Sukses


Macam-Macam Senam Sehat untuk Perut Buncit

Bola.com, Jakarta - Perut buncit atau disebut juga dengan istilah medis obesitas abdominal, adalah kondisi di mana terjadi penumpukan lemak di area perut.

Perut buncit umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik.

Selain itu, faktor genetik, pola tidur, dan tingkat stres yang tinggi juga dapat berkontribusi terhadap perkembangan perut buncit.

Perut buncit bukan hanya masalah kosmetik semata, tetapi juga dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius.

Penumpukan lemak di area perut dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan kanker.

Selain itu, perut buncit dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang, mengganggu mobilitas, dan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Untuk mengatasi perut buncit, penting untuk mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk pola makan yang seimbang dan olahraga secara teratur.

Mengurangi konsumsi makanan berlemak dan bergula serta meningkatkan asupan serat, protein, dan sayuran dapat membantu menurunkan lemak perut.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berlari, atau senam juga bisa membantu membakar lemak perut dan memperkuat otot perut. Ada beberapa senam yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut buncit.

Berikut beberapa senam sehat yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut buncit, Selasa (12/12/2023).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Senam Sehat untuk Perut Buncit

Senam sehat perut buncit adalah rangkaian gerakan olahraga yang bertujuan untuk mengencangkan otot perut dan membantu mengurangi lemak di bagian perut.

Berikut ini adalah beberapa gerakan yang dapat dilakukan untuk senam sehat perut buncit:

1. Crunches

Berbaringlah di lantai dengan lutut ditekuk dan kaki rapat. Letakkan tangan di belakang kepala dan angkatlah tubuh bagian atas dengan menggunakan otot perut. Ulangi gerakan ini sebanyak 15-20 kali.

2. Plank

Mulailah dengan posisi push-up, tetapi letakkan sikumu di bawah bahu dan tahan tubuhmu sejajar dengan lantai. Tahan posisi ini selama 30-60 detik untuk melatih otot perut.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Senam Sehat untuk Perut Buncit

3. Leg Raises

Berbaringlah di lantai dengan tangan di samping tubuh. Angkat kaki lurus ke atas dan turunkan secara perlahan tanpa menyentuh lantai. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

4. Bicycle Crunch

Berbaringlah di lantai dan angkat kaki ke atas. Bawa lutut kanan ke arah dada sambil mendekatkan siku kiri ke lutut kanan. Ulangi gerakan ini bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri.

 

Yuk, baca artikel perut buncit lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer