Sukses


5 Cara Mengeringkan Baju dengan Cepat saat Musim Hujan

Bola.com, Jakarta - Ketika musim hujan tiba, sinar matahari di siang hari tidak bersinar terik seperti biasanya dan langit sering terlihat mendung.

Musim hujan bisa menyebabkan baju yang dijemur sulit untuk kering secara maksimal. Alhasil, baju yang sudah dicuci justru tidak harum, melainkan malah berbau kurang sedap.

Selain itu, tidak jarang jamur tiba-tiba muncul di baju yang kita simpan di lemari ketika musim hujan tiba. Kamu pasti tidak ingin hal itu terjadi. Maka, penting untuk mencari solusinya.

Ada beberapa cara yang dapat dipraktikkan untuk mengeringkan baju saat musim hujan. Kamu bisa memanfaatkan peralatan elektronik di rumah untuk hasil yang cepat dan praktis.

Kamu tak perlu repot lagi menjemur baju di luar rumah dengan bergantung pada cuaca apakah akan hujan atau tidak.

Berikut lima cara mengeringkan baju dengan cepat saat musim hujan, disadur dari Liputan6, Selasa (5/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Menggunakan Mesin Cuci

Jika kamu memiliki mesin cuci, gunakan secara maksimal penggunaan mesin pengering. Keringkan pakaian dengan cara memisahkan dahulu pakaian-pakaian yang tebal atau berat. Pakaian tebal akan lebih sulit kering karena itu harus dikeringkan secara terpisah.

Saat mengeringkan pakaian, gunakan mode putaran cepat arau high spin untuk hasil kering yang maksimal. Sementara untuk pakaian tebal bisa dilakukan pengeringan dua kali.

Setelah kering, jemur baju menggunakan hanger. Perhatikan saat menjemur, jangan gantungkan baju terlalu dekat satu sama lain.

3 dari 6 halaman

Menggunakan Hair Dryer

Saat matahari tidak muncul, kamu perlu memanfaatkan apa yang ada di rumah, hair dryer satu di antaranya. Hair dryer dapat digunakan sebagai alternatif pengering pakaian.

Caranya dengan membentangkan pakaian menggunakan gantungan baju atau kamu dapat meletakkannya pada sebuah bidang datar seperti tempat tidur kemudian angin-anginkan sebentar.

Setelah itu gunakan pengering rambut untuk mengeringkan pakaian sekitar 30 menit hingga benar-benar kering.

4 dari 6 halaman

Menggunakan Kipas Angin

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kipas angin sebagai satu di antara tips mengeringkan pakaian saat musim hujan.

Cukup letakkan pakaianmu di dekat kipas angin dan tunggu saja hingga kadar air yang ada di pakaianmu berkurang.

5 dari 6 halaman

Menggunakan Setrika

Kamu juga bisa menggunakan setrika untuk mengeringkan pakaian. Caranya, peras cucian terlebih dahulu dengan kuat hingga tetesan airnya tidak ada. Kemudian setrika pakaian yang basah tersebut hingga kering.

Agar terhindar dari bau karena dikeringkan dengan paksa, gunakan pengharum pakaian saat bilasan terakhir atau sesaat sebelum pakaian tersebut disetrika.

Cara ini cukup efektif dan cepat dalam mengeringkan pakaian. Namun, kamu perlu berhati-hati agar tidak terjadi korsleting.

6 dari 6 halaman

Menggunakan Microwave

Alat masak satu ini juga kerap digunakan untuk mengeringkan pakaian. Gunakan suhu yang cukup tinggi (sekitar 130 hingga 150 derajat Celcius) selama lima hingga 10 menit sehingga pakaian kamu cepat mengering.

Namun, kamu juga harus mengeceknya sesekali untuk menghindari terjadi pengeringan berlebih yang dapat menyebabkan pakaian menjadi gosong.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Husnul Abdi, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 22/11/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer