Sukses


8 Manfaat Olahraga Sepatu Roda bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Olahraga sepatu roda seolah tak lekang oleh waktu dan kini kembali menjadi sebuah tren. Sepatu roda kali pertama hadir di dunia pada 1743 oleh John Joseph Merlin di sebuah teater di London.

Lalu, pada abad-17 Belanda membawa olahraga sepatu roda sampai ke Indonesia. Seiring berjalannya waktu, pada 1981-1985 dibentuk kepengurusan Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi).

Dari sini, olahraga sepatu roda mulai diikutsertakan dalam perlombaan nasional maupun internasional. Olahraga sepatu roda termasuk aktivitas aerobik yang baik untuk segala usia.

Berolahraga sepatu roda juga terlihat keren dan sangat menyenangkan. Tak cuma seru dimainkan, olahraga sepatu roda memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat berolahraga sepatu roda untuk kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat olahraga sepatu roda bagi kesehatan. yang perlu diketahui, dilansir dari laman Rollerskatedad, Jumat (8/10/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Sepatu Roda

1. Membakar Kalori

Manfaat berolahraga sepatu roda pertama adalah membakar kalori. Anda bisa membakar sekitar 1.250 kalori jika berseluncur di atas sepatu roda selama 30 menit dalam lima kali seminggu.

2. Membentuk Otot

Tak hanya dapat mampu membakar kalori, berolahraga sepatu roda secara konsisten selama tiga bulan dapat membentuk otot dengan baik. Saat bermain sepatu roda, otot akan bekerja dan terlatih. Bersiaplah untuk memiliki otot perut, bokong, paha dan lengan yang lebih kencang.

3. Melatih Keseimbangan

Berolahraga sepatu roda bisa membantu Anda melatih keseimbangan tubuh. Gerakan bermain sepatu roda mengandalkan otot abdominal dan tulang belakan untuk bergerak maju.

Gerakan ini akan membantu tubuh jadi lebih seimbang. Jadi, makin sering Anda bermain sepatu roda, otomatis keseimbangan Anda pun makin baik dan otot-otot perut juga punggung Anda akan makin kuat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Sepatu Roda

4. Menyehatkan Jantung

Meski olahraga sepatu roda lebih banyak menggunakan kaki, tanpa disadari seluruh anggota tubuh Anda bergerak, aliran darah yang ada di dalam tubuh juga bergerak lancar. Berolahraga sepatu roda bisa meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, terutama ke jantung.

Berolahraga sepatu roda merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk memperkuat dan membantu kinerja jantung.

5. Mencegah Diabetes

American Diabetes Association merekomendasikan dua jenis aktivitas fisik untuk mencegah diabetes dan mengendalikannya, yaitu latihan kekuatan dan latihan aerobik. Berolahraga sepatu roda termasuk dalam dua jenis aktivitas fisik yang disebutkan.

Ya, meluncur dengan sepatu roda adalah latihan aerobik yang paling sederhana, di mana tubuh terbantu agar dapat menurunkan kadar gula darah.

6. Kaki Lebih Kuat

Otot-otot kaki adalah modal utama dalam bermain sepatu roda. Makin sering Anda meluncur dengan sepatu roda, kaki pun akan lebih kuat. Lemak-lemak di kaki dan paha juga bisa berkurang dengan rutin bersepatu roda.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Sepatu Roda

7. Memiliki Performa Tubuh yang Kuat

Manfaat lain dari berolahraga sepatu roda adalah Anda bisa memiliki performa tubuh dan daya tahan yang baik. Kekuatan tubuh akan terlatih dengan lebih optimal.

8. Olahraga yang Minim Cedera

Bermain sepat roda merupakan olahraga yang aman jika dibandingkan dengan lari atau berjalan. Yang pasti, Anda harus menggunakan alat pelindung lutut, siku, dan helm, untuk mencegah benturan yang terjadi.

 

Sumber: rollerskatedad.com

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer