Sukses


9 Dalil tentang Pemimpin yang Perlu Dicermati

Bola.com, Jakarta - Pemimpin adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan, mengatur, dan memimpin suatu kelompok atau organisasi.

Pemimpin ada dalam berbagai konteks, seperti politik, bisnis, organisasi sosial, atau dalam lingkungan keluarga.

Dalam ajaran Islam, pemimpin dianggap sebagai amanah dan kepercayaan yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

Pemimpin yang baik adalah yang mampu memenuhi tugas-tugas kepemimpinan dengan keadilan, kebijaksanaan, dan bertanggung jawab kepada rakyatnya serta Allah Swt.

Prinsip-prinsip kepemimpinan dalam Islam mencakup sifat-sifat, tanggung jawab, dan tindakan yang diharapkan dari seorang pemimpin muslim.

Di sisi lain, banyak dalil yang menjelaskan tentang kepemimpinan. Berikut sembilan dalil tentang pemimpin yang perlu dicermati umat muslim, Kamis (11/1/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Pemimpin

Dalil tentang Pemimpin (1)

"Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat baik, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran." (QS. An Nahl: 90)

Dalil tentang Pemimpin (2)

"Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanah kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, tetapi semuanya enggan dan takut. Namun, manusia mengambilnya; sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh." (QS. Al Ahzab: 72)

Dalil tentang Pemimpin (3)

"Hai orang-orang yang beriman, jadilah kalian sebagai pemberi keputusan (hakim) yang adil, menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapak dan kaum kerabatmu." (QS. An-Nisa: 135)

3 dari 4 halaman

Dalil tentang Pemimpin

Dalil tentang Pemimpin (4)

"Dan mereka (orang-orang yang menjalankan amar makruf dan nahi mungkar) selalu beramar kepada sesuatu yang ma'ruf (kebaikan) dan mencegah dari yang munkar (kejelekan), dan mereka selalu bersaing dalam kebaikan. Dan mereka itulah orang-orang yang termasuk golongan yang beruntung." (QS. Ali Imran: 104)

Dalil tentang Pemimpin (5)

"Seorang pemimpin adalah pengurus dan dia akan ditanya tentang pengurusan rakyatnya." (HR. Bukhari)

Dalil tentang Pemimpin (6)

"Wahai para pemimpin, sesungguhnya kalian adalah pengembala dan akan ditanya tentang gembalaan kalian." (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Dalil tentang Pemimpin

Dalil tentang Pemimpin (7)

"Seorang pemimpin adalah pelayan bagi rakyatnya." (HR. Bukhari)

Dalil tentang Pemimpin (8)

"Berlaku adil di antara anak-anakmu dalam pemberian nafkah. Berilah pemberian yang paling banyak kepada anak yang paling lemah (tak mampu)." (HR. Ibnu Majah)

Dalil tentang Pemimpin (9)

"Seorang pemimpin adalah penjaga dan dia akan ditanya tentang apa yang dipeliharanya." (HR. Abu Dawud)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer