Sukses


11 Cara Mengonsumsi Gorengan Tanpa Takut Kolesterol Naik, Mudah Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Makan gorengan merupakan kenikmatan tersendiri bagi banyak orang. Namun, kekhawatiran akan kesehatan jantung dan kolesterol sering membuat kita ragu untuk menikmatinya dengan bebas.

Kendati gorengan sering dikaitkan dengan peningkatan kolesterol, sebenarnya ada cara cerdas dan bijak untuk menikmati hidangan ini tanpa menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan terhadap kesehatan.

Selalu ingat untuk menciptakan keseimbangan dalam pola makan dan gaya hidup secara keseluruhan. Maka itu, penting untuk memahami bahwa menikmati gorengan tidak selalu harus dikaitkan dengan rasa bersalah.

Dengan memahami bahan makanan yang digunakan, teknik memasak yang tepat, dan memperhatikan sejumlah faktor lainnya, kita dapat menikmati gorengan tanpa harus terlalu khawatir

Ada berbagai cara praktis dan efektif yang bisa dilakukan untuk menikmati gorengan tanpa rasa takut terhadap peningkatan kolesterol.

Berikut ini cara mengonsumsi gorengan tanpa takut kolesterol naik yang penting untuk diketahui, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (14/12/2023)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengonsumsi Gorengan Tanpa Takut Kolesterol Naik

1. Pilih Minyak yang Tepat

Pertimbangkan untuk menggunakan minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun, minyak kanola, atau minyak kelapa yang tidak terhidrogenasi.

Minyak-minyak ini mengandung lemak sehat yang dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

2. Pengaturan Suhu yang Tepat

Pastikan minyak dalam keadaan panas sebelum memasukkan gorengan. Minyak yang cukup panas membantu mencegah penyerapan terlalu banyak minyak oleh makanan sehingga menghasilkan gorengan yang lebih renyah dan kurang berminyak.

3. Perhatikan Jenis Bahan Makanan

Pilih bahan makanan yang lebih rendah lemak, seperti sayuran, ikan, atau daging tanpa lemak. Hindari menggunakan daging berlemak atau bahan makanan yang sudah diolah dengan tambahan lemak.

4. Porsi yang Terkendali

Makanlah gorengan dengan porsi yang wajar. Mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, meski menggunakan minyak sehat, masih dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kalori dan lemak total dalam diet.

3 dari 4 halaman

Cara Mengonsumsi Gorengan Tanpa Takut Kolesterol Naik

5. Alternatif Penggorengan

Gunakan metode penggorengan yang lebih sehat, seperti air fryer, yang menggunakan udara panas untuk memberikan hasil yang renyah tanpa perlu terlalu banyak minyak.

Hal ini dapat menjadi solusi yang baik untuk mengurangi jumlah minyak dalam gorengan.

6. Tambahkan Bumbu dan Rempah

Berikan rasa pada gorengan dengan menambahkan bumbu dan rempah alami. Bumbu dan rempah seperti kunyit, jahe, bawang putih, dan lada hitam tidak hanya meningkatkan cita rasa, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan.

7. Kontrol Frekuensi Konsumsi

Kendati kita dapat menikmati gorengan dengan lebih bijak, tetaplah mengontrol frekuensi konsumsi. Menyelang-selingkan gorengan dengan makanan panggang, direbus, atau dikukus dapat membantu menciptakan keseimbangan dalam pola makan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengonsumsi Gorengan Tanpa Takut Kolesterol Naik

8. Perhatikan Proses Memasak

Bila ingin tetap kriuk, ada teknik baru yang namanya "air fryers". Pada teknik ini, sensasi kriuk tetap didapatkan tanpa proses merendam di dalam minyak. Bila tidak memiliki mesin jenis ini, sebaiknya hanya makan makanan yang ditumis.

9. Konsumsi Bersama Makanan Sehat Lainnya

Sertakan gorengan dalam hidangan yang lebih sehat, seperti salad sayuran atau buah-buahan. Kombinasi ini dapat memberikan keseimbangan nutrisi yang lebih baik.

10. Lakukan Aktivitas Fisik Rutin

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mengatasi dampak konsumsi gorengan terhadap kolesterol. Olahraga membantu meningkatkan metabolisme dan membakar kalori sehingga dapat membantu mengelola kadar kolesterol.

11. Konsultasi dengan Ahli Gizi

Jika kamu memiliki kekhawatiran khusus tentang kolesterol atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan ahli gizi atau profesional kesehatan untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan individu.

 

Baca artikel seputar kolesterol lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer