Sukses


9 Hadis tentang Hari Jumat, Sumber Inspirasi dan Pedoman

Bola.com, Jakarta - Jumat adalah hari yang memiliki keistimewaan dan keberkahan tersendiri dalam agama Islam.

Dalam ajaran Islam, Jumat disebut sebagai Sayyidul Ayyam (Pemimpin dari segala hari) atau Sayyidul Abna (Pemimpin dari anak-anak Adam).

Umat muslim dianjurkan untuk memanfaatkan hari Jumat ni dengan beribadah, memperbanyak doa, dan melaksanakan amalan-amalan sunah untuk mendapatkan keberkahan dari Allah Swt.

"Wahai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jumat, maka segeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Jika kamu mengetahui (hakikatnya)." (QS. Al Jumu'ah: 9)

Nabi Muhammad saw. juga telah mengisyaratkan banyak keutamaan di hari Jumat lewat hadis.

Mari kita bersama-sama merenungkan hadis-hadis Nabi Muhammad saw. terkait dengan hari Jumat agar kita dapat lebih mendekatkan diri kepada-Nya dan meraih berkah yang terkandung dalam setiap amalan yang dikerjakan di hari yang mulia ini.

Berikut sembilan hadis tentang hari Jumat yang bisa menjadi sumber inspirasi dan pedoman bagi umat muslim, Jumat (8/12/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Hari Jumat

Hadis tentang Hari Jumat (1)

"Siapa yang berpuasa pada hari Jumat, akan diberi ampunan baginya sekaligus sebagai hadiah untuk menghindari dosa-dosa yang dilakukannya sebelumnya." (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Hari Jumat (2)

"Barang siapa yang berwudu pada hari Jumat dengan baik dan tertib, lalu ia mengucapkan lima kalimat yang sama dengan kalimat-kalimat yang diucapkan oleh para Malaikat maka ia akan masuk surga." (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Hari Jumat (3)

"Barang siapa yang berdoa pada hari Jumat maka doa tersebut akan pasti dikabulkan." (HR. Ibnu Majah)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Hari Jumat

Hadis tentang Hari Jumat (4)

"Sampaikanlah salam satu sama lain pada hari Jumat karena hal itu adalah sebuah amalan yang dikaruniai Allah Swt." (HR. Abu Dawud)

Hadis tentang Hari Jumat (5)

"Barang siapa yang memberikan zakat pada hari Jumat maka ia akan mendapatkan bagian dari berkah yang besar." (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Hari Jumat (6)

"Barang siapa yang melakukan dua rakaat pada hari Jumat, lalu membaca surah Al Kahfi ketika berdiri maka Allah Swt. akan menghapuskan kesulitan dan kesedihannya pada hari itu." (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Hari Jumat

Hadis tentang Hari Jumat (7)

"Sesungguhnya hari Jumat itu puncaknya dari hari-hari lain. Pada hari itu, pertama kali Allah menciptakan Adam. Pada hari itu juga, pertama kali ia dimasukkan ke dalam Surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga (karena makan dari pohon yang dilarang)." (HR. Muslim)

Hadis tentang Hari Jumat (8)

"Sesungguhnya ada satu waktu pada hari Jumat, tidak seorang muslim pun yang beribadah pada saat itu dengan meminta suatu kebaikan yang ada di dunia atau di akhirat, melainkan Allah akan memberikan kepadanya, dan itu terjadi setiap Jumat." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Hari Jumat (9)

"Barang siapa mandi pada hari Jumat, bersuci sebersih-bersihnya, kemudian pergi ke masjid sedikit atau banyak dan tidak berjalan melewati orang, kemudian ia mendengarkan khotbah dengan penuh perhatian, Allah akan memberikan kepadanya pahala setara dengan satu tahun puasa, satu tahun salat malam (qiyamul lail), dan setiap langkah kaki yang ia tempuh seperti memberikan sedekah." (HR. Ahmad)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer