Sukses


8 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bisa Dicoba

Bola.com, Jakarta - Hidung tersumbat adalah masalah yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kita merasa tidak nyaman.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan tanpa harus menggunakan obat-obatan. Dengan melakukan beberapa langkah sederhana, kamu pun bisa meredakan hidung tersumbat dengan mudah.

Satu di antaranya, coba untuk memanjatkan kepala saat tidur dengan menambahkan bantal di bagian kepala. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada hidung dan membuat pernapasan menjadi lebih lancar.

Selain itu, menggunakan uap dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Caranya cukup mudah, tinggal menghangatkan air dan menghirup uapnya selama beberapa menit.

Lantas, cara apa saja yang bisa dicoba di rumah untuk mengatasi ketika hidung sedang tersumbat?

Berikut delapan cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dicoba, Selasa (16/1/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

1. Minum Air Putih

Air putih dapat membantu melarutkan lendir yang mengakibatkan hidung tersumbat. Minumlah setidaknya delapan gelas air sehari untuk membantu menjaga hidung tetap terhidrasi.

2. Gunakan Humidifier

Humidifier dapat membantu menambah kelembapan udara di sekitarmu sehingga membantu melembutkan lendir di hidung dan meredakan hidung tersumbat.

3. Mencuci Hidung dengan Larutan Garam

Mencuci hidung dengan larutan garam dapat membantu membersihkan lendir dan kotoran yang menyumbat hidung. Gunakan larutan garam yang telah disiapkan khusus atau air garam biasa.

4. Minum Teh Jahe

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Minum teh jahe hangat secara teratur dapat membantu melebarkan saluran hidung.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

5. Menghirup Uap

Menghirup uap dari air panas dapat membantu melonggarkan lendir di hidung dan meredakan hidung tersumbat.

6. Konsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas dapat membantu membuka saluran hidung dan mengurangi hidung tersumbat.

7. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh dalam proses penyembuhan dan juga mengurangi gejala hidung tersumbat.

8. Gunakan Obat Penyegar Hidung

Jika gejala hidung tersumbat terus berlanjut, gunakan obat penyegar hidung sesuai petunjuk dokter untuk membantu melebarkan saluran hidung dan meredakan gejala.

Mengatasi hidung tersumbat dapat dilakukan dengan berbagai cara alami maupun obat-obatan, tetapi jika gejala terus berlanjut sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer