Sukses


8 Manfaat Luar Biasa Sebutir Telur Bebek yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Telur merupakan satu di antara makanan yang familier dan paling sering dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Selain praktis, telur tinggi protein.

Berbicara soal telur, Anda pasti akan langsung tertuju pada telur ayam. Padahal, ada beragam pilihan telur yang bisa Anda olah, termasuk telur bebek.

Dari segi kandungan gizi, telur bebek lebih unggul daripada telur ayam. Berat sebutir telur bebek rata-rata adalah 70 gram, sedangkan telur ayam sekitar 50 gram.

Namun, bagi pengidap diabetes atau penyakit jantung, telur bebek harus dihindari karena kadar kolestelor yang tinggi.

Berikut manfaat luar biasa sebutir telur bebek, disadur dari Klikdokter, Kamis (30/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Luar Biasa Sebutir Telur Bebek

1. Kesehatan Mata

Telur bebek mengandung vitamin A, yang terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan mata. Satu di antara peranan vitamin A bagi mata adalah mempertahankan kejernihan kornea, lapisan luar mata.

2. Memiliki Efek Antioksidan

Warna kuning pada kuning telur bebek berasal dari pigmen alami bernama karotenoid. Karotenoid memiliki komponen antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab penyakit kronik dan penyakit yang berhubungan dengan usia lanjut.

3. Kekuatan Tulang

Vitamin D yang terkandung dalam telur bebek berguna bagi kesehatan tulang. Selain itu, peptida dalam putih telur bebek membantu sistem pencernaan Anda menyerap mineral-mineral esensial seperti kalsium yang juga bermanfaat bagi tulang dan gigi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Luar Biasa Sebutir Telur Bebek

4. Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat telur bebek lainnya diperoleh dari vitamin E yang terkandung di dalamnya. Vitamin E membantu sistem pencernaan agar dapat bekerja dengan baik sehingga mencegah sembelit.

5. Produksi Hormon dan Fertilitas

Selenium yang terkandung dalam telur bebek membantu meregulasi hormon-hormon metabolik, seperti hormon tiroid. Hormon ini berperan dalam fertilitas serta membantu terciptanya kehamilan yang sehat.

6. Produksi Sel Darah Merah

Manfaat telur bebek yang satu ini berasal dari zat besi dan vitamin B12 di dalamnya. Kandungan tersebut berkontribusi dalam pembentukan sel darah merah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Luar Biasa Sebutir Telur Bebek

7. Kesehatan Otak

Konsumsi telur bebek bermanfaat untuk kesehatan otak Anda. Hal ini karena kuning telur bebek kaya akan karotenoid, serta lecithin dan kolin.

Lecithine nantinya akan diubah menjadi kolin. Kolin berfungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel otak dan sistem saraf pusat.

Tak cukup sampai di situ, kandungan vitamin B12 dalam telur bebek juga bermanfaat untuk memori Anda.

8. Menyembuhkan Kulit Kering

Anda memiliki kulit yang kering? Anda bisa menjadikan telur bebek mentah sebagai krim atau masker untuk mengatasi kondisi tersebut.

Telur yang dikonsumsi juga memiliki manfaat untuk kulit. Ini karena kandungan vitamin, protein, dan mineral dalam telur bebek yang dapat membantu kulit menjadi sehat.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 7/10/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer