Sukses


9 Hadis tentang Persahabatan yang Bisa Direnungkan

Bola.com, Jakarta - Persahabatan atau ukhuwah memiliki kedudukan yang penting dan dianggap sebagai bagian integral dari kehidupan seorang muslim.

Dengan menjalin persahabatan diharapkan umat muslim bisa saling membantu dan menasihati dalam kebaikan yang didasarkan pada kejujuran.

Persahabatan dalam Islam juga menekankan pentingnya menghindari perselisihan dan permusuhan yang tidak beralasan.

Pada hakikatnya, persahabatan dalam Islam bukan hanya sebatas hubungan sosial, tetapi juga merupakan sarana untuk memperoleh keberkahan di dunia dan akhirat.

Hubungan berupa persahabatan adalah hal yang sangat dianjurkan oleh Allah Swt. dalam firman-Nya yang berbunyi.

"Sebenarnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang bersaudara maka damaikanlah di antara kedua saudara kamu (yang bertelingkah) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu memperoleh rahmat." (QS. Al Hujurat: 10)

Di sisi lain, banyak hadis yang menjelaskan mengenai persahabatan dalam Islam.

Berikut sembilan hadis tentang persahabatan yang bisa direnungkan umat muslim, Kamis (4/1/2024).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Persahabatan

Hadis tentang Persahabatan (1)

"Sesungguhnya saudara yang sejati adalah ketika saudaramu menghadapi kesulitan dan kesusahan, kamu merasakannya seperti kamu sendiri. Dan apabila saudaramu meraih kebahagiaan dan keberuntungan, kamu ikut merasakannya juga seolah-olah kamu sendiri." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Persahabatan (2)

"Seorang hamba tidak akan mencapai tingkat sempurna keimanan sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Persahabatan (3)

"Seseorang itu adalah agama temannya. Oleh karena itu, hendaklah setiap di antara kalian memperhatikan siapa yang menjadi temannya." (HR. Abu Daud, At Tirmidzi)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Persahabatan

Hadis tentang Persahabatan (4)

"Seorang mukmin adalah saudara bagi mukmin yang lain. Dia tidak boleh menzalimi saudaranya, tidak boleh mengecewakan saudaranya, dan tidak boleh mengejek saudaranya." (HR. Muslim)

Hadis tentang Persahabatan (5)

“Setiap orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai.” (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Persahabatan (6)

"Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Aamiin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi." (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Persahabatan

Hadis tentang Persahabatan (7)

"Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang peniup alat untuk menyalakan api (pandai besi). Adapun penjual minyak wangi, mungkin dia akan memberikan hadiah kepadamu, atau engkau membeli darinya, atau engkau  mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, mungkin dia akan membakar pakaianmu, atau engkau mendapatkan bau yang buruk." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Persahabatan (8)

"Carilah tahu tentang manusia berdasar keadaan sahabat mereka." (HR Ibnu Majah)

Hadis tentang Persahabatan (9)

"Sebaik-baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik baik jiran di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap jirannya." (HR. Al Hakim)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer