Sukses


Mengetahui Kisah Peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad saw.

Bola.com, Jakarta - Rajab merupakan satu di antara bulan yang dimuliakan. Di dalam bulan ini ada peristiwa penting yang tercatat dalam sejarah perjalanan Rasulullah saw., yaitu Isra Miraj.

Isra Miraj merupakan sebuah peristiwa luar biasa dalam sejarah Islam. Isra Miraj tersebut terjadi pada suatu malam tanggal 27 Rajab.

Perlu diketahui, Isra dan Miraj merupakan dua peristiwa berbeda. Namun, karena dua peristiwa ini terjadi pada waktu yang bersamaan, disebutlah Isra Miraj.

Perjalanan ini menjadi peristiwa penting bagi Nabi Muhammad. Pada peristiwa ini Nabi Muhammad saw. mendapatkan perintah untuk menjalankan salat lima waktu dari Allah Swt.

Isra Miraj juga menyiratkan pesan tentang pentingnya ketaatan dan kedisiplinan dalam menjalani ibadah. Melalui kisah ini, umat Islam diajak untuk memahami bahwa ketaatan kepada perintah Allah adalah kunci untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

Hal ini berarti, Isra Miraj bukan sekadar cerita biasa, melainkan peristiwa yang memegang peran penting dalam meneguhkan keimanan umat Islam dan mengungkapkan kebesaran Allah Swt.

Kisah Isra Miraj penting diketahui umat Islam karena terjadi banyak hal pada peristiwa ini. Peristiwa Isra Miraj dikenal sebagai perjalanan agung Nabi Muhammad menuju langit ketujuh untuk menerima perintah salat dari Allah Swt.

Berikut ini rangkuman tentang sejarah peristiwa Isra Miraj yang perlu diketahui umat Islam, dilansir dari laman biroekbang.bantenprov.go.id, Selasa (6/2/2024).

2 dari 5 halaman

Peristiwa Isra

Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad saw. yaitu dilakukannya perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem hingga naik ke langit ke tujuh atau Sidratul Muntaha.

Peristiwa Isra Miraj terjadi setelah meninggalnya paman Nabi Muhammad, Abi Thalib, dan Istrinya, Siti Khadijah. Dalam bahasa arab, "Isra" berarti perjalanan di malam hari, sedangkan "Miraj" artinya kenaikan.

Dalam perjalanannya, Nabi Muhammad mengendarai kendaraan superkilat hewan Buraq yang digambarkan sebagai kuda putih dengan sayap dan ekor seperti burung merak.

Jarak Makkah dan Yerussalem pada saat itu umumnya ditempuh menggunakan kuda atau unta selama satu bulan, tetapi Nabi Muhammad saw. melakukannya dalam semalam. Di Masjid Al Aqsa diceritakan, Nabi Muhammad memimpin nabi-nabi salat dua rakaat.

3 dari 5 halaman

Peristiwa Miraj

Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad saw. dari Masjid Al Aqsa menujut ke langit ketujuh atau Sidratul Muthana. Di tiap tingkatan langit tersebut, Nabi Muhammad saw. bertemu dengan nabi-nabi terdahulu.

Nabi-nabi tersebut di antaranya Nabi Adam di langit pertama. Nabi Isa dan Yahya di langit kedua. Nabi Yusuf di langit ketiga. Nabi Idris di langit keempat. Nabi Harun di langit kelima. Nabi Musa di langit keenam, dan Nabi Ibrahim di langit ketujuh.

Sejak kedua peristiwa tersebut, umat Islam diwajibkan menjalankan salat lima waktu dalam sehari. Pada mulanya, Allah Swt. memerintahkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah salat sebanyak 50 kali dalam sehari.

Kendati demikian, Nabi Muhammad saw. pernah diingatkan oleh Nabi Musa a.s. bahwa jumlah tersebut terlalu besar. Nabi Muhammad saw. kemudian meminta keringanan kepada Allah Swt.

Setelah tiga kali menghadap Allah Swt., Nabi Muhammad akhirnya diberi keringanan oleh Allah Swt. untuk melaksanakan salat lima waktu. Tuntas sudah perjalanan Rasulullah melakukan Isra Miraj.

Hingga kini, Isra Miraj diperingati sebagai hari besar oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Mereka melakukan beragam cara untuk memperingati hari besar ini, seperti dengan beribadah, melaksanakan syukuran, hingga mengadakan pengajian.

Jadi, sesampainya di Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad saw. mendapatkan perintah salat lima waktu. Peristiwa Isra Miraj menjadi penting dalam perjalanan kesilaman. Sejak peristiwa Isra Miraj ini, umat islam diwajibkan salat lima waktu dalam sehari.

4 dari 5 halaman

Hikmah Peritiswa Isra Miraj  

Bukti Allah Menyayangi Hamba-Nya

Terjadinya Isra dan Miraj berlangsung pada tahun kesedihan bagi Rasulullah saw. yaitu ketika beliau baru saja ditinggal oleh orang terdekatnya.

Saat itu juga, Allah Swt. mengutus malaikat Jibril untuk membawa Nabi Muhammad saw. melakukan perjalanan mulianya sebagai bentuk penghiburan dari Allah swt.

Keimanan Meningkat setelah Cobaan

Cobaan yang diberikan kepada Nabi Muhammad saw. sebelum Isra dan Miraj merupakan ujian untuk meningkatkan keimanan, yaitu dengan kepergian orang terdekatnya.

Allah Swt. pun menjanjikan umat-Nya yang dapat melewati cobaan dengan baik serta berpegang teguh pada syariat Islam maka dirinya akan memperoleh nikmat besar dari Allah swt.

Memperbaiki Kualitas Salat

Dalam perjalanan Isra Miraj, Nabi Muhammad saw. juga menerima perintah salat dari Allah yaitu 50 kali dalam sehari, tetapi jumlahnya terus menurun ketika Nabi Muhammad saw. bertemu dengan nabi-nabi lain.

Mereka meminta Nabi Muhammad memohon pengurangan jumlah waktu salat kepada Allah Swt. sehingga pada akhirnya hanya lima waktu salat wajib saja untuk umat Islam.

5 dari 5 halaman

Hikmah Peritiswa Isra Miraj  

Terjadi di Malam Hari

Peristiwa perjalanan Isra Miraj terjadi di malam hari seperti dalam Al-Qur'an surah Al Isra ayat 1. Alasan yang membuat Allah swt. memilih perjalanan malam itu karena semua orang sedang terlelap.

Perjalanan malam merupakan waktu sangat sepi dan di sinilah perlu dimaknai bahwa Allah Swt. sangat ingin melihat hamba-Nya yang benar-benar beriman.

Malam hari juga disebut sebagai waktu paling mustajab untuk berdoa serta mendekatkan diri kepada Allah dibandingkan dengan waktu lainnya.

Mempercayai Kekuasaan Allah Swt.

Isra dan Miraj mengajarkan bahwa Allah Maha Kuasa karena perjalanan Nabi Muhammad saw. tersebut seolah tak masuk akal apabila dilakukan hanya satu malam pada zaman itu.

Untuk memercayai kuasa-Nya memang memerlukan keimanan. Selain itu, kejadian dahsyat tersebut mempunyai makna dan hikmah Isra Miraj, bahwa mujizat itu nyata dan hanya milik Allah semata.

 

Sumber: biroekbang.bantenprov.go.id

Baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer