Sukses


9 Hadis tentang Guru yang Bisa Dicermati

Bola.com, Jakarta - Peran guru dalam agama Islam memiliki kedudukan yang sangat penting untuk mendidik dan membimbing umat muslim khususnya kepada generasi muda.

Guru bertugas menyampaikan ajaran agama dengan benar sesuai tuntunan dalam Islam, atau yang bersumber dari Al-Qur'an dan hadis.

Bisa dibilang, guru memiliki peran penting untuk membentuk akhlak dan moralitas dalam pengembangan pribadi umat muslim.

"Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat." (QS. Al Mujadalah: 11)

Guru dalam Islam disebut ustaz, murrabi, mursyid, mu’addib, mudarris dan mu’alim. Walau berbeda, pada intinya memiliki tujuan sama berbagi ilmu.

Ada banyak hadis yang menyoroti tentang guru yang bisa dicermati umat muslim. Berikut sembilan hadis tentang guru, Kamis (18/1/2024).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Guru

Hadis tentang Guru yang Bisa Dicermati (1)

"Apabila anak Adam telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya, melainkan tiga macam: sedekah jariyah, ilmu yang dapat diambil manfaatnya, dan anak saleh yang senantiasa mendoakan untuknya." (HR. Muslim)

Hadis tentang Guru yang Bisa Dicermati (2)

"Saat kami sedang duduk-duduk di masjid maka keluarlah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian duduk di hadapan kami. Maka, seakan-akan di atas kepala kami terdapat burung. Tak satu pun dari kami yang berbicara." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Guru yang Bisa Dicermati (3)

"Allah tidak mengutusku sebagai orang yang kaku dan keras, akan tetapi mengutusku sebagai seorang pendidik dan mempermudah." (HR. Muslim)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Guru

Hadis tentang Guru yang Bisa Dicermati (4)

"Mereka semua berada dalam kebaikan. Kelompok pertama membaca Al-Qur'an dan berdoa kepada Allah, jika Allah berkehendak Dia akan memberi (apa yang mininta) mereka. Sementara kelompok yang kedua belajar mengajar, dan sesungguhnya aku diutus sebagai seorang guru. Kemudian Rasulullah saw. duduk dan bergabung bersama kelompok yang kedua." (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Guru yang Bisa Dicermati (5)

"Jadilah pendidik yang penyantun, ahli fikih, dan ulama. Disebut guru apabila seseorang mendidik manusia dengan memberikan ilmu sedikit-sedikit yang lama-lama menjadi banyak." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Guru yang Bisa Dicermati (6)

"Belajarlah kalian ilmu untuk ketenteraman dan ketenangan, serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya." (HR. Ath Thabrani)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Guru

Hadis tentang Guru yang Bisa Dicermati (7)

"Bukanlah termasuk golongan kami orang yang tidak menyayangi yang lebih kecil, tidak memuliakan yang lebih besar, tidak menyuruh berbuat makruf, dan tidak mencegah perbuatan munkar." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Guru yang Bisa Dicermati (8)

"Barang siapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." (HR. Muslim)

Hadis tentang Guru yang Bisa Dicermati (9)

"Ibnu Mas’ud berkata: Nabi Muhammad saw. selalu menyelingi hari-hari belajar untuk kami untuk menghindari kebosanan kami." (HR. Bukhari)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer