Sukses


Cara Menerapkan Mindfulness beserta Contohnya

Bola.com, Jakarta - Mindfulness bisa adalah satu di antara cara mengelola stres. Mindfulness secara sederhana dapat didefinisikan sebagai kesadaran akan apa yang terjadi di hati, tubuh, pikiran dan lingkungan di sekitar.

Maka itu, kamu perlu fokus melihat sesuatu apa adanya sehingga kamu jadi lebih bisa mengamati apa yang ada di dalam diri maupun lingkungan sekitar.

Tak bisa dimungkiri, faktor penyebab stres kadang-kadang bukan masalah yang dihadapi, melainkan pikiran-pikiran kamu yang kusut.

Bisa saja sebenarnya masalah yang dihadapi tidak terlalu besar atau bisa diatasi dengan mudah. Namun, lantaran pikiran yang sudah terlanjur rumit, masalah tersebut akhirnya dipandang menjadi masalah yang tak mungkin diselesaikan.

Berikut cara menerapkan mindfulness beserta contohnya, disadur dari Klikdokter, Selasa (28/11/2023).

2 dari 3 halaman

Cara Menerapkan Mindfulness

  • Luangkan waktu untuk memperhatikan hal-hal di sekitar. Fokuslah untuk menikmati hal-hal yang kamu rasakan, pikirkan, atau lihat.
  • Lalu fokus dengan yang terjadi saat ini, dengan tidak terlalu banyak memikirkan masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan.
  • Yakinkan pada diri untuk fokus dengan apa yang bisa dilakukan bukan pada apa yang tidak bisa dilakukan.
  • Kemudian, mulailah mengatur napas secara perlahan, yakni menghirup napas perlahan lewat hidung atau mulut secara perlahan.
  • Kenali emosi yang dirasakan saat itu, misalnya marah atau sedih. Dengan begitu, kamu punya kendali penuh untuk mengontrol emosi tersebut.
3 dari 3 halaman

Contoh Penerapan Mindfulness

Mindfulness sangat berkaitan dengan teknik pernapasan dan relaksasi tubuh. Itulah mengapa terkadang kebanyakan orang langsung menyamakan mindfulness dengan meditasi.

Bisa disimpulkan jika konsep besarnya adalah mindfulness, sedangkan bentuk penerapannya adalah meditasi. Kamu bisa menerapkan meditasi dengan berbaring, duduk, bahkan berjalan.

Bila ingin menerapkannya saat duduk, carilah tempat yang tenang. Kemudian, posisikan tubuh duduk bersila, punggung lurus, dan tangan di pangkuan. Lalu, bernapaslah secara perlahan dan dalam melalui hidung.

Selain dengan meditasi, ada banyak cara sederhana untuk menerapkan mindfulness, seperti:

  • Menyikat gigi. Rasakan kaki di lantai, sikat di tangan, dan lenganmu bergerak ke atas dan ke bawah.
  • Mencuci piring. Nikmati aliran air di tangan, perhatikan busa sabun, dan suara denting alat-alat makan yang sedang kamu cuci.
  • Mencuci pakaian. Rasakan aroma pakaian bersih dan nuansa kainnya. Tambahkan elemen fokus dan hitung napasmu saat mengucek pakaian, mengeringkan, menjemur, hingga melipat pakaian tersebut.
  • Mengemudi. Saat mengemudi, matikan radio atau nyalakan sesuatu yang menenangkan seperti musik klasik. Rasakan tulang punggung, temukan titik tengah antara merelaksasikan tangan dengan mencengkeram setir.
  • Olahraga. Dibanding menonton televisi saat latihan di treadmill, cobalah fokus pada pernapasanmu dan posisi kaki saat olahraga.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 7/7/2023)

Yuk, baca artikel kesehatan mental lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer