Sukses


5 Hadis tentang Janji yang Perlu Dihayati

Bola.com, Jakarta - Janji adalah satu di antara aspek yang melekat dalam kehidupan seorang muslim, yang mencerminkan nilai-nilai etika, kejujuran, dan keamanahan.

Islam menekankan pentingnya menepati janji, bahkan jika janji tersebut dibuat dengan orang kafir, tetapi selama tidak melibatkan perbuatan dosa atau melanggar prinsip-prinsip Islam.

Bisa dibilang, menepati janji dianggap sebagai bentuk ibadah dan ketakwaan kepada Allah Swt.

"Janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan (cara) yang terbaik (dengan mengembangkannya) sampai dia dewasa dan penuhilah janji (karena) sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungjawabannya." (QS. Al Isra: 34)

Di samping itu, banyak hadis Nabi Muhammad saw. yang membahas tentang janji dalam Islam.

Berikut lima hadis tentang janji yang perlu dihayati umat muslim, Kamis (21/12/2023).

2 dari 3 halaman

Hadis tentang Janji

Hadis tentang Janji (1)

"Empat sifat, barang siapa yang memiliki sifat-sifat ini, dia adalah seorang munafik murni, dan barang siapa yang memiliki salah satu di antaranya, dia memiliki sifat munafik sampai dia meninggalkannya. Jika dia diberi amanah, dia berkhianat; jika dia berbicara, dia berdusta; jika dia berjanji, dia mengingkari janjinya; dan jika dia berselisih, dia berlaku zalim." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Janji (2)

"Seorang muslim harus mempertahankan janjinya, kecuali jika dia telah memberitahukan bahwa dia mengingkari janji itu atau jika ada syarat-syarat tertentu yang diatur untuknya." (HR. Bukhari)

3 dari 3 halaman

Hadis tentang Janji

Hadis tentang Janji (3)

"Tiga hal jika dimiliki oleh seseorang maka dia akan merasakan manisnya iman: jika dia memelihara janjinya, jika dia adil ketika memerintah, dan jika dia memberikan hak kepada yang berhak." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Janji (4)

"Barang siapa yang memiliki tiga sifat maka dia adalah munafik murni: jika berbicara, dia berdusta; jika berjanji, dia melanggar janji; dan jika dipercayai, dia berkhianat." (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Janji (5)

"Janji dibuat untuk ditepati, dan sumpah diucapkan untuk ditepati." (HR. Abu Dawud)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer