Sukses


5 Hadis tentang Perbuatan Zalim yang Bisa Jadi Panduan

Bola.com, Jakarta - Islam adalah agama yang mengajarkan kasih sayang, keadilan, dan kedamaian. Itulah mengapa, perbuatan zalim sangat dilarang dalam ajaran agama Islam.

Maka itu, umat Islam diajarkan untuk menghindari perbuatan zalim dan tidak turut serta dalam mendukung kezaliman.

Dalam Al-Qur'an, Allah Swt. secara tegas mengutuk perbuatan zalim dan menekankan pentingnya keadilan dan perlakuan yang adil terhadap semua makhluk.

Allah Swt. berfirman dalam surah Al Hujurat ayat 9:

"Dan jika dua golongan mukmin berperang maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari keduanya melanggar perjanjian terhadap yang lain maka perangilah golongan yang melanggar itu hingga kembali kepada perintah Allah. Jika ia kembali maka damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil."

Di samping itu, terdapat banyak hadis Nabi Muhammad saw. yang menyoroti perbuatan zalim dan mengajarkan umat muslim untuk menjauhi perilaku tersebut.

Berikut lima hadis tentang perbuatan zalim yang bisa jadi panduan di kehidupan sehari-hari, Rabu (13/12/2023).

2 dari 6 halaman

Hadis tentang Perbuatan Zalim (1)

"Jauhilah perbuatan zalim karena setiap zalim akan mendapatkan kezaliman pada Hari Kiamat, dan jauhilah membantu (berbuat kezaliman kepada) orang yang zalim karena setiap pembantu adalah bersamaan dengan apa yang ia bantu." (HR. Ahmad)

3 dari 6 halaman

Hadis tentang Perbuatan Zalim (2)

"Hati-hatilah kalian terhadap zalim karena sesungguhnya kezaliman itu adalah kegelapan pada Hari Kiamat, dan pelanggaran adalah kegilaan. Janganlah kalian berbuat zalim dan janganlah kalian mengalami kezaliman." (HR. Muslim)

4 dari 6 halaman

Hadis tentang Perbuatan Zalim (3)

"Setiap kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Seorang imam (pemimpin) adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Seorang pria adalah pemimpin untuk keluarganya dan bertanggung jawab atas keluarganya. Seorang wanita adalah pemimpin di rumah suaminya dan bertanggung jawab atas rumah tangganya. Kalian semuanya adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas yang dipimpinnya." (HR. Bukhari, Muslim)

5 dari 6 halaman

Hadis tentang Perbuatan Zalim (4)

"Orang yang paling berbahaya di antara manusia adalah seorang pemimpin yang zalim." (HR. Bukhari, Muslim)

6 dari 6 halaman

Hadis tentang Perbuatan Zalim (5)

"Barang siapa yang membantu seseorang dalam kezaliman maka dia turut berbagi dosa dalam kezaliman tersebut." (HR. Ahmad)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer