Sukses


8 Manfaat Mengagumkan Olahraga untuk Kesehatan Mental

Bola.com, Jakarta - Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental, satu di antaranya melakukan olahraga secara rutin.

Olahraga tidak hanya bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik semata, namun kegiatan fisik ini juga baik untuk kesehatan mental kita.

Manfaat olahraga untuk menjaga kesehatan mental sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian. Olaharga dapat mencegah timbulnya masalah mental seperti depresi dan stres.

Perlu Anda ingat, menjaga kesehatan mental tidak bisa ditepikan begitu saja karena mental sangat berpengaruh dengan keberlangsungan dan kesejahteraan hidup kita.

Manfaat berolahraga bagi kesehatan mental bisa Anda rasakan dengan melakukannya secara rutin, Anda bisa memulai dengan berjalan cepat di taman atau mengunjungi pusat kebugaran.

Berikut delapan manfaat mengagumkan olaharga untuk kesehatan mental, yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Senin (22/11/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Olahraga untuk Kesehatan Mental

1. Memperbaiki Mood

Olahraga bisa memperbaiki mood atau suasana hati Anda. Suatu penelitian menunjukkan, para partisipan merasa lebih tenang, senang, dan puas setelah berolahraga sehingga suasana hati menjadi lebih baik.

Jadi, bila Anda merasa selalu memiliki suasana hati yang gampang naik-turun atau sedang memiliki mood yang buruk, olahraga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengembalikan mood jadi lebih ceria.

2. Mengurangi Stres

Dengan berolahraga, kadar stres dapat berkurang. Hal ini karena peningkatan detak jantung saat olahraga dapat mencegah kerusakan otak akibat stres dengan merangsang produksi hormon saraf (norepinefrin) dan menurunkan kadar hormon stres (kortisol).

Selain itu, olahraga membuat sistem saraf pusat dan saraf simpatik tubuh dapat berkomunikasi satu sama lain. Jadi, kemampuan tubuh secara keseluruhan dalam mengatasi stres dapat meningkat.

3. Mengatasi Depresi dan Kecemasan

Selain mengatasi stres, olahraga dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan karena aktivitas fisik dapat meningkatkan kadar endorfin, yaitu hormon bahagia yang diproduksi oleh otak dan sumsum tulang.

Bahkan, para dokter pun menyarankan pasiennya untuk berolahraga rutin untuk mengatasi depresi atau kecemasan sebelum beralih ke penggunaan obat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Olahraga untuk Kesehatan Mental

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Temuan lain menyebutkan, olahraga dapat meningkatkan zat kimia di otak, yaitu brain-derived neurotrophic factor (BDNF), yang dapat merangsang pembentukan sel otak baru. 

Baik olahraga yang bersifat aerobik maupun melatih kekuatan otot, keduanya dapat meningkatkan kadar BDNF. Hal tersebut dapat meningkatkan fungsi otak yang juga turut memengaruhi kesehatan mental.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri dinilai merupakan satu di antara kunci dari kesejahteraan mental. Oleh karena itu, dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap diri sendiri, kesehatan mental lebih terjamin.

Apa kaitan olahraga dengan kepercayaan diri? Orang yang rutin berolahraga akan terbantu untuk menurunkan dan menstabilkan berat badan, serta mengencangkan otot tubuh. 

Pada akhirnya, penampilan akan menjadi lebih baik dan rasa percaya diri meningkat.

6 Mempertajam Memori

Hormon endorfin yang dihasilkan tubuh saat Anda berolahraga membantu mempertajam pikiran, ingatan, dan meningkatkan konsentrasi. Pasalnya, olahraga merangsang pertumbuhan sel-sel yang baru di otak.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Olahraga untuk Kesehatan Mental

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga ringan di pagi atau sore hari dapat membantu mengatur pola tidur Anda. Adanya aktivitas fisik dapat meningkatkan suhu tubuh. Hal ini dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga lebih gampang tertidur.

Jika Anda susah tidur di malam hari atau mengalami insomnia, cobalah untuk berolahraga rutin. 

Meski olahraga mampu meningkatkan kualitas tidur, para ahli tidak menyarankan olahraga menjelang waktu tidur karena dapat memperburuk kualitas tidur.

8. Memperlambat Terjadinya Penurunan Kognitif dan Demensia

Seiring bertambahnya usia, meningkat pula risiko terjadinya demensia dan penurunan fungsi kognitif pada usia lanjut. Berbagai penelitian telah menunjukkan, aktivitas fisik dapat menurunkan risiko demensia dan penurunan kognitif.

Jadi, untuk menghindari penurunan kognitif dan demensia di masa tua Anda nanti, mulai sekarang rajinlah berolahraga.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/12/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer