu memiliki rasa yang menyegarkan, yang memberikan dorongan energi saat disantap setelah makan. Setelah makan, Anda cenderung menjadi lesu, tetapi mishri akan meningkatkan energ Anda. Konsumsi mishri dengan biji adas untuk mencegah mood lesu.

5 dari 6 halaman

Manfaat Gula Batu bagi Kesehatan

7. Menghentikan Pendarahan Hidung

Anda akan terkejut mengetahui gula batu sebenarnya membantu menghentikan pendarahan hidung dengan segera, yang merupakan kondisi yang cukup umum. Jika Anda mengalami mimisan, konsumsilah potongan mishri dengan air, hal itu akan menghentikan pendarahan.

8. Baik untuk Otak

Gula batu digunakan sebagai obat alami untuk otak. Gula batu membantu meningkatkan daya ingat dan melepaskan kelelahan mental. Campur gula batu dengan susu hangat dan minum sebelum tidur. Itu akan bekerja sebagai obat alami yang baik untuk meningkatkan daya ingat.

6 dari 6 halaman

Manfaat Gula Batu bagi Kesehatan

9. Bermanfaat Untuk Ibu Menyusui

Mishri atau gula batu, diketahui bermanfaat bagi ibu menyusui. Hal itu karena ia bekerja sebagai antidepresan dan meningkatkan produksi ASI. Dan mishri kurang manis, dan tidak akan merugikan ibu dengan cara apa pun.

10. Meningkatkan Penglihatan

Gula batu sangat bagus untuk penglihatan. Untuk mencegah penglihatan yang buruk dan pembentukan katarak pada mata, konsumsi mishri lebih sering. Minumlah air mishri setelah makan atau minum sepanjang hari untuk menjaga dan meningkatkan penglihatan Anda.

 

Sumber: Boldsky

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer