Sukses


9 Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt. yang Bisa Menjadi Sumber Inspirasi

Bola.com, Jakarta - Tawakal merupakan satu di antara aspek penting dalam kehidupan seorang muslim. Hal itu karena tawakal menunjukkan ketergantungan dan kepatuhan kepada Allah sebagai pemilik segala sesuatu.

Namun, bukan berarti mengabaikan upaya dan tanggung jawab sebagai manusia. Sebaliknya, tawakal melibatkan usaha yang maksimal, tetapi dengan kesadaran bahwa hasil akhir sepenuhnya dalam kehendak Allah Swt.

Sederhanya, tawakal dalam Islam adalah sikap pasrah dan percaya sepenuhnya kepada Allah Swt. dalam segala urusan, baik yang besar maupun yang kecil.

Surah yang secara khusus menekankan atau membahas tentang tawakal kepada Allah Swt. adalah surah Ali 'Imran ayat 159.

"Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal."

Dengan tawakal, seorang muslim dapat merasakan ketenangan, kelegaan, dan kekuatan dalam menghadapi segala cobaan dan ujian hidup.

Nabi Muhammad saw. juga membahas banyak tentang tawakal kepada Allah Swt. lewat hadis.

Berikut sembilan hadis tentang tawakal kepada Allah Swt. yang bisa menjadi sumber inspirasi umat muslim, dikutip dari berbagai sumber, Senin (11/12/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt.

Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt. (1)

"Jika kamu tawakal kepada Allah dengan sepenuh hati, niscaya Allah akan mencukupi segala kebutuhanmu sebagaimana Dia mencukupi kebutuhan burung-burung di langit. Mereka pergi dengan perut kosong dan kembali dengan perut penuh." (HR. At Tirmidzi)

Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt. (2)

"Tawakallah kepada Allah sebagaimana seharusnya tawakal kepada-Nya. Jika kamu melakukannya, niscaya Allah akan memberikan jalan keluar dari setiap kesulitan dan memberikan rezeki dari arah yang tidak kamu duga." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt. (3)

"Barang siapa yang tawakal kepada Allah, maka Allah akan mencukupi kebutuhannya. Allah akan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak ia sadari." (HR. Abu Dawud)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt.

Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt. (4)

"Tawakallah kepada Allah dalam setiap urusanmu, baik yang besar maupun yang kecil. Percayalah bahwa Dia adalah Yang Maha Mengetahui dan Yang Maha Bijaksana dalam menentukan segala hal." (HR. Ibn Majah)

Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt. (5)

"Jika kamu tawakal kepada Allah dan berserah diri sepenuhnya kepada-Nya, maka Allah akan mengangkat bebanmu, menghilangkan kekhawatiranmu, dan memberikan kelegaan dalam hatimu." (HR. An Nasa'i)

Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt. (6)

"Barang siapa yang tawakal kepada Allah, maka Allah akan memberikan kekuatan dan kemudahan dalam menjalani hidup ini. Dia akan melapangkan dadamu dan meluruskan jalannya." (HR. At Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt.

Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt. (7)

"Tawakallah kepada Allah dalam setiap langkah hidupmu, karena hanya Dia yang Mahamengetahui apa yang terbaik bagimu. Percayalah bahwa Dia akan memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya yang tawakal." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt. (8)

"Jika kamu tawakal kepada Allah dalam segala urusanmu, maka Allah akan memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya. Dia akan menolongmu dan menjaga langkah-langkahmu." (HR. Muslim)

Hadis tentang Tawakal kepada Allah Swt. (9)

"Tawakallah kepada Allah dengan sepenuh hati dan berusahalah sebaik mungkin. Percayalah bahwa Allah akan memberikan hasil yang terbaik bagi hamba-Nya yang tawakal dan berusaha." (HR. Ibnu Majah)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer